Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Ide Usaha Tanpa Modal Tapi Paling Menguntungkan!

Bisa jadi sumber pemasukan selama pandemi!

Meidiana Aprilliani

Memulai usaha online tanpa modal. Wah, di tengah kondisi saat ini siapa ya yang tidak tertarik dengan hal satu ini? Tenang, hal satu ini benar-benar mungkin kamu wujudkan, kok!

Meski saat ini banyak orang yang disulitkan dengan adanya pandemi, namun laju perkembangan teknologi di tengah kita, ternyata bisa dimanfaatkan untuk meraih pundi-pundi rezeki. Ya, hanya dengan bermodalkan internet, smartphone, kreativitas dan niat yang tinggi, kamu sudah bisa membangun 13 usaha online rumahan tanpa modal di bawah ini!

1. Coba jadi dropshipper, yuk!

Mobiletransaction.org/au

Bisnis dropship bisa dikatakan sebagai bisnis yang bisa kamu coba tanpa modal uang sama sekali. Kamu hanya membutuhkan alat komunikasi seperti smartphone dan komunikasi marketing yang baik. Dropship sendiri adalah sebuah model bisnis yang populer di era internet saat ini. Bisnis dropship melibatkan pihak ketiga (dropshipper) yang menjembatani hubungan antara pembeli dan produsen (supplier) barang.

Dalam bisnis ini, kamu sebagai dropshipper akan meminta supplier barang untuk mengirimkan barang ke pembelimu. Seolah-olah, kamu adalah penjual utama dari produk yang kamu tawarkan itu. Padahal, kamu hanya mempromosikan barang yang dimiliki supplier tersebut. 

2. Sistem reseller juga menarik

Entrepreneur.com

Sejenis dengan dropshipper, sistem reseller juga berkiblat pada penjualan barang milik orang lain oleh kita. Berbeda dengan dropshipper, seorang reseller harus menentukan harga penjualannya sendiri dari pihak pertama. Nantinya, selisih harga barang di antara keduanyalah yang menjadi sumber keuntungan dari reseller. 

Selain itu, kamu juga biasanya akan menyimpan stock barang sendiri dari pihak pertama dan mengirimkannya sendiri kepada pembeli. Seorang reseller dituntut untuk jeli melihat peluang dan persuasif menawarkan produknya secara online maupun offline (memiliki toko fisik).

3. Menjadi penulis lepas

Freecodecamp.org

Punya skill mumpuni dalam hal tulis-menulis? Kalau iya, saatnya kamu melirik peluang untuk menghasilkan uang dari tulisanmu itu! 

Dengan kemampuanmu ini, berbagai pekerjaan sebagai penulis lepas seperti pembuat  ulasan produk, pembuat script, menulis artikel atau berita, hingga ikut serta dalam lomba menulis. Menarik, bukan? 

4. Punya keahlian bahasa asing? Coba jadi penerjemah, yuk!

Foxtranslation.com

Membuka usaha online tanpa modal dengan menjadi penerjemah juga cukup menguntungkan, lho!

Saat ini, ada banyak perusahaan, organisasi, maupun perorangan yang membutuhkan jasa penerjemah bahasa asing. Seperti Bahasa Inggris, Mandarin, Spanyol, Arab, Korea, dan masih banyak lagi. Pekerjaan ini pun tentunya dapat dengan fleksibel kamu kerjakan dari rumah. 

5. Jadi voice over

Shutterstock.com

Bela, Industri iklan, TV, radio, sampai internet, selalu membutuhkan jasa pengisi suara. Kalau kamu pemilik suara khas atau unik, tidak ada salahnya mencoba peruntungan satu ini, bukan?

Tidak membutuhkan modal besar, kamu bisa membangun usaha online rumahan tanpa modal lewat profesi voice over ini. Terdengar menyenangkan, ya!

6. Buka usaha desain grafis, yuk!

Creativebloq.com

Punya kemampuan dan ketertarikan dalam editing seperti desain grafis hingga editing video? Artinya kamu harus segera menyadari bahwa peluang bisnis di bidang ini cukup besar. Menariknya lagi, tanpa modal besar!

Dari rumah, kamu bisa dengan mudah menemukan lowongan di internet yang membutuhkan pekerja lepas untuk membuat desain grafis dan editing video. Selain itu, kamu pun bisa membuka jasa desain grafis dan editing di rumah dengan membuat banner di depan rumahmu.

7. Membuka les privat

Tutoringexpert.ca

Usaha online rumahan tanpa modal besar lainnya adalah les privat. Ya, jika kamu memiliki kemampuan akademis yang baik dalam sebuah mata pelajaran atau mata kuliah, tak ada salahnya mencoba usaha yang satu ini, lho!

8. Tanpa stok barang, kamu bisa dapat keuntungan dari program afiliasi

Unsplash.com/Austin Distel

Kalau kamu perhatikan, beberapa perusahaan digital memanfaatkan program afiliasi untuk meningkatkan penjualan mereka. Bukan hanya menguntungkan bagi si penjual, perusahaan yang bersangkutan pun membuat program afiliasi yang juga akan memberi keuntungan bagi tenaga pemasarnya.

Program afiliasi ini mirip dengan dropshipping. Bedanya, kamu hanya perlu memastikan calon pembeli membeli produk yang dibutuhkan melalui link unik milik kamu. Jika pembeli benar-benar melakukan transaksi, kamu akan mendapatkan komisi yang besarnya disesuaikan dengan syarat dan ketentuan dari masing-masing perusahaan.

Program afiliasi yang dapat kamu ikuti, misalnya dari Shopee dan Niagahoster. Kamu hanya perlu mendapatkan link unik, sebarkan link tersebut sebanyak-banyaknya, dan, voila! kamu bisa mendapatkan komisi yang lumayan banget.

9. Bantu UMKM dengan membuka jasa pembuatan website

Unsplash.com/Domenico Loia

Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin banyak pula kebutuhan akan websiteWebsite ini biasanya digunakan untuk berbelanja atau katalog, sehingga memudahkan calon pembeli untuk melihat-lihat terlebih dulu produk yang ditawarkan di sebuah toko online.

Memanfaatkan kesempatan ini, kamu bisa membuka jasa pembuatan website yang hanya mengandalkan kemampuanmu tanpa modal sama sekali. Kamu bisa bekerja sama dengan teman terdekat yang memang kemampuannya memang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis ini. Sebagai langkah awal, kamu bisa menawarkan jasa ini kepada orang terdekat.

10. Rajin bikin review dan nge-blog bisa mendatangkan cuan, lho!

Unsplash.com/Dan Counsell

Sering membuat blog yang isinya review tentang perjalanan, hotel, film, atau bahkan suatu produk? Teruskan hobimu itu karena bisa mendatangkan cuan, lho! Siapa tahu, dengan semakin tingginya pembaca di blog kamu, ada tawaran dari brand atau perusahaan yang membutuhkan jasa kamu untuk me-review produk mereka.

Semakin spesifik genre blog kamu, maka semakin disukai oleh brand atau perusahaan. Sebab, itu artinya kamu memiliki pembaca yang memiliki minat yang sama pula.

11. Optimasi website melalui jasa SEO semakin banyak dibutuhkan

Unsplash.com/Kaitlyn Baker

Memiliki website atau blog, tentu harapan kita adalah banyaknya pengunjung yang bisa mengunjunginya setiap hari. Namun, website dan blog yang kita miliki harus bersaing dengan jutaan situs lainnya di internet.

Supaya website atau blog kamu berada di posisi pertama di mesin pencari, kamu perlu mengoptimalkan search engine optimization atau SEO. Jika kamu memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan SEO, jasa ini bisa kamu manfaatkan. Sebab, tentu banyak pemilik website yang membutuhkannya.

12. Penuhi kebutuhan si kutu buku dengan berjualan buku elektronik

Unsplash.com/Antonio Scalogna

Berkembangnya teknologi, maka semakin berkembang pula kebiasaan seseorang. Semua kegiatan beralih menjadi online karena lebih praktis dan dapat dilakukan di mana saja. Salah satunya adalah kegiatan membaca. Semenjak berkembangnya gawai, kebutuhan akan buku elektronik atau e-book menjadi peluang yang cukup menjanjikan. Kamu bisa berjualan e-book hanya bermodal ponsel. Tapi ingat, jangan menjual buku elektronik bajakan, ya!

13. Perbaiki media sosialmu dan mulai jadi influencer, yuk!

Unsplash.com/Mateus Campos

Suka banget upload foto di media sosial? Coba, yuk, perbaiki dan rapikan media sosial kamu. Kamu bisa mulai menjadi influencer dari sekarang. Kumpulkan foto atau konten yang menurutmu menarik, unggah di media sosial secara konsisten, dan perhatikan, pelan tapi pasti, jumlah follower kamu juga akan ikut naik.

Jika media sosial kamu aktif, kamu bisa saja mendapatkan kesempatan untuk di-endorse oleh brandSo, yuk, manfaatkan media sosialmu mulai sekarang.

Itulah 13 ide usaha online yang minim modal namun menguntungkan. Mau mulai dari mana dulu, nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life