Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sulit Cuti, 7 Profesi Ini Harus Tetap Bekerja di Malam Tahun Baru

Ternyata tidak semua pekerja bisa cuti di momen tahun baru..

Mariana Politton

Semua orang pasti mendambakan waktu istirahat atau setidaknya kebersamaan dengan orang-orang tercinta di malam pergantian tahun baru. Itu artinya, para pekerja profesional berhak untuk memperoleh cuti atau ijin tidak bekerja pada momen liburan tersebut.

Sayangnya, ada tugas-tugas penting yang tidak dapat ditinggalkan atau dibiarkan kosong begitu saja. Tujuannya tentu mengarah pada tatanan kehidupan sosial yang tetap terjaga dengan aman atau setidaknya memastikan kegiatan masyarakat tetap berjalan semestinya.

Ingin tahu profesi apa saja yang harus mengorbankan kesenangan pribadi di malam tahun baru. Di bawah ini, Popbela sudah merangkum setidaknya 7 profesi yang harus tetap bekerja di malam tahun baru. Wah, amiiin, berkat yang setimpal akan turun pada mereka!

1. Pramusaji

freepik.com/vecstock

Mungkinkah restoran akan tetap beroperasi hingga tengah malam? Pada kenyataannya, hal tersebut menjadi hal yang biasa di kehidupan perkotaan saat ini. Tidak heran, ada cukup banyak restoran yang menggelar acara khusus untuk malam pergantian tahun baru.

Dengan begitu, secara otomatis, jasa pramusaji menjadi sangat penting untuk memastikan layanan tetap berjalan lancar ketika para pengunjung menjalani momen pergantian tahun baru, tanpa terkecuali waiter, bartender, hingga juru masak restoran.

2. Sopir kendaraan publik dan swasta

Freepik.com/senivpetro

Pergantian tahun baru menghadirkan kegiatan yang sangat dinamis bagi penduduk di setiap kota. Mulai dari merayakan di rumah teman atau saudara, restoran, hingga menghadiri pagelaran musik di tempat tertentu; mobilitas tetap menjadi kunci utama.

Dampaknya, kendaraan publik dan swasta akan tetap beroperasi dalam periode waktu yang terbatas. Ini berarti profesi sopir memiliki peranan yang krusial untuk menfasilitasi mobilitas penduduk di malam tahun baru. Seolah sederhana, padahal sangat dibutuhkan!

3. Polisi

goodwin.edu

Keamanan adalah kebutuhan setiap penduduk yang tidak boleh dibatasi oleh ruang dan waktu, tanpa terkecuali malam tahun baru. Pada momen ini, kepadatan penduduk di ruang publik dan rumah yang kosong dapat menjadi target tindakan kejahatan.

Untuk mengantisipasi potensi risiko, profesi kepolisian pun tetap berjaga-jaga, memastikan keamanan dan ketertiban di seluruh area pada malam tahun baru. Tidak berhenti di situ, kantor polisi tetap siap melayani laporan warga dengan respons yang patut diapresiasi.

4. Pemadam kebakaran

Freepik.com/WangXiNa

Pergantian tahun baru selalu dihiasi oleh kembang api yang memukau, menciptakan momen yang penuh kegembiraan. Sayangnya, potensi risiko negatif dapat muncul apabila terjadi kelalaian yang dapat membahayakan keselamatan penduduk setempat.

Sebagai bentuk mitigasi bencana, pemerintah kota selalu siaga dengan menempatkan dinas pemadam kebakaran di markas sepanjang malam tahun baru. Tidak lupa, tim pemadam kebakaran lainnya melakukan patroli untuk mengawasi titik keramaian kota agar dapat bertindak lebih cepat jika ada masalah. Siap sedia, ya!

5. Satpam

theothershift.com

Selalu ada profesi yang berjasa di garda terdepan, terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di berbagai lingkungan, seperti komplek atau perumahan, perkantoran, dan area lingkungan sejenis lainnya. Perihal ini, satpam adalah profesi yang dimaksud.

Mereka tidak hanya menjalankan tugas untuk menjaga keamanan fisik, tetapi juga menciptakan rasa aman dan ketenangan bagi mereka yang berada di area sekitar. Bahkan jasa dan tugas satpam tersebut berlaku meski tidak ada yang menempati suatu tempat.

Itu artinya, ada atau tidaknya penduduk di perumahan dan perkantor kala menyambut pergantian tahun baru, satpam akan tetap terjaga untuk memastikan keamaan tempat.

6. Dokter dan perawat

anmj.org.au

Manusia mampu merencanakan, tetapi hari esok tetaplah misteri. Bahkan dalam antusiasme merayakan malam tahun baru, ketidakpastian akan senantiasa mengintai, seperti risiko sakit atau kecelakaan yang mengancam kesehatan fisik hingga nyawa.

Maka dari itu, peran petugas medis, mulai dari dokter hingga perawat, menjadi sangat penting. Jika posisi tersebut kosong pada malam tahun baru, risiko dampak negatif terhadap kesehatan publik pun akan meningkat dan menjadi permasalahan krusial.

7. Jurnalis

yellowbrick.co

Informasi adalah kebutuhan tak terputus bagi masyarakat yang melintasi batasan waktu. Dalam hal ini, profesi jurnalis-lah yang membentuk pilar utama sebagai penyampai informasi yang memberikan liputan akurat terkait peristiwa-peristiwa terkini.

Tanpa terkecuali persitiwa terkait perayaan malam tahun baru, masyarakat layak mendapat akses pada informasi penting yang mendukung keamaan hingga keselamatan masyarakat. Sebut saja, informasi lalu lintas, antisipasi kejahatan, dan sejenis lainnya. 

8. Social Media Specialist

unsplash.com/Noiseporn

Saru lagi pekerjaan yang mirip dengan jurnalis, adalah social media specialist. Meski sudah membuat jadwal penayangan konten media sosial, namun para spesialis ini tetap harus standby untuk menanti breaking news.

Wah, salut sekali dengan semua profesi yang tetap bekerja di malam tahun baru, ya! Pasti tidak mudah untuk mengorbankan kepentingan dan kesenangan pribadi untuk masyarakat. Itulah mengapa, kita semua wajib menghargai mereka yang bekerja, janji?

IDN Media Channels

Latest from Working Life