Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Pekerjaan Paruh Waktu Online, Manfaatkan Fleksibilitas

Siapkan portofolio, yuk!

Nabila Damaan

Pekerjaan paruh waktu biasanya seringkali bermanfaat bagi mereka yang sudah memiliki pekerjaan lain. Bekerja paruh waktu secara online tentu saja memberikan lebih banyak fleksibilitas dibandingkan bekerja penuh waktu. Dengan memanfaatkan waktu, baik sebelum melakukan pekerjaan tetap atau setelahnya kamu bisa menambah lebih banyak pendapatan, lho.

Di era digital saat ini, peluang untuk bekerja paruh waktu secara online semakin melimpah. Tipe-tipe pekerjaan yang tersedia pun sangat bervariasi, bisa disesuaikan dengan bakat dan keahlian masing-masing individu. Apa saja tipe pekerjaan paruh waktu online yang bisa kamu lakukan?

1. Content Writer

canva.com/@paul-tamass-images

Bagi mereka yang memiliki kemampuan menulis yang baik, pekerjaan menulis konten online adalah pilihan yang menarik. Kamu bisa menjadi penulis lepas untuk blog, situs web berita, perusahaan, atau bahkan memulai blog pribadi sendiri.

2. Desain Grafis

pexel.com/@antonishkraba

Nah, untuk kamu yang jago membuat desain kamu dapat menemukan banyak peluang pekerjaan paruh waktu online. Mulai dari membuat logo, desain untuk media sosial, hingga desain situs web, banyak bisnis yang membutuhkan bantuan desainer grafis lepas, lho.

3. Host Live Streamer

canva.com/@anuchit-kamsongmueang

Di tengah gempuran live streaming tentu banyak perusahan baik kecil maupun skala besar yang membutuhkan tenaga tambahan untuk mempromosikan dagangannya. Nggak jarang mereka mencari orang-orang yang cakap dalam komunikasi untuk melakukan live streaming di akun media sosial mereka atau di akun e-commerce masing-masing. So, ini adalah kesempatan untuk kamu untuk mengajukan diri, nih Bela.

4. Tutoring atau Pelatihan Online

canva.com/@instaphotos

Jika kamu punya keahlian tertentu, seperti bahasa asing, excel, media sosial dan sebagainya kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka kelas online. Kamu bisa melakukannya dalam bentuk video pembelajaran atau melakukan kelas webinar.

5. Ahli Transkripsi

canva.com/@tolgart

Posisi transkripsionis adalah pilihan menarik untuk bekerja paruh waktu dari rumah. Seorang ahli transkripsi jarak jauh menggunakan komputernya sendiri untuk menyalin file audio. Banyak bisnis memerlukan layanan transkripsi, termasuk kantor medis dan hukum.

6. Pekerjaan Administratif Virtual

Canva.com/@wattanaracha

Asisten virtual adalah asisten pribadi atau bisnis yang menyelesaikan tugas rutin kantor dari rumah. Pekerjaan yang biasanya dilakukan adalah  mengatur janji temu, menjawab panggilan, dan memasukkan data untuk individu atau bisnis. Posisi ini ideal bagi mereka yang memiliki keterampilan organisasi dan multitasking yang baik.

7. Agen Perjalanan Jarak Jauh

canva.com/@photobyphotoboy

Jika kamu senang bepergian, kamu dapat mempertimbangkan untuk bekerja sebagai agen perjalanan virtual. Posisi ini melibatkan penelitian dan pemesanan setiap elemen rencana perjalanan seseorang atau kelompok.Selain itu kamu juga perlu membandingkan dan memesan penerbangan, hotel, dan tamasya untuk pelanggan adalah tugas khas agen perjalanan.

8. Social Media Specialist

pixel.com/@irynakhabliuk

Manajer media sosial menangani berbagai aspek dari beberapa platform digital atas nama orang atau organisasi lain. Kamu dapat membuat dan menjadwalkan postingan media sosial, bereaksi terhadap pesan pribadi, menjalankan iklan, menangani promosi, dan menghasilkan foto dan video.

Bagaimana Memulai?

Stockrocket.com

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memulai pekerjaan paruh waktu secara online.

  1. Tentukan minat dan keahlianmu.
  2. Lakukan riset pasar untuk melihat permintaan pekerjaan dan tarif yang layak.
  3. Buat portofolio yang menarik untuk menampilkan karya atau pengalaman.
  4. Bergabunglah dengan platform freelancer seperti Upwork, Freelancer, atau Fiverr untuk mencari peluang pekerjaan.
  5. Jaga kualitas kerja  dan berkomunikasi dengan baik dengan klien untuk membangun reputasi yang baik.

Itulah ke-8 pekerjaan paruh waktu secara online yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life