Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dianggap Nama Asli, 15+ Idol K-Pop Ini Ternyata Pakai Nama Panggung

Ungkap alasan gunakan nama panggung

Nabila Damaan

Menggunakan nama panggung menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh sejumlah public figure. Begitu halnya yang terjadi di industri K-pop.

Mengubah nama asli bukanlah tanpa alasan, termasuk nama yang sulit diucapkan, menghindari tumpang tindih dengan selebriti dengan nama yang sama, hingga faktor ramalan, lho.

Penggunaan nama panggung berbahasa Inggris umumnya banyak digunakan, seperti halnya Joy Red Velvet, Solar MAMAMOO. Ataupun nama-nama mononim seperti Suho EXO, J-Hope BTS, SEVENTEEN The8, bahkan nama yang hanya terdiri dari huruf seperti BTS V dan RM, INFINITE L, VIXX N, dan lain-lain.

Beberapa idol K-pop ada pula yang menggunakan nama umum di Korea dan sering dianggap menggunakan nama asli mereka sebagai nama idolanya,

1. IU

instagram.com/dlwlrma

Siapa yang nggak kenal dengan penyanyi dan aktris yang satu ini. Kita pun mengetahui bahwa pelantun "Blueming" ini sebenarnya menggunakan nama panggung, dan nama aslinya adalah Lee Ji Eun. 

Makna nama panggungnya pun terbilang unik, nih. IU persis seperti yang terdengar adalah kombinasi dari "Aku" dan "Kamu", menandakan bahwa "kamu" sebagai penonton menjadi satu dengannya melalui musik.

2. Cha Eunwoo Astro

instagram.com/eunwo.o_c

Bintang serial True Beauty yang juga merupakan anggota grup vokal Astro, Cha Eunwoo sebenarnya terlahir dengan nama Lee Dongmin.

Ia mulai menggunakan nama panggungnya setelah membintangi drama web To be Continued karena karakter fiksi bernama Cha Eunwoo yang mirip dengannya, dia mulai menggunakannya.

3. Lisa BLACKPINK

instagram.com/lalalalisa_m

Mirip dengan Yesung, Lisa hanyalah nama panggung, namun namanya pun Lalisa Manoban awalnya bukan nama sebenarnya.

Anggota BLACKPINK ini lahir dengan nama Thailand Pranpriya Manoban, namun secara hukum ia mengubahnya setelah berkonsultasi dengan seorang peramal, lho.

4. Jung Jaehyun NCT

instagram.com/_jeongjaehyun

Dikenal sebagai anggota grup vokal pria Korea Selatan NCT, Jung Jaehyun punya cerita yang cukup unik dibanding kebanyakan seleb yang menggunakan nama panggung.

Uniknya karena sebenarnya Jung Jaehyun sendiri adalah nama yang sudah melekat sejak lahir, namun ia terlanjur melegalkan nama Jung Yuno.

5. Choi Sulli f(x)

instagram.com/choi_sulli

Mendiang Choi Sulli menggunakan nama Sulli sebagai nama panggungnya. Mantan personil f(x) ini terlahir dengan nama Choi Jinri.

Hanya saja, pada saat sebelum debut sebagai artis SM Entertainment, seorang wartawan menyarankan untuk mengubah namanya karena ‘Jinri’ dianggap terlalu Kristen. Sulli mengungkapkan bahwa nama panggungnya sebenarnya berarti "bunga pir di salju".

6. Yesung Super Junior

instagram.com/yesung1106

Personil Super Junior yang satu ini memang dikenal dengan nama Yesung. Namun, seleb multitalenta yang satu ini telah terlahir sebagai Kim Jong Woon. Ia bahkan menggunakan nama aslinya sejak awal debut hingga waktu yang cukup lama. 

Anehnya, pada tahun 2016 ia mengumumkan bahwa sang Ibu telah mengubah namanya menjadi Kim Jong Hoon, namun hingga saat ini Yesung masih menggunakan Jongwoon atau Jw.

7. Arin Oh My Girl's

instagram.com/arin__ohmygirl

Awalnya dipanggil sebagai Choi Ye Won, nama asli idola ini berarti "hidup dengan bijak" dari kata "Ye" (bijaksana) dan "Won" (taman). Namun, saat ia debut sebagai Oh My Girl, maknae grup tersebut memutuskan untuk menggunakan nama panggung "Arin" yang memiliki arti “cukup cerah”.

Para penggemar sangat menyukai nama baru dari main vocal Oh My Girl karena merasa cocok dengan citra dan kepribadiannya.

8. Seo Kang Joon 5urprise

instagram.com/seokj1012

Seo Kang Joon memanglah nama panggung, nama asli dari penyanyi mantan anggota grup idol 5urprise ini adalah Lee Seung Hwan. Berbeda dari keempat daftar di atas, nama Seo Kang Joon dipilihkan oleh pihak agensi karena nama Lee Seung Hwan sudah dimiliki oleh seorang penyanyi terkenal.

9. Irene dan Joy Red Velvet

instagram.com/renebaebae & _imyour_joy

Irene terlahir dengan nama Bae Joo Hyun. Namun, kini ia dikenal dengan nama panggungnya yang diambil dari nama dewi perdamaian, Irene. Sama halnya dengan Joy, yang bernama asli Park Soo-young. Kedua nama tersebut sangatlah mewakili citra mereka sebagai idol.

10. Chung Ha I.O.I.

instagram.com/chungha_official

Saat bergabung dengan MNET's “Produce 101” ia dikenal sebagai Chungha oleh para penggemar dan idola. Namun siapa sangka bahwa itu adalah nama panggung yang ia kenakan, ia terlahir dengan nama Kim Chan Mi dan banyak yang terkejut akan hal tersebut, lho.

11. Solar MAMAMOO

instagram.com/solar.mamamoo

Seharusnya, nama panggungnya berasal dari mengambil suku kata terakhir dari nama aslinya Kim Yong Sun, menggunakan bahasa Inggris literal yang berarti "matahari", dan mengubahnya menjadi Solar.

Penjelasan lainnya adalah jika menaikkan skala menggunakan solfège (do, re, mi, dll.), “so” dan “ra” bersebelahan. Jika menggabungkan dua suku kata ini, kamu akan mendapatkan pelafalan bahasa Korea “Solar”.

12. Dokyeom Seventeen

instagram.com/dk_is_dokyeom

Nama asli Dokyeom adalah Lee Suk Min. Tapi fans mengatakan bahwa dia malah bersikap canggung saat dipanggil "Suk Min". Arti dari nama panggunya pun cukup unik, lho. 

“Do” berarti “jalan” dan “Kyeom” berarti “multitasker”, jadi gabungan maknanya menciptakan “menjadi multitasker di berbagai bidang”. Nama tersebut sangatlah mewakili Dokyeoun yang juga serba bisa.

13. Umji (GFRIEND)

instagram.com/ummmmm_j.i/

Maknae  GFRIEND ini disebut-sebut diberi nama Umji (berarti “jempol” dalam bahasa Korea) oleh CEO agensinya untuk menonjolkan sosoknya yang kecil dan imej imut. Ia terlahir dengan nama Kim Ye-won, Bela.

14. Haechan NCT

instagram.com/haechanahceah

Haechan adalah satu member NCT yang terlahir dengan nama Lee Donghyuk. Ia bahkan pernah tampil dengan nama aslinya Donghyuck sebagai pendatang baru. Setelah debut, Lee Soo Man mengubahnya menjadi Haechan yang berarti “bersinar terang”.

15. Soyou

instagram.com/soooo_you

Soyou adalah penyanyi yang bernama asli Kang Ji Hyun. Lalu, ia memilih Soyou sebagai nama panggungnya agar dia bisa menjadi "wanita yang ingin dimiliki orang ('soyou' dalam bahasa Korea)".

16. Suho EXO

instagram.com/kimjuncotton

Bukan hanya sekadar nama, pemilihan nama juga memiliki filosofi yang cukup mendalam. Begitulah yang dilakukan oleh Suho yang sebenarnya memiliki nama asli Kim Jun Myeon. 

Sebagai leader EXO, nama panggung Suho secara harfiah berasal dari kata kerja Korea “ suho ”, yang artinya melindungi seperti seorang penjaga. Itu mencerminkan sikap dan rasa tanggung jawab yang dipikulnya sebagai pemimpin.

17. Raina After School

instagram.com/ohhhhyerinnn

Raina dari idol grup After School terlahir dengan nama Oh Hye Rin, lho. Ia bersama agensinya mengubah namanya menjadi Raina karena terinspirasi dari istilah Spanyol untuk ratu, atau reina, konon kata ini juga memiliki arti ketenangan yang tersembunyi. 

Itulah 15+ idol K-pop yang menggunakan nama panggung beserta alasan di balik pemilihan nama yang membuat mereka bersinar di dunia hiburan K-pop. Siapa lagi idol K-pop yang kamu tahu menggunakan nama panggung, Bela? Yuk bagikan di kolom komentar!

IDN Media Channels

Latest from Working Life