Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Fakta Menarik “VIBE”, Kolaborasi Taeyang BIGBANG & Jimin BTS

Fakta dan lirik "Vibe" Taeyang feat. Jimin BTS ada di sini!

Nabila Damaan

Sebuah kolaborasi nggak terduga terjadi di awal tahun 2023, Bela. Menampilkan duo idol K-pop lintas generasi, Taeyang BIGBANG & Jimin BTS dalam single bertajuk “VIBE”. Sudah dengar lagunya?

Lagu tersebut juga menandai kembalinya Taeyang ke dunia musik, setelah 6 tahun hiatus bermusik. Banyak fakta menarik yang bisa kita kulik, nih, dari lagu terbaru Taeyang. Apalagi tentang keterlibatan Jimin BTS di lagu tersebut.

Penasaran apa saja fakta di balik lagu “VIBE”? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

1. Bersih-bersih media sosial kode Taeyang ‘tuk debut

koreaboo.com

Para VIP agaknya sempat dibuat bingung dengan salah satu member BIGBANG yang satu ini. Pasalnya, pada bulan Oktober lalu, Taeyang tampak membersihkan Instagram-nya dengan menghapus semua fotonya dan mengganti foto profilnya dengan gambar hitam polos.

Fans berspekulasi tentang arti dari pembersihan media sosial, bertanya-tanya apakah itu mengisyaratkan comeback yang telah lama ditunggu-tunggu. Jelang beberapa bulan, VIP mulai mendapatkan jawaban. Tepatnya, pada bulan Desember ketika diumumkan bahwa Taeyang akan beralih dari YG Entertainment ke label anak perusahaannya, THE BLACK LABEL. 

Berikut adalah pernyataan YG Entertainment.


Halo, ini YG Entertainment.


Kami ingin memberitahu Anda bahwa Taeyang BIGBANG akan bergabung dengan anak perusahaan YG Entertainment THE BLACK LABEL sebagai artis. Kami benar-benar senang bisa menyampaikan berita ini.


Dia akan tetap menjadi anggota keluarga YG dan BIGBANG. Kami memahami bahwa banyak orang menunggu BIGBANG untuk berpromosi, dan kami akan bekerja keras untuk mewujudkannya.


Terima kasih.


—YG Entertainment

2. Rilisan solo pertama sejak hiatus selama 6 tahun

instagram.com/__youngbae__

Setelah pengumuman bergabung THE BLACK LABEL, mengunggah foto debutnya pada awal Januari. Lalu, kira-kira satu jam jelang perilisan single digital barunya "VIBE" di seluruh dunia, Taeyang Big Bang mengadakan 'Countdown Live' untuk mendiskusikan comeback-nya yang telah lama ditunggu-tunggu.

Melalui 'Countdown Live' Taeyang menyapa penggemarnya dan mengatakan bahwa ia cukup gugup. Mengingat sudah 6 tahun ia beristirahat sebagai artis solo. 

"Aku sangat merindukan kalian semua. Sudah lama sejak aku menyapa kalian seperti ini. Aku sehat dan baik-baik saja. Ini adalah pertama kalinya dalam sekitar 6 tahun aku Saya merilis musik solo baru, sejak album ke-3 saya dirilis pada tahun 2017. Karena sudah lama sekali, saya cukup gugup."

Diketahui, Taeyang, atau Dong Youngbae, mengeluarkan album solo pertamanya, Solar yang menampilkan hits seperti “Wedding Dress” pada tahun 2010. Album solo keduanya Rise di tahun 2014, dengan salah satu lagu populernya,"Eyes, Nose, Lips". Terakhir, ia merilis album White Night sebelum akhirnya Taeyang mengikuti wajib militer pada tahun 2018.

3. Ide kolaborasi sudah sejak 2 tahun yang lalu

dok. True Digital Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Taeyang juga membagikan bagaimana kolaborasi dengan Jimin BTS bisa terjadi. Lantas ia mengatakan bahwa ide untuk melakukan duet sudah ada sejak 2 tahun yang lalu. 

"Sekitar 2 tahun yang lalu, ketika para anggota BTS tidak terlalu aktif secara individu seperti sekarang. Saya mengerjakan musik selama ini sejak saya kembali dari wajib militer, dan Teddy Park hanya berkomentar, 'Saat ini adalah saat yang tepat bagimu dan Jimin untuk mengeluarkan lagu yang sangat bagus. Semua orang akan menyukainya'. Ketika aku mendengar itu, aku benar-benar terkejut. Aku tidak pernah memikirkan hal seperti itu sebelumnya,” ungkap Taeyang.

Ide kolaborasi muncul secara alami dalam percakapan dengan Jimin. Taeyang telah mengerjakan lagu untuk debutnya dengan Teddy,  KUSH,  Vince, dan 24 selama dua tahun sebelumnya, tetapi lagu “VIBE” sendiri baru selesai setelah Taeyang dapat terhubung dengan Jimin.

4. Awal pertemuannya dengan BTS

koreaboo.com

Pertemuannya dengan member BTS pun berlangsung sejak musim panas lalu. Ketika ia menghadiri acara cara bersama para anggota BTS, seperti misalnya ketika Taeyang terlihat di pesta perilisan album J-Hope dan juga bertemu dengan RM BTS di peluncuran buku dan pameran seni.

Taeyang juga mengatakan bahwa dirinya sempat mengajak Jimin untuk berkolaborasi, dan mendapatkan sambutan hangat darinya. Sampai akhirnya Taeyang mengajak Jimin untuk bermain ke studionya, memainkan lagu yang sedang mereka kerjakan dan Jimin senang dengan lagu tersebut. 

“Saya akhirnya bertemu dengan Jimin, dan sementara kami berbicara tentang ini dan itu, kami secara alami berbicara tentang betapa menyenangkannya bekerja sama dalam musik. Dari sana, saya dapat mengundang dia ke studio untuk mengerjakan lagu ini,” cerita Taeyang. 

5. Sempat segan pamerkan “VIBE” ke Jimin BTS

instagram.com/j.m

Melansir NME, Taeyang sempat merasa segan untuk memamerkan lagu “VIBE” kepada Jimin. Ia mengaku 'VIBE" bukan lagu yang direncanakan untuk kolaborasi bersama member BTS tersebut.

Saat Jimin bermain ke studio, Taeyang sempat mendengarkan lagu lain kepada Jimin, namun sang produser, Teddy mencetuskan bahwa lagu yang tepat untuk berduet dengan Jimin ialah “VIBE”.

Sayangnya, ketika Jimin datang untuk pertama kali lagu tersebut belum memiliki lirik yang jelas, hingga seminggu setelahnya lagu tersebut baru bisa didengarkan oleh Jimin. 

"'VIBE akan lebih baik dan orang-orang akan suka,' kata Teddy. Teddy ternyata benar dan Teddy selalu benar," tutur Taeyang.

6. Jimin penggemar Taeyang

twitter.com/lilacjiminn

Sebelum kolaborasi ini terwujud, diketahui bahwa Jimin menjadi salah satu penggemar dari Taeyang. Banyak hal yang membuktikan apresiasinya terhadap karya-karya Taeyang. 

Seperti salah satunya, ialah yang pernah terlihat salam wawancara era debut, ketika Jimin ditanya siapa yang paling dia kagumi. Dengan cepatnya ia menjawab Taeyang, dan sesama anggota sudah tahu apa yang akan dia katakan.

7. Kerjasama dengan Jimin membuat Taeyong terkesan

koreaboo.com

Seperti yang diharapkan, kerja keras dan bakat Jimin sangat mengesankan. Taeyang pun memuji etos kerja junior industrinya tersebut. Meskipun keduanya berasal dari label yang berbeda dan harus banyak penyesuaian, keduanya sudah bekerja keras untuk menampilkan yang terbaik dalam musiknya kali ini. 

“Kami bekerja sangat keras dan saya pikir itu menghasilkan kualitas lagu dan kualitas video musik. Jimin berusaha lebih dari siapapun dan aku sangat berterima kasih untuk itu,” pungkas Taeyong.

8. Nggak hanya bermusik keduanya dikenal dengan kemampuan menari

dok. True Digital Indonesia

Kalau kamu sudah lihat musik video mereka, pasti tahu kalau keduanya juga menampilkan koreografi. Lagu “VIBE” sendiri adalah sebuah lagu yang menyenangkan dan ceria, ketukan dan musiknya pasti akan langsung membuat pendengar ingin bangun dan menari. 

Ini sangat kontras dengan trek R&B yang biasanya dibawakan Taeyang. Di atas semua itu, lagu tersebut menampilkan Jimin dari BTS, yang seperti Taeyang, dikenal sebagai artis dengan banyak bakat, selain bernyanyi keduanya juga piawai menari. 

Bagi Taeyong, koreografi sangatlah penting dalam lagunya kali ini. Menurut wawancaranya dengan Rolling Stone, koreografi di lagu “VIBE” diciptakan oleh Bailey Sok, seorang penari di Amerika. Baik dirinya maupun Jimin sempat mengalami kesulitan untuk memahami koreografi tersebut dan mereka membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan gerakan.

9. Nggak sampai 2 jam video musik 'VIBE' ditonton lebih dari 1,4 juta kali

Sebuah kolaborasi yang tidak disangka-sangka ini ternyata mendapatkan respon yang luar biasa. Bagaimana tidak, lagu yang menghubungkan dua boy band terbesar untuk pertama kalinya dalam sejarah ini, 2 jam sejak perilisannya di hari Jumat lalu, video musik “VIBE” sudah ditonton lebih dari 1,4 juta kali.

Hingga saat ini video musik yang diunggah di YouTube telah ditonton lebih dari 39 juta dan menduduki puncak trending musik YouTube, Bela.

10. Lirik lagu “VIBE”

dok. True Digital Indonesia

TAEYANG - 'VIBE (feat. Jimin of BTS)' M/V

I can’t express it in words

Girl, You gotta know you got that vibe 

Your smile is Fine Art

You wake up my soul

You got me feelin’ so right yeah

It’s a vibe


Yeah eh

This gon’ be the one and only theme song

You’ve got all of my attention

You’re my one and only mission

Nothing is impossible Baby lights camera action

I’m the music, you’re my Topline

You’re the city, I’m the Skyline

I’m the movie, you’re the Highlight

Falling on a dark sky like Twilight 

Just gets better

Got me binge-watching you with that attraction

You don’t know I want your love (know I want your love) 

Before this night ends Baby


You know we got that vibe baby (till the sun rises) 

Look at me, look at me, I got the vibe

Look at me, look at me, I got the vibe

You know we got that vibe baby (till the sun sets) 

Look at you, look at you, you got the vibe

I can feel it, It’s a vibe


This gon’ be the one and only Anthem

Can feel my sixth sense, it’s a stimulation

Holding hands causing an electrocution

Before you my world was in disconnection

I’m the stage, you’re the Spotlight

You’re the Han River, I’m the Nam San

It can’t be more perfect than this

Falling on a dark sky like Twilight 

I could feel it

I’m trapped inside your space, You’re my Matrix

You don’t know I want your love (know I want your love) 

Before this night ends Baby


You know we got that vibe baby (till the sun rises) 

Look at me, look at me, I got the vibe

Look at me, look at me, I got the vibe

You know we got that vibe baby (till the sun sets) 

Look at you, look at you, you got the vibe

I can feel it, It’s a vibe


Look at the stars 

Moon’s shining so bright

All through the night 

It’s lighting us up


And the way you look at me

I want to keep feelin’ the vibrations

 (You gotta know you got that vibe)


You know we got that vibe baby (till the sun rises) 

Look at me, look at me, I got the vibe

You know we got that vibe baby (till the sun sets) 

Look at you, look at you, you got the vibe

I can feel it, It’s a vibe

IDN Media Channels

Latest from Working Life