Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Jasa Pet Sitter, Banyak Dicari Jelang Mudik Lebaran!

Opsi lain selain menitipkan di petshop

Nabila Damaan

Nggak terasa Hari Raya idulfitri tahun ini akan segera tiba. Mudik menjadi salah satu momen yang paling didambakan, apalagi semenjak beberapa tahun ke belakang diberlakukannya pembatasan. Pemerintah juga sudah menetapkan cuti bersama cukup lama, nih.

Perjalanan jauh, serta kondisi yang berbeda dari biasanya akan membuat hewan peliharaan mudah stres dan kemungkinan akan berujung pada sakit. Tentu paw parents nggak mau hal tersebut terjadi. 

Ada beberapa kemudahan yang mungkin bisa mengurangi rasa khawatir terhadap hewan peliharaan. Selain menitipkan nya di tempat penitipan kamu juga bisa menggunakan jasa pet sitter, lho.

Apa itu pet sitter dan apa saja keuntungan menyewa jasa pet sitter? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

1. Mengenal jasa pet sitter

cbc.ca

Pet sitter atau pengasuh hewan peliharaan adalah jasa yang menawarkan mengasuh dan merawat hewan peliharaan. Seperti yang dilakukan oleh pengasuh anak, pengasuh hewan peliharaan juga bertugas untuk mengurus segala kebutuhan yang diperlukan hewan peliharaan, Bela. 

Pet sitter dapat didefinisikan sebagai tindakan merawat hewan peliharaan di rumahnya sendiri saat pemiliknya pergi. Yap, konsep pet sitter sendiri adalah mendatangkan pengasuh langsung ke rumah si empunya hewan peliharaan. 

Jasa ini mungkin lebih disukai untuk beberapa pemilik karena hewan peliharaan akan merasa lingkungannya lebih akrab, ramah dan nyaman. Inilah yang menjadi pembeda dengan jasa penitipan hewan peliharaan yang mengharuskan hewan peliharaan menginap di tempat lain.

2. Apa saja tugas yang dilakukan pet sitter?

hepper.com

Jika kamu memiliki anjing, mengajaknya berjalan-jalan adalah sebuah keharusan. Namun, kalau kamu mudik siapa yang akan mengajak jalan-jalan anjingmu? Nah, rutinitas seperti mengajak jalan-jalan hewan peliharaan adalah salah satu tugas dari pet sitter, nih Bela.

Biasanya pengasuh akan mendapatkan daftar kegiatan yang harus dilakukan kala mengasuh hewan peliharaan dari sang pemilik. Namun, di antaranya juga ada yang sudah menetapkan apa yang akan mereka kerjakan. Biasanya seperti.

  1. Memberi makan dan minum hewan peliharaan.
  2. Bermain dengan mereka dan menemani mereka.
  3. Mengajak anjing jalan-jalan.
  4. Merawat dan menyikat bulu hewan.
  5. Memandikan hewan, jika diperlukan.
  6. Membersihkan kotak pasir dan membersihkan kotoran hewan peliharaan.
  7. Pemberian obat hewan peliharaan, jika diperlukan.
  8. Memberi kabar dengan mengirim foto ke pemilik hewan peliharaan secara berkala.

3. Menginap atau hanya sekadar berkunjung

theuniversityanimalclinic.com

Pengasuh hewan peliharaan merawat satu atau lebih hewan peliharaan saat pemiliknya pergi. Jenis perawatan ini dapat diberikan di rumah pemilik untuk jangka waktu tertentu, dari hanya beberapa jam hingga sepanjang akhir pekan atau beberapa minggu.

Jasa yang ditawarkan pengasuh hewan pun berbeda, ada yang menawarkan jasa menginap ataupun hanya berkunjung di waktu tertentu, misal pada pagi dan sore hari saja. Kamu bisa pilih jasa mereka sesuai dengan kebutuhan, ya. 

Biasanya mereka yang menginap akan mendapatkan tugas lainnya seperti menjaga rumah, menyirami tanaman dan memotong rumput, dan sebagainya. Tentunya mereka akan mendapatkan bayaran yang lebih atas jasanya tersebut.

4. Keuntungan menyewa jasa pet sitter

care.com

Ada beberapa keuntungan yang dapat kamu rasakan ketika menggunakan jasa pet sitter, di antaranya:

  • Mengurangi stres pada hewan dan pemilik

Dengan mengasuh hewan di dalam rumah sendiri tentu akan mengurangi tingkat stres pada hewan. Karena biasanya hewan cenderung akan stres jika ditempatkan ditempat yang asing baginya.

Hewan nggak perlu lagi beradaptasi terhadap lingkungan, sehingga lebih nyaman bagi pemilik untuk meninggalkan hewan kesayangannya. Hewan peliharaan lebih bahagia dan mengalami lebih sedikit stres karena lingkungan yang sudah mereka kenal.

  • Terhindar dari penyakit menular

Salah satu kekhawatiran menitipkan hewan peliharaan di pusat penitipan adalah risiko terjangkit penyakit dari hewan peliharaan lain. Apalagi pusat penitipan hewan tersebut tidak terlalu memperhatikan prosedur kesehatan.

Menyewa pengasuh hewan peliharaan memastikan bahwa perawatan dan pengobatan diberikan sesuai jadwal. Banyak pengasuh hewan peliharaan bekerja dengan dokter hewan dan membawa keahlian mereka ke pekerjaan memelihara hewan peliharaan. Juga, banyak kursus lengkap tentang pertolongan pertama hewan peliharaan untuk saat-saat ketika perawatan medis segera diperlukan.

  • Tidak terganggunya rutinitas harian si hewan

Pet sitter akan cenderung lebih fokus mengasuh hewan peliharaan sehingga rutinitas harian seperti diet harian dan berjalan-jalan tidak akan terganggu.

Pengasuh hewan peliharaan tidak hanya dapat memantau anjing atau kucing dan memberinya makan saja. Mereka juga diperuntukan merawat penyakit,  cedera dan membawanya untuk perawatan medis bila diperlukan.

  • Mencegah kecemasan perpisahan

Kecemasan akan perpisahan  dapat terjadi pada hewan yang tidak suka ditinggal sendirian. Stres karena sendirian dapat membuat seorang induk anjing panik, dan mereka mungkin melampiaskan rasa takutnya pada benda-benda di rumah atau hewan peliharaan lainnya.

Contoh lain, jika seekor anjing atau kucing ditinggalkan di dalam kandang, kecemasan akan perpisahan dapat menyebabkan mereka merusaknya, atau melukai dirinya sendiri saat mencoba keluar.

Pengasuh hewan peliharaan dapat menghilangkan stres itu dan meredakan kecemasan hewan peliharaan dengan selalu hadir dan penuh kasih sayang, serta mengalihkan perhatian mereka dengan permainan, olahraga, dan pelukan.

  • Pemilik lebih tenang karena bisa menanyakan kabar hewan secara rutiin

Pengasuh tentukan akan terus memberikan laporan kepada pemilik tentang keadaan si hewan peliharaan. Dengan menyewa jasa pet sitter pemilik juga bisa berkomunikasi dengan hewan melalui sambung Video Call yang dilakukan pet sitter. 

5. Kiat untuk menyewa pengasuh hewan peliharaan

purrfectpawznpalz.com

Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menawarkan jasa pet sitter, biasa mereka adalah mahasiswa yang sedang libur. Kamu bisa mencarinya di media sosial sesuai dengan domisili tempat kamu tinggal.

Sama seperti mencari pengasuh rumah kamu juga harus selektif untuk menentukan siapa pengasuh hewan-hewan kesayanganmu. Berikut adalah beberapa kiat yang bisa kamu ikuti.

  1. Minta rekomendasi pet sitter dari teman yang pernah memesan jasa.
  2. Melihat review yang diberikan kepada pet sitter.
  3. Tanyakan apakah ia terlatih melakukan pertolongan pertama pada hewan.

Itulah beberapa hal tentang pet sitter yang dapat Popbela rangkum. Yuk, ceritakan pengalamanmu menggunakan jasa pet sitter, dan tulis rekomendasi di kolom komentar untuk membantu para paw parents menemukan pet sitter yang sesuai.

IDN Media Channels

Latest from Working Life