Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Nilai Pesangon Tiga Eksekutif Twitter yang Dipecat Elon Musk

Jika ditotal, pesangon bernilai triliunan rupiah!

Nabila Damaan

Elon Musk telah menyelesaikan akuisisi Twitter senilai US$44 miliar. Tak berselang lama setelah mengambil alih perusahaan, Elon Musk dilaporkan memecat beberapa eksekutif puncak, termasuk kepala eksekutif, Parag Agrawal.

Ketiga petinggi itu adalah mantan CEO Parag Agrawal, mantan CFO Ned Segal dan mantan Chief Legal Officer Vijaya Gadde. Ketiga eksekutif Twitter yang dipecat Elon Musk, pada Kamis (27/10/22) ini akan keluar dan akan mendapatkan pesangon yang cukup besar, yakni sekitar USD$187 juta. Tentu jumlah yang tidak sedikit. 

Bos Tesla, harus membayar sejumlah uang dengan nilai total hampir US$200 juta karena tiga mantan eksekutif Twitter itu memiliki saham dengan jumlah yang tidak sedikit. Adapun pembagian pesangon pejabat tinggi tersebut adalah sebagai berikut.

CEO Parag Agrawal

.gqindia.com

Nama Parag Agrawal, CEO Twitter, mencuat menyusul akuisisi Twitter dan pemecatannya secara resmi oleh Elon Musk. Agrawal dipecat Musk dalam sebuah perombakan di puncak pimpinan Twitter.

Sebelum dipecat, Parag Agrawal memang dikenal sempat berselisih paham dengan Elon Musk terkait masalah misalnya mengenai jumlah akun bot sampai moderasi konten. 

Agrawal baru menduduki kursi CEO sejak November 2021 dan menggantikan posisi pendiri Twitter Jack Dorsey. Ia miliki saham di Twitter sebesar 155 ribu atau senilai US$8,4 juta. Lalu, Segal akan mendapat US$22 juta untuk 406 ribu saham. Setelah dipecat, Agrawal dikabarkan bisa dapat pesangon US$42 juta atau Rp651 miliar.

Menurut firma riset Equilar, Agrawal bisa mendapatkan uang tersebut jika diberhentikan dalam waktu 12 bulan setelah perubahan kendali di perusahaan, dikutip dari Reuters, Jumat (28/10/2022).

CFO Ned Segal

airbase.com/

Selain Agrawal, pria yang telah bergabung di Twitter sejak 2017, dan merupakan CFO Twitter yakni Ned Segal, juga dipecat dan akan membuat uang pesangon yang tidak sedikit.

Menurut Equilar, CFO Segal meninggalkan perusahaan dengan uang sebesar USD$44,5 juta. Lalu pada Kamis lalu, Ned Segal sempat memberikan ucapan selamat tinggal kepada rekan-rekannya di Twitter lewat akun pribadinya. Ia merasa bersyukur telah menjadi bagian dari perusahaan burung biru tersebut, dan memberikan harapan untuk Twitter.

Chief Legal Officer Vijaya Gadde

starsunfolded.com

Vijaya Gadde yang juga merupakan Kepala urusan hukum dan kebijakan Twitter menjadi salah satu pejabat yang dipecat oleh Elon Musk. Dia bertanggung jawab atas moderasi konten di Twitter dan membuat keputusan penting, misalnya menutup akun yang dianggap bermasalah. Perempuan yang satu inilah yang pernah memblokir eks Presiden AS Donald Trump dari Twitter. 

Vijaya Gadde yang bergabung di Twitter sejak 2011 ini harus mengakhiri perjalanan kariernya di Twitter akan mendapat angka tertinggi dengan menerima US$34,8 juta untuk 642 ribu sahamnya. Diketahui untuk harga satu saham Twitter senilai US$54,20 atau Rp843 ribu.

Bukan hanya mendapatkan pembiayaan saham, ketiganya juga akan menerima 'Golden Parachute Compensation' dalam perjanjian yang disetujui oleh para pemegang saham.

Kesepakatan itu sendiri termasuk gaji pokok setahun, yang masing-masing senilai US$1 juta untuk Agrawal dan US$600 ribu untuk Segal dan Gadde. Mereka juga akan mendapatkan asuransi kesehatan selama setahun senilai sekitar US$73.

Belum lagi keuntungan yang bisa mereka dapatkan dari percepatan vesting saham yang dapat mereka terima di masa depan. Namun, hal tersebut masih diragukan dengan perkiraan Agrawal akan menerima US$56,4 juta, US$43,8 juta untuk Segal, dan US$19,4 juta untuk Gadde. Sehingga, jika memungkinkan ketiganya bisa mengantongi uang sebesar USD$187 juta, atau setara lebih dari Rp2 triliun, lho, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life