Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Artis K-Pop Terbaik di 2022, Adakah Favoritmu?

Ada BLACKPINK, ITZY, ENHYPEN, hingga Stray Kids

Evelyn Anggraini

Tahun ini, artis-artis K-pop telah melahirkan beragam musik dari berbagai genre, tentunya tak jarang beberapa di antaranya berhasil masuk ke dalam tangga lagu teratas. Begitu banyaknya jumlah perilisan membuat industri permusikan ini sukses memberikan pengaruh lebih, jika melihat dari bertambahnya total yang mendengarkan lagu tersebut.

Jika melihat dari Spotify Wrapped 2022, platform musik ini membuktikan beberapa lagu yang menjadi pilihan banyak pendengar lagu K-pop secara general. Tidak hanya dari artis yang telah memenangkan banyak penghargaan, tapi juga ada dari bibit muda yang masih meniti karier awalnya.

Melansir dari SportsKeeda, berikut ini dalam urutan mundur daftar 10 artis K-pop terbaik di 2022. Simak informasi selengkapnya berikut ini, ya!

10. (G)-IDLE

Situs danmee.jp

Setelah sukses besar dengan "Tomboy", (G)-IDLE kembali menggemparkan tangga lagu K-pop dengan "Nxde", dengan perilisan album EP terbaru mereka bertajuk I Love. Grup ini juga mengeluarkan sejumlah lagu hits lainnya, termasuk "My Bag". Bisa dikatakan bahwa 2022 menjadi tahun keberuntungan bagi (G)-IDLE, terlebih dengan rilisnya dua album yang sukses berada di posisi ke-10 di Spotify Wrapped.

9. Jungkook 'BTS'

Situs billboard.com

Berada di posisi ke sembilan, Jungkook menjadi solois pertama dalam daftar artis K-pop terbaik tahun ini. Hanya mengeluarkan dua single, ia berhasil mendapatkan penghargaan ini meskipun tanpa perilisan album. Terlebih lagi, lagunya yang berjudul "Stay Alive" dengan produsernya, Suga, berhasil membuatnya berada dalam peringkat tersebut.

8. ITZY

Situs thebiaslist.com

Salah satu girlgroup K-Pop generasi ke empat, yakni ITZY, menjadi artis ketiga yang masuk ke dalam daftar dengan beragam diskografi yang telah mereka keluarkan. Grup ini cukup aktif di tahun 2022, apalagi sempat merilis dua album dan sebuah single. Hampir semua lagu mereka menjadi viral di media sosial, single mereka yang rilis dengan bahasa Inggris, "Boys Like You", berhasil membuat mereka masuk ke dalam daftar ini.

7. ENHYPEN

Situs forbes.com

Umur debut-nya yang belum mencapai dua tahun, ENHYPEN terus menjadi perbincangan pencinta K-pop dengan lagu-lagunya yang catchy hingga membuat mereka masuk ke dalam daftar Artis K-pop Teerbaik 2022. Lagu utama dari album terakhir mereka, "Future Perfect (PASS THE MIC)", menjadi paling banyak disukai oleh para pendengar tahun ini di sepanjang keseluruhan diskografi mereka.

6. TOMORROW X TOGETHER

Sumber internet

Untuk menambah salah satu artis K-pop generasi ke empat dengan karya eksperimentalnya, Tomorrow X Together (TXT) masuk ke dalam daftar menempati posisi ke enam. Awalnya, boygroup ini terkenal dengan lagunya yang bersuasana ceria, namun mereka kembali dengan konsep baru yang berhasil kejutkan MOAs—sebutan penggemarnya—dari lagu "Good Boy Gone Bad". Lagu tersebut juga berhasil membuat mereka menoreh prestasi, seperti di antaranya masuk ke dalam tangga lagu teratas hingga penghargaan MAMA Awards 2022. 

5. SEVENTEEN

Situs cnalifestyle.channelnewsasia.com

SEVENTEEN kembali dengan full album studio ke empatnya bertajuk Face The Sun, tak luput dengan lagu utamanya yang berjudul "HOT" yang cukup populer di kalangan K-popers. Boygroup ini terkenal dengan berbagai lagu ikoniknya, seperti "VERY NICE", "Don't Wanna Cry", dan masih banyak lagi. Grup yang berjumlahkan tiga belas anggota itu berhasil masuk ke dalam daftar ini dalam posisi ke lima dengan lagu hits mereka, "HOT".

4. Stray Kids

Sumber internet

Terkenal sebagai boygroup K-pop yang memproduseri lagu sendiri, Stray Kids tetap menghadirkan lagu yang menggemparkan semenjak debut mereka. Populer dengan penggunaan genre musik yang noise, grup yang beranggotakan delapan personel tersebut berhasil masuk ke dalam daftar ini dengan sebuah lagu yang berbeda dari konsep awal mereka sebelumnya. Lagu "CASE 143" menjadi lagu pop pertama mengusung percintaan yang pernah mereka rilis. Lagu tersebut juga begitu diterima dengan baik oleh para penggemarnya dengan sebutan Stays.

3. TWICE

Situs thebiaslist.com

Selanjutnya, datang dari girlgroup K-pop besutan JYP Entertainment, yaitu TWICE. Grup ini telah memulai banyak karya eksperimental baru di beberapa belakangan tahun 2022. Mulai dari single berbahasa Inggris pertamanya, "The Feels", hingga album solo dari salah satu anggotanya, Nayeon bertajuk IM NAYEON. Meskipun mereka diterima baik oleh kalangan pencinta K-pop, salah satu lagu yang berhasil membuat mereka masuk ke dalam daftar ini adalah single terbaru mereka berjudul "Talk that Talk".

2. BLACKPINK

instagram.com/@blackpinkofficial

Lebih dari setahun semenjak comeback terakhirnya, BLACKPINK kembali gebrakkan tangga lagu K-pop teratas dengan perilisan album terbarunya bertajuk Born Pink. BLINKs—sapaan penggemarnya—begitu antusias mendengarkan seluruh lagu dari album studio kedua tersebut, hingga salah satunya yang berjudul"Typa Girl" berhasil membuat girlgroup dengan empat anggota ini masuk ke dalam daftar dengan menempati posisi kedua.

1. BTS

Sumber internet

Di posisi pertama, datang dari boygroup ternama yang beranggotakan tujuh personel, tak lain dan tak bukan ialah BTS, atau Bangtan Boys. Meskipun grup ini belum begitu aktif di tahun ini, ARMYs sebagai penggemar mereka terus antusias mendengarkan lagu-lagu mereka yang lain. Salah satu lagu yang berhasil membuat mereka masuk ke dalam daftar sebagai posisi pertama adalah "Permission to Dance".

Lagu tersebut diterima dengan sangat baik dan dicintai para ARMY, seakan berikan pesan bermakna untuk tetap beroptimis menghadapi hari-hari pandemi.

Tahun 2022 sebentar lagi akan berakhir, setidaknya banyak artis K-pop yang telah mengisi kehidupan penggemarnya dengan diskografinya yang beragam dan juga menarik. Dengan tahun 2023 yang semakin berada di depan mata, para pencinta K-pop sepertinya tidak sabar untuk mengantisipasi akan seperti apa keluaran terbaru dari beberapa artis di atas, atau mungkin di luar dari daftar ini.

Dari informasi tersebut, adakah artis K-pop favoritmu, Bela? Boleh tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life