Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Profesi Unik di K-Drama, Dari Pembersih TKP hingga Direktur Suara

Ada yang bikin nangis, ada yang bikin ngeri

Mariana Politton

Drama Korea atau K-Drama memang hadir untuk menghibur mata setiap penontonnya. Namun, sadarkah kamu bahwa dalam waktu bersamaan, K-Drama mengedukasi penonton mengenai beragam aspek kehidupan? Salah satunya adalah profesi-profesi yang unik.

Sebut saja, profesi yang tugasnya membersihkan kamar atau ruangan seorang mendiang. Pernahkah kamu membayangkan bagaimana kehidupan dan perjuangan orang tersebut dalam melakukan pekerjaan tersebut? Kamu dapat mengintipnya lewat jendela K-Drama.

Tentu, terdapat beberapa profesi tak biasa lainnya yang ditampilkan dalam K-Drama. Penasaran apa saja dan dapatkah kamu memahami pesan moral yang sengaja dihadirkan untuk pelajaran hidupmu dan penonton lainnya? Check below!

1. Pembersih tempat kematian

Move to Heaven (2021) | IMDb: 9,1/10

Pemain: Lee Je Hoon, Tang Joon Sang, Hong Seung Hee

Seorang remaja bernama Geu-ru dikisahkan menderita autisme ringan sejak kecil. Meski begitu, ia tumbuh besar dalam kasih sayang seorang ayah. Dari ayahnya pula, Geu-ru belajar menggeluguti profesi yang dikenal dengan istilah penyedia jasa trauma cleaner yang dinamakan Move to Heaven.

Jasa tersebut spesifiknya menawarkan bantuan untuk membersihkan barang-barang dan harta benda orang yang telah meninggal. Tanpa terkecuali tempat kematian untuk orang meninggal atau keluarga yang berduka. Dari situ, penonton akan disuguhkan dengan beragam cerita yang sangat menyentuh hati.

Sebagian besar menyadari bahwa profesi yang dipertontonkan memanglah sebuah pekerjaan yang sangat mulia untuk kehidupan manusia.

2. Fansite master

Her Private Life (2019) | IMDb: 8,4/10

Pemain: Kim Jae Wook, Park Min Young, Jung Je Won

Seorang kurator galeri seni bernama Sung Deok Mi nyatanya menyimpan rahasia besar. Diam-diam, ia menggeluguti profesi lainnya ganda seorang fansite master atau penggemar yang sukarela mengikuti idolanya dan mengambil foto atau video terkait.

Untuk melakukannya, Sung Deok Mi harus memiliki perlengkapan berupaya kamera profesional dan kebutuhan lainnya. Ia pun harus kuat secara fisik dan mental untuk menerobos security dan berlari-larian mengejar idola tanpa tertangkap.

Dari sini, para penonton akan melihat sedikit perjuangan para penggemar yang menggeluguti profesi fansite master serta beberapa sisi positif yang dapat diambil.

3. Direktur suara

Another Miss Oh (2016) | IMDb: 8,3/10

Pemain: Seo Hyun Jin, Eric Mun, Jeon Hye Bin

Dalam proses pembuatan sebuah film maupun drama seri, kualitas suara turut menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Oleh karena itulah, profesi direktur suara yang digeluguti oleh Park Do Kyung tidak dapat dianggap remeh begitu saja.

Bekerja di sebuah perusahaan perfilman, Park Do Kyung harus berpikir keras agar suara dalam film maupun drama seri yang dihasilkannya dapat terdengar jelas dan lebih nyata. Tentu, beberapa tantangan kerap terjadi dan ia harus siap mengantisipasinya.

So, kamu pun akan belajar bahwa proses produksi film maupun drama seri yang biasa kamu tonton tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan keseriusan dan ketelitian agar setiap hasil produksi memberikan hiburan yang sempurna untukmu.

4. Profiler suara

Voice (2017) | IMDb: 7,7/10

Pemain: Jang Hyuk, Lee Ha Na, Kim Jae Wook, Yesung SUPER JUNIOR

Setiap negara menyediakan saluran panggilan darurat yang melibatkan seorang profiler suara sebagai penerima telepon. Nah, profesi tersebutlah yang digeluguti oleh seorang perempuan bernama Kang Kwon Joo setelah dirinya menimba ilmu di Amerika Serikat.

Dalam menjalani tugasnya, Kang Kwon Joo bertanggung jawab dalam menganalisa kondisi psikologis seseorang dari suara di telepon. Hebatnya, ia harus mampu melakukan secara cepat dan teliti karena jumlah panggilan per harinya dapat mencapai lebih dari 100 panggilan.

Dengan begitu, kamu pun belajar bahwa profesi sebagai seorang profiler bukanlah sekedar mengangkat telepon dan asal mendengarkan. Dibutuhkan keahlian khusus sekaligus kesabaran dalam menghadapi beragam karakter orang yang menelepon.

5. Sipir penjara

Prison Playbook (2017) | IMDb: 8,4/10

Pemain: Park Hae Soo, Jung Kyung Ho, Krystal Jung, Jung Woong In

Kamu tentu cukup familiar dengan pekerjaan seorang sipir penjara yang bertugas mengawasi gerak-gerik setiap narapidana. Tanggung jawab tersebut turut dipertontonkan melalui kehidupan seorang pri bernama Lee Joon Ho dalam Prison Playbook (2017).

Dikisahkan, Lee Joon Ho dihadapkan dengan shift malam yang tiada akhir serta dikelilingi oleh beberapa narapidana yang memiliki masalah hukum. Meski begitu, Lee Joon Ho mampu melihat sekaligus memperlakukan para pelaku kejahatan secara manusiawi.

Kamu pun belajar bahwa setiap profesi harus dilakukan dengan etika kerja yang mementingkan nilai-nilai kemanusiaan. Kira-kira, profesi mana yang paling menarik perhatianmu? Apakah kamu akan segera menyaksikan kelima K-Drama di atas?

IDN Media Channels

Latest from Working Life