Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Kelola Uang THR Agar Nggak Habis Secara Sia-Sia

Karena THR datang dan pergi sesuka hatinya ~

Dina Lathifa

Salah satu keceriaan yang paling dinanti menjelang Hari Raya Idul Fitri adalah menerima tunjangan hari raya atau biasa disebut dengan singkatan THR! Baik itu dari orang tua, saudara, maupun dari kantor tempat bekerja, uang tunjangan ini menjadi sebuah berkah yang membahagiakan. Bisa untuk beli baju lebaran, sepasang sepatu baru, menambah koleksi makeup, dan lainnya.

Namun seringkali uang THR ludes begitu saja tanpa terasa hasilnya, kemudian menimbulkan penyesalan dalam hati karena nggak berhasil menyimpannya sebagai tambahan tabungan. Hal seperti ini sering terjadi setiap kali menerima tunjangan tambahan, Bela? Mungkin kamu bisa mencoba cara mengelola THR agar tidak habis sia-sia berikut!

1. Menahan diri dari belanja berlebihan

dok.internet

Nggak masalah jika ingin menggunakan uang tunjangan untuk membeli baju lebaran atau membeli sesuatu yang kamu sudah incar sejak lama. Anggap saja itu sebagai hadiah untuk diri sendiri. Namun biasanya saat berbelanja, kamu justru menghabiskan semua uang di luar dari perkiraanmu. Untuk menghindari hal ini, penting untuk berlatih menahan nafsu berbelanja berlebihan. Coba untuk berfokus pada satu tujuan, untuk membeli baju baru misalnya, kemudian berhenti mengeluarkan uang ketika barang itu sudah kamu beli.

2. Membuat rencana keuangan

dok.internet

Sama seperti saat menerima gaji tiap bulan, kamu perlu menyiapkan rencana keuangan untuk pengelolaan THR-mu. Tuliskan hal-hal yang kamu ingin lakukan dengan uang tunjanganmu, kemudian susun berdasarkan prioritasnya. Jangan lupa menuliskan harga-harga dari barang yang ingin dibeli atau jasa yang ingin dibayarkan. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui besar nilai pengeluaran dan menyesuaikannya dengan nominal tunjangan. Jadi, istilah "Besar pasak daripada tiang" bisa dihindari!

3. Belanja hanya untuk kebutuhan mendesak

dok.internet

Dari perencanaan uang yang sudah dibuat, kamu dapat melihat hal-hal berdasarkan prioritasnya. Utamakan pembelian untuk kebutuhan yang mendesak, seperti sepatu baru menggantikan yang sudah rusak sebelumnya. Kemudian, pertimbangkan lagi kebutuhan lainnya yang dianggap memiliki prioritas rendah. Apa kamu yakin ingin membelinya? Apa kamu benar-benar membutuhkannya? Jika ada hal yang kurang dibutuhkan, kamu bisa menunda pembelian itu. Jangan sampai, uang THR-mu habis sebelum kamu bisa memenuhi kebutuhan utamamu terlebih dahulu.

4. Membeli emas atau investasi kecil

dok.internet

Selain menjadi perhiasan yang cantik, emas adalah salah satu bentuk investasi yang paling mudah dilakukan. Sebab suatu saat jika keadaanmu cukup mendesak, emas itu bisa kamu jual kembali. Praktis, bukan? Uang THR-mu tetap utuh, bedanya hanya berubah menjadi sebuah perhiasan yang menawan. Entah itu cincin, kalung, anting, entah satu set perhiasan lengkap. Selain emas, kamu juga bisa menggunakan uang THR untuk membeli investasi kecil jenis apapun.

5. Menabung langsung setelah menerimanya

dok.internet

Jika nggak ada kebutuhan mendesak yang ingin kamu penuhi, atau nggak ada barang yang ingin kamu beli, kamu bisa menyimpannya dalam tabungan. Baik itu dalam rekening bank atau celengan di rumah. Cara seperti ini paling efektif, terutama untuk kamu yang memang ingin menabung dan merencanakan sesuatu yang lebih besar di masa depan. Walau harus melewatkan diskon-diskon spesial, kamu percaya tujuanmu di masa depan lebih berharga. Uang THR-mu bisa menambah saldo tabunganmu.

Itulah cara mengelola uang THR agar tidak habis sia-sia. Sebelum telanjur menyesal karena uang THR habis terpakai sia-sia, pastikan kamu mencoba mengikuti tips ini. Seenggaknya, ini dapat menyelematkan uang tunjangan yang datang dan pergi dengan cepat.  

IDN Media Channels

Latest from Working Life