Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Ide Bisnis Rumahan Beromzet Besar yang Cocok untuk Anak Muda

Bisa jadi pemasukkan utamamu, lho!

Meidiana Aprilliani

Usaha rumahan bisa jadi salah satu langkah efektif menambah penghasilan meski di rumah saja selama pandemi.

Apalagi, jika gaji bulananmu dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari. Sayangnya, banyak yang meremehkan penghasilan dari bisnis rumahan, apalagi bagi pemula. Padahal, jika dilakukan dengan serius dan perhitungan yang matang, bisnis rumahan yang kamu anggap sebagai usaha sampingan, bisa tumbuh pesat dan jadi pemasukan utamamu.

Tertarik memulai bisnis rumahan? berikut Popbela membagikan 13 ide bisnis rumahan modal kecil yang mudah dan beromzet besar di bawah ini, yuk!

1. Agen pembayaran elektronik

Chasify.in

Pernah merasa malas datang ke supermarket untuk membayar tagihan belanja karena sisa uang di mobile banking-mu habis? Peluang bagus detected!

Dari permasalahan di atas, kamu bisa mengambil peluang sebagai agen pembayaran elektronik. Kamu bisa membuka jasa untuk perantara pembayaran berbagai transaksi digital seperti transfer uang antar bank maupun top up dompet digital, membayar tagihan listrik, PDAM, TV berlangganan, internet dan telepon, dan masih banyak lagi. Menarik, bukan?

2. Berjualan pulsa elektrik dan paket internet

Moneycrashers.com

Bagi para pengguna ponsel, pasti tidak akan terlepas dari kebutuhan pulsa dan paket internet, ya! 

Selain menjadi agen pembayaran elektrik, kamu juga bisa membuka udaha jasa isi pulsa elektrik dan paket internet dari rumah. Kamu cukup mencari vendor pulsa dan paket internet yang khusus menjual untuk reseller pulsa dengan harga miring yang tersedia bahkan di portal belanja online. Terakhir, siapkan banner dengan promo menarik di depan rumahmu untuk menarik calon pelanggan di sekitarmu, deh!

3. Menjadi dropship

Blog.getpayever.com

Bisnis tanpa modal, memang ada? Ada, dong!

Ya, bisnis dropship bisa dikatakan sebagai bisnis yang bisa kamu coba tanpa modal uang sama sekali. Ya, kamu hanya membutuhkan alat komunikasi seperti smartphone dan komunikasi marketing yang baik. Dropship sendiri adalah sebuah model bisnis yang populer di era internet saat ini. Bisnis dropship melibatkan pihak ketiga (dropshipper) yang menjembatani hubungan antara pembeli dan produsen (supplier) barang.

Dalam bisnis ini, kamu sebagai dropshipper akan meminta supplier barang untuk mengirimkan barang ke pembelimu. Seolah-olah, kamu adalah penjual utama dari produk yang kamu tawarkan itu. Padahal, kamu hanya mempromosikan barang yang dimiliki supplier tersebut. 

4. Berjualan makanan atau minuman

Simpybusiness.co.uk

Bela, usaha makanan dan minuman bisa jadi adalah usaha yang tidak akan pernah mati. Tentu saja, karena orang-orang selalu membutuhkan asupan makanan dan minuman. Nah, kalau kamu punya skill dalam memasak berbagai makanan seperti lauk rumahan, salad buah, jajanan kering, kue, hingga pastry, coba buka usaha makananmu itu di rumah, yuk!

Selain makanan, usaha minuman juga menarik untuk dicoba. Mulai dari berjualan es kelapa, sop buah, hingga kopi yang sedang digandrungi banyak kalangan saat ini. Tertarik mencobanya?

5. Jasa cuci sepatu, tas, sampai topi

Highnobiety.com

Selain usaha-usaha rumahan di atas, jasa laundry untuk sepatu juga sedang booming akhir-akhir ini, lho! 

Selain sepatu, kamu juga bisa menawarkan berbagai barang lain seperti sepatu dan tas. Jangan lupa untuk memberikan promo atau penawaran menarik kepada calon konsumenmu, ya!

6. Membuka jasa desain grafis atau editing video

Creativebloq.com

Punya skill dalam editing seperti membuat desain grafis hingga editing video? Wah, peluang bisnis dibidang ini cukup besar, lho! 

Dari rumah, kamu bisa dengan mudah menemukan lowongan di internet yang membutuhkan pekerja lepas untuk membuat desain grafis dan editing video. Selain itu, kamu pun bisa membuka jasa desain grafis dan editing video di rumah dengan membuat banner di depan rumahmu. 

7. Usaha rental

Startupclothingline.com

Punya berbagai alat produksi yang banyak dibutuhkan orang seperti perlengkapan kamera dan komputer, hingga playstation? Kamu juga bisa mengambil peluang usaha dengan membuka jasa sewa, lho!  

Karena harga belinya yang mahal, pastinya banyak orang yang membutuhkan jasa sewa untuk beberapa barang seperti di atas. Kalau jasa sewamu ramai digunakan, tak menutup kemungkinan modal untuk membeli barang tersebut bisa kembali hanya dalam waktu singkat. 

8. Menjadi penulis lepas

Dok. Internet

Bela, apa kamu suka dunia tulis-menulis? Kalau iya, saatnya kamu melirik peluang untuk menghasilkan uang dari tulisanmu itu! Kamu bisa menjadi penulis lepas untuk membuat ulasan produk, pembuat script, menulis artikel atau berita, hingga ikut serta dalam lomba menulis. 

9. Unggah konten menarik di YouTube

Foodies100.co.uk

Bela, apa kamu tertarik untuk menjadi Youtuber dan sudah punya ide menarik untuk topik yang akan dibahas? Sayangnya, kamu mungkin kurang percaya diri untuk menampilkan wajahmu di depan kamera. Tenang, enggak semua Youtuber harus menunjukan wajah sumringahnya di depan kamera, kok!

Misalnya, kamu punya pengetahuan luas mengenai dunia teknologi dan gadget, maka kamu bisa mencoba membuat ulasan menariknya di YouTube tanpa menunjukan wajahmu. Selain itu, kamu juga bisa membuat video tutorial menarik seperti cara mengedit video, memecahkan masalah pada smartphone dan komputer, hingga menjadi guru tutor mandiri. 

10. Jasa jahit pakaian

Pexels.com/Ron Lach

Memiliki hobi menjahit bukan hanya dapat mengisi waktu luang, Bela. Kamu juga dapat memanfaatkannya sebagai ladang tambahan pemasukan. Kamu bisa membuka jasa jahit di rumah dengan memanfaatkan mesin jahit milikmu.

Untuk memulainya, kamu bisa menawarkan jasa ini ke orang terdekat. Dimulai dari membantu mereka merapikan pakaian (mengecilkan ukuran baju, misalnya), hingga membantu menjahitkan pakaian sesuai dengan keinginan mereka.

11. Jasa cuci motor

Unsplash.com/Azmaan Baluch

Meski terlihat sulit, namun ternyata jasa cuci motor bisa menjadi salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Sebab, kini cukup banyak yang telah memiliki kendaraan pribadi, khususnya motor. 

Membuka jasa cuci motor tidak membutuhkan modal besar, Bela. Untuk langkah awal, kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan air, selang dan sabun khusus kendaraan. Jika bisnismu kemudian berkembang, kamu bisa menambah aset berupa snow wash machine untuk memudahkanmu membersihkan motor.

12. Budidaya tanaman hias

Unsplash.com/Vadim Kaipov

Semenjak pandemi kamu jadi memiliki hobi mengoleksi tanaman hias, Bela? Jika iya, hal ini bisa menjadi ladang bisnismu, lho. Kamu bisa membudidayakan tanaman hias tersebut dan menjualnya.

Caranya, pisahkan anak tanaman yang sudah siap dipisahkan dari tanaman induk. Tanaman tersebut bisa kamu pindahkan ke pot baru. Tanaman-tanaman ini kemudian bisa kamu jual secara online

Untuk menjalankan bisnis ini, kamu hanya perlu modal untuk membeli pot baru, tanah (media tanam) dan pupuk. Tidak begitu memberatkan, bukan?

13. Jasa pembuatan buket bunga dan kado

Unsplash.com/Rock Earth

Gift box kini menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang menguntungkan. Semenjak pandemi melanda dunia dan kita semakin jarang bertemu orang-orang demi alasan kesehatan, memberikan kado atau bunga menjadi pilihan untuk tetap terhubung dan berkoneksi dengan orang-orang tersayang.

Momen ini dapat kamu manfaatkan dengan membuat bisnis merangkai buket bunga atau kado. Untuk modalnya, kamu hanya perlu membeli kardus beragam ukuran, pita, lem tembak, hingga kertas warna-warni. 

Nah, itu dia 13 peluang bisnis rumahan modal kecil yang beromzet besar yang cocok untuk anak muda. Tertarik merintis bisnis yang mana, nih?

IDN Media Channels

Latest from Working Life