Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Makin Cuan! Ini 10 Ide Bisnis Menguntungkan di Bulan Ramadan

Cari rezeki lebih di bulan penuh berkah, yuk!

Evelyn Anggraini

Bulan Ramadan akhirnya sudah di depan mata, nih! Melakukan ibadah di bulan penuh kemuliaan ini rasanya memiliki keistimewaan sendiri, apalagi ganjarannya berkali lipat. Tak hanya itu, bulan puasa ini membuat kebiasaan berbelanja beberapa masyarakat mulai meningkat. Dari situasi ini, banyak juga yang memulai untuk membuka usaha dadakan.

Oleh karena itu, momen Ramadan bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Kapan lagi meraup keuntungan lebih di bulan suci ini? Nah, jika kamu masih bingung menentukan usaha apa yang ingin kamu buka, kali ini Popbela bagikan 10 ide bisnis menguntungkan di bulan Ramadan yang bisa kamu coba. Simaklah informasinya di bawah ini.

1. Katering makanan

www.foodline.sg

Di bulan Ramadan, sebagian orang ada yang tidak sempat atau bingung menyiapkan menu makanan. Memasak merupakan kegiatan yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga, apalagi setiap orang memiliki kesibukan yang tak bisa mereka lewatkan. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka bisnis katering.

Kamu bisa menyediakan beragam menu dan paket, mulai dari takjil, menu buka puasa ekonomis, dan menu sahur praktis. Sebelumnya, pastikan kamu melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan harga yang sesuai. Jangan lupa untuk mempromosikannya di media sosial, bisa juga dengan tawaran harga promo khusus agar jualanmu makin laris.

2. Takjil dan minuman segar

ANTARA FOTO/Fauzan

Takjil tentu menjadi incaran banyak orang selama Ramadan berlangsung. Makanan ringan jadi pilihan andalan lantaran mudah diterima oleh sistem pencernaan yang sempat kosong seharian. Meskipun sudah banyak penjual takjil, tidak ada salahnya kamu mencoba peluang bisnis ini.

Takjil yang disediakan bisa beragam, misalnya gorengan, bubur, kolak, es kelapa, es buah, dan sebagainya. Mau mencoba inovasi baru, seperti salad atau dessert box? Boleh saja, ya, Bela! Umumnya, berjualan takjil tidak membutuhkan modal besar, apalagi pembuatannya secara homemade. Lagipula, sekarang beragam resep kekinian mudah kamu temukan di internet, seperti beberapa artikel yang telah Popbela buat. Yuk, langsung cek saja!

3. Kurma

pexels.com/Konevi

Kurma masih begitu digandrungi umat muslim. Terdapat kebiasaan Nabi Muhammad SAW, yang menganjurkan kita untuk memakan kurma terlebih dahulu saat berbuka puasa. Memang, buah ini memiliki kandungan manfaat yang kaya nutrisi dan sebagai pengganti gula dalam tubuh.

Kalau kamu berniat untuk melakukan bisnis ini, kamu dapat menjualnya secara utuh, baik per tangkai ataupun per kemasan. Jika ingin usahamu terlihat bervariasi, kamu bisa mengolahnya menjadi produk makanan atau minuman berbuka.

4. Kue kering

academicindonesia.com

Walaupun Idul Fitri masih jauh, tidak ada salahnya kamu membuka bisnis kue kering dari jauh-jauh hari. Terlebih kamu bisa menyimpan bahan-bahan bakunya lebih dulu, sebelum harganya makin melunjak saat menjelang Lebaran. Biasanya, kue kering yang paling banyak diminati, yakni nastar atau putri salju. Kamu tentu bisa menawarkan hasil kue buatanmu ke kolega, tetangga, hingga keluarga.

5. Parsel Idulfitri

www.ajnn.net

Sama halnya dengan kue kering, kamu bisa membuat jasa pembuatan parsel Lebaran. Kamu juga dapat menentukan beberapa jenis parsel dengan isian berbeda, mulai dari kue kering, aneka snacks, maupun sembako (sembilan bahan pokok). Akan tetapi, sebelumnya kamu perlu membeli alat-alat untuk membuat parsel sebelum harganya naik, ya.

6. Ketupat

wikipedia.org

Menjelang Idulfitri, pastinya sudah tidak asing dengan menu satu ini. Menyantap makanan khas Lebaran, seperti opor ayam, rasanya kurang lengkap dengan ketupat. Modal yang kamu perlukan untuk membuat bisnis ini begitu terjangkau, namun kamu bisa menjualnya dengan harga dua kali lipat, tergantung dengan harga di pasaran.

7. Perlengkapan ibadah

kompas.com

Di bulan suci Ramadan, banyak orang mulai berbondong-bondong menjalankan ibadah mereka untuk mendapatkan pahala maksimal. Nah, pastinya melaksanakan ibadah tentu membutuhkan perlengkapannya juga. Mulai dari mukena, sajadah, kopiah, Alquran, tasbih, dan sebagainya. 

8. Pakaian muslim

www.parapuan.co

Menjual pakaian muslim juga banyak bermunculan selama bulan Ramadan. Baik laki-laki maupun perempuan, mereka tengah mencari baju yang tertutup dalam kesehariannya selama bulan puasa. Terlebih, permintaan masyarakat terhadap pakaian muslim makin meningkat saat menjelang bulan lebaran, lho! Kamu bisa memulainya dengan menjadi dropshipper atau reseller. Modal yang diperlukan pun kecil, bahkan tanpa mengeluarkannya sama sekali.

9. Jasa amplop custom

my-best.id

Tak perlu dipungkiri lagi, uang THR pasti menjadi incaran setiap orang saat lebaran tiba. Biasanya, beberapa orang memasukkan sejumlah uang ke dalam amplop khusus. Namun, agar terlihat menarik, kamu bisa menawarkan jasa amplop custom. Desainnya pun dapat bervariatif dan disesuaikan menurut keinginan klien. Misalnya, menambahkan nama penerima THR ataupun pesan personal pada amplop tersebut.

10. Jasa laundry

tide.com

Banyak orang mulai membersihkan seisi rumah mereka saat bulan Ramadan, contohnya mencuci gorden, seprai kasur, dan lain sebagainya. Hal ini bermaksud mengubah suasana rumah menjadi lebih baru dari sebelumnya, terlebih ketika Idul Fitri tiba. Terkadang, mereka yang sibuk bekerja di bulan puasa pun mengandalkan jasa laundry.

Oleh karena itu, kamu bisa menyediakan jasa laundry kiloan, mulai dari cuci kering, cuci dan setrika, ataupun setrika saja. Kalau kamu mampu, kamu bisa menawarkan jasa antar-jemput laundry pelanggan. Meskipun terasa memberatkan, bisnis ini lumayan menguntungkan. Setelah mendapatkan kepercayaan pelangganmu, kamu boleh memberlakukan paket khusus dengan diskon yang sesuai.

Itulah 10 ide bisnis menguntungkan di bulan Ramadan yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi usahamu. Manfaatkan momen penuh keberkahan ini dengan mencari rezeki lebih, tentunya dari usaha yang halal. Semangat merintis bisnismu, Bela!.

IDN Media Channels

Latest from Working Life