Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rekomendasi Jualan Paling Laris di Bulan Ramadan, Biar Cuan Terus!

Wajib coba!

Nabila Damaan

Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat dinanti-nantikan, khususnya oleh umat muslim di dunia. Suasana seketika akan berubah ketika bulan penuh keberkahan tersebut tiba, terutama di Indonesia yang mayoritas penduduknya melaksanakan ibadah puasa.

Kalau kamu sering perhatikan, kala bulan puasa tiba banyak banget nih pedagang musiman yang menjajakan dagangan khas Ramadan. Hal tersebut bisa kamu tiru untuk menambah pundi-pundi keuangan, nih Bela. Nah, pada kesempatan kali ini Popbela mau kasih ide rekomendasi jualan paling laris di Bulan Ramadan yang bisa kamu ikuti. Apa saja? Check this out!

1. Takjil khas Ramadan

bisnisukm.com

Takjil atau sajian buka puasa tentunya menjadi salah satu yang paling dicari oleh masyarakat. Apalagi untuk mereka yang nggak sempat membuat hidangan buka puasa di rumah. Di sepanjang jalan pasti akan selalu ada saja yang menjual takjil.

Di Indonesia sendiri sajian takjil di berbagai daerah berbeda-beda. Mulai dari goreng-gorengan, lontong, perkerupukan, hingga berbagai variasi kolak.

Kamu bisa sesuaikan dengan makanan khas yang ada di daerahmu. Atau kamu bisa menjual sajian lain yang cocok untuk berbuka dan tentu menarik, dimsum, keju aroma, mile crepes, pisang coklat, misalnya. Kira-kira kamu mau jualan apa, nih?

2. Aneka minuman dingin dan segar

instagram.com/asinanroyal

Selain takjil menu yang selalu dicari jelang berbuka adalah minuman dingin dan segar. Biasanya kamu akan menyaksikan banyak penjaja es kelapa ataupun es buah yang diserbu pembeli di sore hari.

Nah, untuk inovasi kali ini kamu mungkin bisa berjualan puding kelapa yang selain segar juga memiliki rasa nikmat, Bela. Kamu juga bisa tambahkan topping tambahan agar puding kelapamu semakin bervariasi, seperti potongan buah atau perisa rasa buah. Kamu bisa menjualnya dengan harga mulai dari Rp15 ribu hingga Rp25 ribu. Coba, deh!

3. Baju lebaran

zamzam.com

Berbelanja baju lebaran bisa jadi sebagai salah satu rutinitas yang kerap kita temukan di bulan Ramadan. Biasanya pusat perbelanjaan akan penuh sesak seminggu jelang lebaran karena sebagian orang sudah mendapatkan THR. 

Namun, ada pula yang sudah bertekad untuk membeli baju lebaran jauh sebelum hari raya tiba, yang tentunya untuk menghindari pembeli yang membludak jelang lebaran. Nah, inilah saatnya kamu beraksi. Kamu bisa saja berkunjung pintu ke pintu untuk menawarkan dagangan, atau berjualan lewat media sosial.

Baju yang biasanya dicari pembeli kala itu ialah gamis, tunik, kemeja, mukena, kerudung, baju koko, hingga baju untuk anak-anak.

4. Aneka kue kering lebaran

instagram.com/bundainashop

Momen hari Raya biasanya digunakan masyarakat untuk saling berkunjung ke rumah sanak saudara ataupun kerabat. Pemandangan yang biasa sering kita lihat di meja-meja tuan rumah adalah kue-kue kering.

Biasanya kue kering itu menjadi salah satu hidangan yang diberikan untuk para tamu yang berkunjung. Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berjualan kue-kue kering. Selain membuatnya secara langsung, kamu juga bisa kok hanya menjadi reseller kue kering.

Adapun kue yang sering ditemukan saat lebaran ialah nastar, kastengel, putri salju, lidah kucing, sagu keju, kue kacang, dan kue semprit jadul. Tentu saja kamu bisa berkreasi dengan sajian lainnya, seperti brownies kering, kue pie, chookies mini, kue soes, churros mini, dan lain sebagainya.

5. Kurma dan sajian khas lebaran

instagram.com/kurmasaudia.id

Kurma menjadi salah satu buah yang khas ada di bulan Ramadan, karena menjadi salah satu anjuran dari Rasulullah SAW. Itulah mengapa banyak orang yang mencari kurma di bulan puasa, dan tentu bisa menjadi peluang usaha untukmu, Bela.

Selain kurma, ada beberapa makanan yang biasanya banyak dicari jelang hari Raya tiba. Sajian tersebut adalah ketupat, kolang kaling, rengginang (kerupuk dari nasi yang dikeringkan), astor hingga biskuit kaleng.  

6. Amplop lebaran

instagram.com/katalog_unyucraft

Saat hari Raya tiba, selain menjadi momen kumpul keluarga, membagikan angpao kepada saudara dan para tetangga juga salah satu momen yang paling ditunggu. Biasanya orang cenderung akan menggunakan amplop untuk memberikan uang kepada anak-anak.

Ini adalah kesempatan untuk kamu yang mempunya skill desain, nih Bela. Kamu bisa membuat berbagai desain amplop lebaran yang nantikan bisa kamu cetak dan diperjualkan. Tertarik? 

7. Hampers lebaran

instagram.com/little.daisey

Membagikan hantaran ke rumah sanak saudara dan kerabat sudah menjadi sebuah tradisi. Dahulu orang mengenalnya dengan parsel, namun istilah hampers kini kian populer. Isi dari hampers kini pun mulai beragam. Jika sebelumnya, hanya terbatas pada sembako atau buah-buahan, hampers bisa berisi berbagai makanan atau barang yang berguna untuk si penerima.

Kamu juga bisa turut meramaikan pasar dengan menjual jasa hias hampers, lho. Dibutuhkan kreatifitas untuk membuat hampers yang menarik. 

8. Dekorasi Ramadan

vi.aliexpress.com

Ramadan adalah momen yang paling dinantikan, kita bisa membuat bulan Ramadhan lebih terasa meriah dengan cara membuat dekorasi Ramadhan simple pada hunian. Apalagi rumah kita nantinya akan digunakan untuk kegiatan buka bersama.

Untuk mereka yang ingin mendekorasi rumah tentu memerlukan berbagai ornamen khas Ramadan seperti gambar bulan bintang maupun ornamen islami lainnya. Kamu bisa menjual berbagai dekorasi mulai dari stiker dinding, balon dekorasi, lampion, hiasan gantung, lilin, alas meja dan juga miniatur dengan motif islami lainnya, Bela.

9. Pet Sitter

petsguide.livejournal.com

Mudik menjadi salah satu tradisi yang ada saat bulan Ramadan tiba. Sayangnya, mengajak hewan peliharaan ke kampung halaman bukanlah hal yang mudah. Perjalanan jauh, serta kondisi yang berbeda dari biasanya akan membuat hewan peliharaan mudah stress dan kemungkinan akan berujung pada sakit. Tentu kita nggak mau hal tersebut terjadi. 

Nah, untuk kamu yang nggak mudik dan kamu adalah orang yang suka hewan peliharaan mungkin kamu bisa menjajakan jasa sebagai pet sitter, Bela. Opsi yang kamu tawarkan bisa mulai memberi makan, memandikan, membersihkan kotoran, hingga mengajak main hewan peliharaan.

Itulah ke-9 rekomendasi ide jualan yang laris di Bulan Ramadan. Semoga ide di atas bisa membatu kamu menambah pundi-pundi cuan, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life