Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Tetap Kreatif A la Andien di Tengah Situasi Pandemi

Siapa bilang kreativitas itu terbatas, Bela?

Mariana Politton

Tidak salah lagi, kehidupan ini mustahil memberikan sesuatu yang bersifat abadi. Hal inilah yang membuat situasi ikut tidak menentu. Terkadang, satu hari terasa mudah dan cukup menyenangkan untuk dijalani. Tapi, tidak jarang, satu hari terasa berat dan melelahkan.

Yup, bukti nyatanya adalah masa pandemi COVID-19. Memang, seperti yang kamu ketahui, isu ini fokus pada kesehatan manusia. Namun, rentetan dampak negatif nyatanya turut menyerang beberapa aspek kehidupan yang menghadang produktivitas seseorang. 

Tahukah kamu, kalau produktivitas berkaitan erat daya kreativitas seseorang yang harus terjaga. Untuk itulah, dalam talk show BeautyFest Asia 2020 yang bertajuk "Maintaining Health, Productivity and Survicing a Global Pandemic", Andien sengaja memberi tips terkait.

1. Pendekatan pada diri sendiri

Instagram.com/andienaisyah

Kamu pasti tidak asing lagi dengan istilah umum yang menyebut, "ada hikmah di balik cobaan." Benar saja! Sebagaimana dikemukakan oleh Andien, masa pandemi COVID-19 ini nyatanya memberi waktu bagi seseorang untuk menggali lebih dalam mengenai dirinya.

Menariknya, Andien menekankan bahwa hal ini bersifat sangat penting dalam rangka meningkatkan daya kreativitas. Pasalnya, mendekati diri sendiri meliputi proses menyendiri yang memampukan seseorang untuk menganalisa hal-hal yang dirasakan dan dialaminya.

Misalnya, kamu mengalami isu sulit bekerja atau sulit berkarya. Coba berkomunikasilah dengan dirimu sendiri melalui meditasi. Dari sini, kamu dapat menemukan kesulitanmu -penyebabnya - penyebab dari satu penyebab - hingga berakhir pada satu akar permasalahan.

Note: kamu dapat menemukan solusi dengan memahami titik awal permasalahan, Bela!

2. Menelaah emosimu

Instagram.com/andienaisyah

Sebagaimana dijelaskan oleh Andien sebelumnya, proses mendekati dirimu turut meliputi proses memahami emosi dan akar permasalahan. Namun, tahukah kamu? Salah satu cara yang bisa membantu proses tersebut menjadi efektif adalah dengan journaling. 

Yup, journaling merupakan proses mengekspresikan perasaanmu secara mandiri sehingga kamu dapat melakukannya dengan jujur. Dari sini, kamu akan melalui proses menelaah yang membuatmu sadar, satu emosi memiliki beragam penyebab, alasan dan lainnya.

"Poin dari journaling adalah rasa, memahami perasaan. Selama ini, perasaan kita telah terputus (kala aktif bersosialisasi). Kita tidak benar-benar menyadari apa yang kita rasakan dan alami," sebut Andien yang menjelaskan inilah waktu yang tepat untuk menelaah emosi.

Note: lampiaskan dan keluarkan seluruh perasaanmu, positif maupun negatif!

3. Mencatat impian

Instagram.com/andienaisyah

Sadarkan kamu? Kebanyakan orang mampu melakukan sesuatu dengan berupaya keras secara konsisten jika ada motivasi atau inspirasi yang berperan sebagai trigger. Biasanya, motivasi tersebut tumbuh dari pandangan yang menatap impian atau cita-cita. 

Tidak aneh, sebagaimana dijelaskan dalam buku The Subtle Art of Not Giving a F*ck (2016) karya Mark Manson, seseorang dapat bertahan dalam kesulitan jika memiliki tujuan. Maka dari itulah, Andien mendorong kamu untuk mencoba menerawang apa yang kamu impikan.

Caranya dengan cukup mengambil waktu sendiri atau me-time, buka buku catatanmu atau jurnal, lalu catatlah impian-impian yang ingin kamu raih. Sebagai saran tambahan, kamu pun dapat melakukan skema Ikigai asal Jepang yang menganalisa tujuanmu.

Untuk melakukan skema tersebut, catat apa yang kamu cintai, apa yang mampu dilakukan, apa yang dibutuhkan oleh duniamu, serta apa yang dapat ditukar dengan keuntungan. Dengan ini, kamu menemukan tujuanmu dan terdorong untuk stay creative and do it!

4. Memanfaatkan peluang yang ada

Instagram.com/andienaisyah

Sebagai perempuan dewasa yang bijak terhadap hidup dan diri sendiri, kamu tentu memahami fakta bahwa kesempatan kedua cenderung jarang didapatkan. Fakta inilah yang membuat Popbela sangat mendorongmu untuk memanfaatkan peluang yang ada.

Sosok musisi jazz sekaligus aktivis mental health Andien-pun setuju. Menurutnya, saat ini, perkembangan teknologi membantu kita mendapatkan peluang untuk bekerja dan berkarya serta belajar dalam situasi yang mengharuskan kita untuk melakukan social distancing.

Sebut saja, meeting tidak harus dengan bertatap muka melainkan platform khusus video call. Platform yang sama ini pula. yang membantu berbagai macam pihak mengadakan acara online maupun kursus online. Istilahnya, mudah dan bermanfaat!

Jadi, jangan patah semangat, Bela. Coba saja menyicil untuk menerapkan tips tetap kreatif a la Andien di saat situasi yang sedang tak menentu ini. Mungkin saja akan menjadi titik terang atau jalan keluar dari permasalahanmu.

IDN Media Channels

Latest from Working Life