Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Lebih Banyak Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Yuk, ketahui selengkapnya di sini!

Evelyn Anggraini

Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan jurusan yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif kepada pihak terlibat dengan tatap muka langsung ataupun menggunakan media perantara. Jurusan yang memiliki gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.) ini memiliki prospek pekerjaan yang luas, lho! Kamu bisa memilih berbagai bidang, mulai dari industri hiburan, media, hingga jurnalisitik.

Jika kamu tertarik dengan jurusan Ilmu Komunikasi, perlu kamu ketahui kalau nantinya akan mempelajari kemampuan menulis, berbicara di depan publik, bahkan menjadi pendengar yang baik. Setelah menguasai hal tersebut, maka kamu bisa menekuni beberapa pekerjaan yang Popbela rangkum kali ini. Apa saja, ya?

1. Penyiar/broadcaster

pexels.com/George Milton

Sebagai seorang penyiar, mereka bertugas untuk menyampaikan informasi kepada audiensnya. Selain itu, mereka juga dapat berperan sebagai penghibur dan teman dalam beraktivitas. Biasanya, penyiar bekerja di media radio sehingga mereka perlu memiliki wawasan luas terkait musik dan informasi terkini.

Selain harus menguasai komunikasi lisan, rupanya penyiar juga harus mampu menulis untuk menyusun dan merangkai informasi agar penyampaiannya efektif.

2. Humas/public relations

Pexels.com/Jopwell

Dalam sebuah organisasi maupun instansi, tentu ada yang namanya humas atau hubungan masyarakat. Di sini mereka berperan menjembatani informasi untuk pihak eksternal dan internal. Merekalah yang mengelola penyebaran informasi untuk kepentingan masyarakat. Hal ini perlu dilakukan agar citra positif suatu instansi akan selalu terjaga dengan baik.

3. Event planner

freepik.com, glints.com

Kalau kamu pernah memiliki pengalaman dalam kepanitiaan suatu acara, rasanya profesi ini cocok untukmu! Di sini, kamu akan membuat segala kepentingan dalam program atau event agar berjalan sesuai rencana. Mulai dari rancangan jadwal, memperhitungkan keperluan acara, hingga hal-hal terkecil sekalipun. Pekerjaan ini biasanya bernaung di bawah perusahaan berbasis event organizing (EO).

4. Pengajar ilmu komunikasi

pexels.com/fauxels

Dengan menjadi lulusan Ilmu Komunikasi, kamu bisa menjadi pengajar, lho! Tentunya kamu akan memberikan ilmu kepada para mahasiswa terkait bidang ilmu komunikasi, meliputi komunikasi organisasi, hubungan masyarakat, penyiaran radio dan televisi, hingga jurnalistik. Tetapi sebelumnya, kamu harus menguasai pengetahuannya lebih dalam agar calon mahasiswamu dapat memahami pembelajaran dengan baik.

5. Social media manager

melbournesocialco.com.au

Gemar bermain media sosial, Bela? Kamu bisa bekerja dengan memanfaatkan berbagai platform sebagai sarana komunikasi dan promosi suatu perusahaan. Tak hanya itu, di sini kamu juga akan menganalisis media sosial untuk mengetahui perkembangan interaksinya terhadap khalayak umum.

6. Reporter

pexels.com/cottonbro studio

Kalau kamu menggeluti dunia jurnalistik, inilah jawabannya. Reporter bertugas untuk melaporkan suatu peristiwa terkini melalui media massa untuk kepentingan publik. Selain harus piawai dalam komunikasi lisan, kamu juga perlu menguasai kemampuan menulis yang baik supaya masyarakat dapat memahami berita yang kamu sampaikan. Banyak perusahaan media massa membutuhkan reporter, terlebih untuk televisi dan media online.

7. Kreator konten

pexels.com/Ivan Samkov

Kreator konten sepertinya menjadi pekerjaan yang hits saat ini. Kalau kamu menyukai atau mendalami suatu topik, seperti pendidikan, kuliner, kecantikan, atau hanya sekadar menyebarkan vlog keseharian, kamu bisa membagikannya melalui berbagai platform. Misalnya, TikTok, Instagram, dan Youtube lebih sering digunakan oleh sejumlah content creator zaman sekarang. Namun, alangkah baiknya kamu memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, ya, agar tampil berbeda dari para kreator lainnya.

8. Editor

pexels.com/Thirdman

Seorang editor bertanggung jawab untuk merencanakan atau mengedit isi dari suatu bahan artikel atau tulisan yang akan terbit di suatu media. Selain tulisan artikel, mereka juga dapat memeriksa beberapa proposal maupun suatu draf. Tak hanya editor naskah, terdapat juga editor video yang bertugas membuat hasil video suatu kegiatan dengan hasil yang baik.

9. MC/master of ceremony

sparkz.com.sg

Menjadi seorang Master of Ceremony (MC) sudah pasti bagi para lulusan Ilmu Komunikasi. Baik acara formal ataupun informal, mereka dituntut untuk bawakan acara dengan kualitas gaya bicara dan interaksi terhadap audiens yang baik. Tak jarang, para MC juga memiliki keunikannya tersendiri dalam menghidupkan suasana acara. Tentunya, mereka harus memahami unsur-unsur komunikasi agar penyampaiannya maksimal.

10. Customer service

pexels.com/MART PRODUCTION

Kamu tipikal problem solver, Bela? Customer service atau layanan konsumen bisa kamu pilih, nih! Di sini, kamu berperan sebagai perwakilan suatu perusahaan atau produk dalam melayani para konsumennya. Tak hanya memiliki komunikasi yang baik, tapi juga memerlukan kesabaran yang tinggi lantaran tiap konsumen memiliki keluhan yang berbeda. Sikap positif begitu dibutuhkan agar suatu masalah pelanggan dapat diselesaikan dengan baik.

11. Content writer/ penulis konten

pexels.com/Vlada Karpovich

Penulis konten, atau saat ini terkenal dengan sebutan content writer, bertugas membuat segala materi yang menarik dan berkualitas untuk kebutuhan publikasi, terlebih di dunia maya. Ragam kontennya bisa dalam berupa artikel, blog, unggahan digital media sosial, dan sebagainya. Setiap jenis rencana kontennya memberikan tingkat kesulitan berbeda-beda kepada sang penulis dalam tanggung jawab pekerjaannya.

Itulah prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi. Apakah Bela tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Semoga kamu dapat mempertimbangkan lebih baik sebelum melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life