Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ada yang Tangani Toilet, Ini Kementerian Paling Aneh di Dunia

Mengemban tugas nggak biasa

Nabila Damaan

Dalam menjalankan sebuah negara khususnya negara republik, presiden atau pimpinan negara biasanya dibantu oleh para menteri. Setiap menteri membidangi urusan tertentu dalam pemerintahan sesuai dengan kondisi di suatu negara. Misal, menteri kelautan dan perikanan yang menaungi segala sesuatu yang berurusan dengan laut dan segala isinya. 

Namun, tahukah kamu kalau di beberapa negara ada menteri yang menanggani urusan yang terbilang nggak biasa? Misal pada tahun 2018 Perdana Menteri Inggris, Theresa May telah menunjuk Tracey Crouch sebagai Menteri Kesepian. Unik, bukan? Selain di Inggris masih ada lho, negara yang memiliki kementerian aneh lainnya. Berikut adalah beberapa kementerian unik yang pernah di dunia.

1. Menteri Yoga – India

goanewshub.com

Pada tahun 2014, pemerintah yang dipimpin Narendra Modi membentuk kementerian baru khusus untuk mempromosikan praktik medis tradisional India.

Shripad Naik diangkat sebagai menteri AYUSH – singkatan dari Ayurveda, Yoga, Unani, Siddha dan Homeopathy. Sementara pembentukan kementerian itu menghadapi beberapa kontroversi, salah satu kampanyenya yang paling sukses adalah mengorganisir Hari Yoga Internasional pada tahun 2015—sebuah acara yoga massal pada bulan Juni, yang dipimpin oleh Perdana Menteri sendiri, dengan lebih dari 35.000 peserta.

2. Menteri Kebahagiaan – Uni Emerat Arab

scoopempire.com

Uni Emerat Arab pada Februari 2006 menunjuk dan melantik Ohood Al Raumi sebagai Menteri Kebahagiaan. Ya, kamu nggak salah dengar. Ohood Al Roumi dilantik untuk menjadi menteri perempuan ke delapan di Kabinet negara yang beranggotakan 29 orang.

Dalam langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya di kawasan Teluk, UEA mendedikasikan seluruh kementerian untuk menjalankan kebijakan, rencana, dan program yang akan membantu mempromosikan kebahagiaan di antara masyarakat.

Roumi menegaskan pekerjaannya bukanlah bahan tertawaan. Ia harus memikul tanggung jawab yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menjadikan negara itu di antara lima negara paling bahagia di dunia pada tahun 2021 dengan menyelaraskan semua rencana, program, dan kebijakan pemerintah.

Sesuai Laporan Kebahagiaan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa, UEA menempati peringkat ke-28 di antara 157 negara. Indonesia ada di urutan berapa, ya?

3. Menteri Toilet – Jepang

fortune.com

Jika seseorang ingin membuat daftar tiga hal teratas yang terkenal di Jepang, toilet pasti akan menjadi pilihan. Kita nggak perlu khawatir dengan masalah toilet kotor dan lainnya karena selain bersih toilet di Jepang juga memiliki teknologi terbaharukan. Melansir Japan Today, turis bahkan mengagumi kelembutan tisu toilet Jepang, lho

Namun, pemerintah Jepang merasa masih ada ruang untuk perbaikan, dan berencana untuk lebih memperhatikan keindahan fasilitas sanitasi umum. Untuk itu, anggota majelis tinggi LDP Haruko Arimura, yang menjabat di kabinet sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan sejumlah pos lainnya, mungkin juga akan segera menambahkan gelar tidak resmi, "Menteri Toilet."

Pada tahun 2014, Arimura ditunjuk oleh kabinet untuk mengepalai satuan tugas khusus yang dipercayakan untuk mengubah Jepang menjadi "masyarakat di mana semua perempuan bersinar." Salah satu dari tiga subkomite satuan tugas yang baru dibentuk dipercaya untuk "mempertimbangkan masalah toilet". Wah, keren sekali, ya Jepang.

4. Dewan Ahli Teh – Amerika Serikat

unsplash.com/@aligrapher

Selama 99 tahun, pemerintah Amerika Serikat mempekerjakan sekelompok orang untuk memeriksa kualitas teh yang masuk ke Amerika dengan mencicipinya. Dewan Ahli Teh dibentuk sebagai bagian dari Undang-Undang Impor Teh tahun 1897. Undang-undang tersebut bertujuan untuk melindungi konsumen dari teh impor.

Pencicip teh, yang bekerja di kantor FDA di seluruh negeri, memeriksa setiap lot teh impor, menggunakan teh standar yang dipilih oleh dewan untuk perbandingan. Bertahun-tahun setelah penerapannya, pemerintah mulai menyadari hal tersebut adalah sebuah pemborosan.

Undang-Undang Impor Teh akhirnya dicabut pada tahun 1996 setelah presiden saat itu Bill Clinton memutuskan bahwa teh tidak cukup penting untuk dipertahankan dengan standar yang lebih tinggi daripada makanan lain.

5. Menteri Kesepian – Inggris

asianikkei.com

Pada masa pemerintahan Perdana Menteri Theresa May, pernah menunjuk Tracey Crouch sebagai Menteri Kesepian yang bertujuan untuk mengatasi isolasi sosial. “Bagi banyak orang, kesepian adalah kenyataan menyedihkan dari kehidupan modern,” kata May saat mengumumkan posisi barunya. Menurut laporan tahun 2017 dari Jo Cox Commission on Loneliness , lebih dari 9 juta orang di Inggris—sekitar 14 persen dari populasi—sering atau selalu merasa kesepian. 

Menjadi yang pertama di dunia, dan menginspirasi negara lain untuk mengikuti jejaknya. Pada tahun 2021, Perdana Menteri Yoshihide Suga meluncurkan pos kabinet yang ditunjuk untuk mengurangi isolasi sosial. 

Pekerjaan jarak jauh dan kurangnya pertemuan sosial selama perang Jepang melawan virus corona telah membuat orang merasa semakin stres dan kesepian. Isolasi terkait pandemi telah disalahkan atas peningkatan pertama dalam kasus bunuh diri di Jepang dalam 11 tahun. Itulah yang menggerakan pemerintahan Jepang untuk membuat Menteri Kesepian.

Demikianlah kelima kementerian teraneh yang ada di dunia. Unik sekali ya, Bela? Menurutmu dari kelima jabatan di atas mana yang sekiranya perlu diterapkan ada di Indonesia?

IDN Media Channels

Latest from Working Life