Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Siap Bikin Tulisan Menarik, Ini 7 Tips Menulis Kreatif Saat Ini

Penting untuk kamu simak!

Evelyn Anggraini

Bela, apakah kamu gemar menulis dan ingin mengembangkan kemampuanmu? Di zaman sekarang, menulis tidak hanya menjadi kegiatan wajib layaknya di sekolah. Rupanya, bila kamu dapat menghasilkan karya tulis informatif sekaligus menarik, bisa saja kamu bakal memiliki penghasilan tambahan, lho!  Terlebih kalau kamu mengetahui konsep menulis kreatif. 

Saat ini, menulis kreatif tidak lagi bergantung pada media cetak. Kamu bisa membuat tulisan di berbagai platform, seperti situs laman Blogger, WordPress, hingga media sosial sekalipun. Jika kamu menyukai suatu topik, misalnya kecantikan, kamu bisa membuat tulisan berupa review produk perawatan maupun tips menjaga kesehatan kulit.

pexels.com/Judit Peter

Tidak hanya berbentuk berita maupun ulasan saja, tetapi kamu dapat membuat karangan bebas atau karya sastra lainnya. Nah, kalau kamu berniat untuk membuat tulisan pertamamu, kali ini Popbela berikan tips menulis kreatif yang bisa membantumu rutin dalam menghasilkan karya. 

1. Miliki ide penulisan kreatif

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Sebelum membuat karya tulismu, tentunya kamu harus menemukan idenya terlebih dahulu. Ide penulisan kreatif sebenarnya banyak sekali, baik dari lingkungan luar maupun dalam diri. Semua ini berasal dari setiap momen atau pengalaman yang pernah kamu rasakan selama hidupmu. Dari situlah, kamu perlu mengeksplor ide-ide tersebut dan mengembangkannya secara kreatif lewat tulisan yang menarik.

2. Pahami tren relevan dan kesukaan

pexels.com/Andrea Piacquadio

Tak perlu khawatir, segala hobi dan kegemaranmu bisa kamu tuangkan menjadi karya tulis yang menarik, lho! Kalau kamu memiliki hobi memasak, kamu bisa saja berbagi resep makanan atau tips-tips alternatif yang berkaitan. Mendengarkan musik lokal, barat, atau K-pop? Boleh banget kamu membuat ulasan mengenai lagu yang baru rilis, lirik dan fakta unik, atau bahkan pengalamanmu mengikuti festival musik.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah mengikuti perkembangan tren yang terjadi di sekitarmu. Dengan begitu, orang-orang mungkin bisa mengunjungi tulisanmu untuk mendapatkan informasi terkini.

3. Pilih tema yang baik

pexels.com/Suzy Hazelwood

Satu ide saja bisa dikembangkan menjadi beragam tema, namun tidak semuanya layak untuk dijadikan tulisan. Kamu perlu mempertimbangkan beberapa kriteria, seperti seberapa pentingnya, manfaatnya, unsur menarik, dampaknya, batasan cakupan, dan kedekatan penulis dengan informasi serta fakta yang ia butuhkan.

Oleh karena itu, kamu harus mengidentifikasi tema tersebut sehingga dapat menjadi bahan tulisan untuk karyamu.

4. Tentukan sudut pandang penulisan

pexels.com/lil artsy

Jika kamu sudah menyusun tema tulisan, kamu perlu menentukan sudut pandangnya (angle) dengan kreatif. Penentuan sudut pandang ini membuatmu menghasilkan karya baru dan berbeda dari hal lazim yang sering orang lain gunakan. Tentunya, kamu harus bisa menentukannya secara tepat dan efektif sehingga kamu konsisten menulisnya sampai selesai.

5. Gunakan platform menulis yang mudah

pexels.com/Pixabay

Saat ini sudah banyak platform menulis, mulai dari media sosial hingga situs laman layaknya media online. Beberapa contohnya yang seringkali orang-orang gunakan adalah Blogger, WordPress, Twitter, Facebook, dan sebagainya.

Akan tetapi, kalau kamu suka menulis sembari menambah penghasilan, kamu bisa bergabung sebagai community writer di berbagai media online ternama, lho! Salah satunya Popbela juga sempat memberikan kesempatan kepada Bela untuk menjadi community ataupun contributor writer.

6. Pelajari teknik penulisan SEO

pexels.com/Tobias Dziuba

SEO, atau singkatan dari Search Engine Optimization, adalah suatu proses untuk menempatkan situs pada posisi teratas, setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan target kata kunci tertentu. Hal ini memberikan peluang besar untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak.

Berkaitan dengan menulis kreatif, teknik SEO begitu penting untuk kamu terapkan agar orang-orang tertarik untuk membaca karyamu. Kamu bisa mempelajarinya melalui Youtube hingga media sosial. Bahkan, sekarang ini juga banyak kelas online yang menawarkan pelatihan khusus terkait pembelajaran SEO.

7. Wujudkan tulisan bagaikan karangan bunga

pexels.com/Pixabay

Karangan bunga memang terlihat indah dan awet, kan? Hubungannya dengan menulis kreatif adalah karya yang kamu buat itu mudah dipahami oleh pembaca dan berikan kesan mendalam. Selain itu, hasil tulisan kreatifmu haruslah aktual (timeless), ini artinya karyamu tidak lekang oleh waktu, meskipun dibaca setelah lama ditulis. 

Itulah tujuh tips menulis kreatif yang bisa kamu coba terapkan. Semoga semakin terinspirasi saat membuat karya tulismu. Tentunya dengan latihan menulis yang baik sehingga nantinya kamu dapat menghasilkan karya yang menarik. Yuk, kerahkan ide terbaikmu dan tuangkan dalam rangkaian kata yang indah!

IDN Media Channels

Latest from Working Life