Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Semakin Produktif, Ini 7 Tips Menata Ruang Kerja untuk Kaum Introvert

Butuh ruangan yang tenang dan nyaman

Cynthia Claudia

Menata ulang ruang kerja bagi yang bekerja dari rumah merupakan sebuah tantangan. Terutama bagi kaum introvert yang mencintai ketenangan. 

Mereka yang memiliki kepribadian introvert bekerja lebih nyaman dan profuktif dalam suana yang tenang. Sehingga, dibutuhkan sebuah perencanaan yang tepat untuk menciptakan ruang kerja yang ideal bagi para introvert.

Berikut ini tela Popbela rangkum beberapa tips menata ulang ruangan kerja di rumah bagi para introvert.

1. Memilih ruang kerja tertutup

pexels.com/Polina Zimmerman

Pribadi introvert senang dengan ketenangan ketika bekerja. Mereka lebih produktif jika bekerja tanpa adanya gangguan dari luar, maka Bela sebaiknya memilih ruangan yang tertutup sebegai tempat kerja. 

Ruangan yang terutup menghadap ke kolam atau taman dengan pemandangan yang indah cocok sebagai ruangan kerja. Memandang pemandangan yang indah di taman ataupun kolam renang sangat memanjakan mata, sehingga bisa membuat relax ketika bekerja,

2. Menjauhkan alat elektronik

Dok. Laptophia

Ruang kerja yang tenang tanpa gangguan dari alat elektronik dapat meningkatkan produktivitas para introvert.  Hindari menempatkan kulkas maupun elektronik di ruang kerja, karena suaranya dapat menganggu rutinitas kerja.

Semakin tenang suasana ruangan kerjanya, maka kaum introvert akan lebih nyaman dan produktif ketika bekerja.

3. Memajang dekorasi

pexels.com/Lisa Fotios

Tips menata ruang kerja bagi para kaum introvert yang selanjutnya adalah memajang lukisan. Bela bisa memilih lukisan yang ditempatkan di dinding ruangan kerja agar terasa lebih personal. 

Selain lukisan, Bela juga bisa menempatkan pot tanaman atau foto pribadi. Susun agar semua dekorasi dipajang dengan rapi dan ruangan tetap terlihat minimalis. 

4. Menempatkan perabot di sudut ruang kerja

Unsplash.com/Mailchimp

Perabot yang disusun di sudut ruangan akan membuat pribadi introvert semakin nyaman bekerja. Jika perabotnya diletakkan menumpuk di sekitar area bekerjanya, maka sangat mengganggu karena seperti menunjukkan terdapat orang-orang yang berkerumun di sekitar mereka. 

Sehingga, Bela perlu menjauhkan perabot termasuk benda lainnya yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan karena bisa menganggu konsentrasi bekerja. 

5. Memilih dinding kaca di ruangan kerja

pexels.com/ Sindre Strom

Ruangan kerja yang memiliki dinding kaca juga bisa dijadikan ruangan kerja bagi kaum introvert. Ini memudahkan mereka yang bekerja untuk memperhatikan keadaan di luar ruangan tanpa merasa terganggu di dalam. 

Dinding kaca yang transparan ataupun meja kerja yang menghadap ke arah jendela ternyata dipercaya dapat menigkatkan kreativitas ketika bekerja. Dinding kaca juga membantu memberikan pencahayaan alami dari luar menuju ruangan kerja.

6. Memilih cat ruangan warna netral

interiordesign.id

Memilih cat ruangan yang tepat juga penting untuk menata ulang ruangan bagi kaum introvert. Warna cat yang direkomendasikan bagi kaum introvert adalah warna netral seperti abu-abu, putih, krem, ataupun gading agar suasana ruangan lebih tenang dan nyaman. 

Warna netral lebih dipilih karena warna yang cerah ternyata bisa mendistraksi pikiran sehingga mengganggu produktivitas kaum introvert ketika bekerja.

7. Menggunakan peredam suara

cormarcarpets.co.uk

Para introvert bekerja dengan lebih baik dalam keheningan, maka diperlukan pula barang yang mampu meredam suara. Contoh barang-barang yang bisa digunakan untuk meredam suara adalah karpet tebal, gorden panjang, atau bahan tekstil kedap suara yang bisa dilapiskan ke dinding.

Itulah daftar tips menata ruang kerja bagi kaum introvert, Bela. Selamat mencoba, semoga kamu berhasil dalam menata ulang ruangan kerja agar lebih nyaman!

IDN Media Channels

Latest from Working Life