Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Memerankan Detektif di 'All of Us Are Dead', Ini 8 Fakta Lee Kyu Hyung

Menerima julukan 'cameo king'

Cynthia Claudia

Bagi para pencinta drama Korea, mungkin tidak asing dengan wajah Lee Kyu Hyung. Sukses memerankan narapidana dengan kepribadian yang bisa berubah-ubah bernama Yoo Han yang atau Looney di Prison Playbook, lalu mendadak menjadi tokoh aparat serius di Stranger bersama Cho Seung woo dan Bae Doona, aktor 38 tahun tersebut dikenal sebagai aktor multitalenta yang mengambil peran beragam.

Namun bagi kamu yang baru melihat dirinya pertama kali di serial All of Us Are Dead , Lee Kyu Hyung, kembali mencuri perhatian melalui perannya sebagai seorang detektif bernama Song Jae Ik.

Ia berperan sebagai detektif yang memahami penyebab terjadinya wabah zombie dan bersikeras menyampaikannya kepada para petinggi. Berikut adalah fakta seputar latar belakang dan karier Lee Kyu Hyung yang dijuluki sebagai cameo king.

1. Merupakan lulusan jurusan teater

instagram.com/290_83

Bakat akting Lee Kyu Kyung berasal dari latar belakangnya yang merupakan lulusan jurusan teater. Kyu Hyung merupakan seorang mahasiswa lulusan Universitas Kyung Hee yang kemudian melanjutkan studinya di Universitas Dongguk. 

Ia memutuskan untuk melanjutkan studi ke Universitas Dongguk karena merupakan almamater dari aktor yang dikaguminya, Choi Min Sik. 

Selain itu, ia juga mendalami dunia teater dengan harapan dapat menggapai mimpinya sebagai seorang aktor di masa depan. Ketertarikan Lee Kyu Hyung dalam menjadi seorang aktor juga terinspirasi dari film Korea berjudul Shiri (1999)

2. Seseorang yang berbakat menyanyi

Lee Kyu Hyung dikenal sebagai sosok yang multitalenta karena memiliki latar belakang teater. Tidak hanya berbakat akting, ia juga berbakat menyanyi. Ia kerap dikenal sebagai aktor yang sering tampil dalam berbagai pertunjukan musikal. 

Suara emasnya ditunjukkan ketika dirinya diundang sebagai tamu di sebuah variety show tvN. Ia duet bernyanyi lagu yang dinyanyikannya di Prison Playbook dengan aktor Hospital Playlist Yoo Yeon Seok. Suaranya benar-benar jernih!

Lee Kyu Kyung juga memamerkan bakat menyanyi berbagai genre lagu di salah satu show berjudul I Live Alone. Di episode yang ke-355, ia terdengar menyanyikan lagu ballad dengan nada tinggi, lagu rap tahun 90an, hingga lagu trot

3. Debut sebagai peran pendukung dalam film Kick The Moon (2001)

Setelah lulus dari universitas, Kyu Hyung memulai debutnya di pertunjukan musikal dan beberapa film Korea, salah satunya debut sebagai peran pendukung dalam film Kick The Moon (2001). 

Pada tahun 2013, aktor kelahiran 29 November 1983 ini pertama kali muncul sebagai peran pendukung dalam film bersejarah The Face Reader, bersama bintang-bintang papan atas lainnya, termasuk Lee Jung Jae, Jo Jung Suk, dan Lee Jong Suk. 

Ia saat itu menerima panggilan telepon dari teman yang menawarinya menggantikan seorang aktor The Face Reader, yang berhalangan hadir di lokasi syuting film.

4. Popularitasnya mulai melambung ketika melakoni karakter kontroversial, Yoo Han Yang, dalam Prison Playbook (2017)

soompi.com

Prison Playbook merupakan drama dark comedy paling populer yang tidak hanya berhasil menarik perhatian penonton lokal namun juga internasional. Lee Kyu Hyung melakoni Yoo Han Yang/ Hae Rong, seorang lulusan farmasi Universitas Seoul yang harus masuk penjara karena menjadi pecandu narkoba.

Ia seperti berubah menjadi sosok yang berbeda ketika harus beradaptasi dengan penarikan narkoba di dalam penjara. Karakternya begitu ikonik karena sering melawak, mengubah suaranya menjadi lembur dan menganggu narapidana lainnya.

Meskipun sering bertengkar dengan rekan-rekannya, namun mereka kerap menunjukkan bromance yang mengharukan. Sehingga, membuat para penonton gemas dengan karakternya yang susah dilupakan pasca menontonnya.

Selain menampilkan sifat yang lucu, karakter Yoo Han Yang juga meningkatkan kesadaran homoseksualitas di kalangan masyarakat Korea. Pasalnya, Yoo Han Yangdikenal sebagai sosok yang sedang menjalin hubungan romantis dengan pria lain.

5. Dijuluki sebagai cameo king

instagram.com/290_83

Lee Kyu Hyung memang popularitasnya mulai melambung setelah memerankan Yoo Han Yang dalam Prison Playbook. Dirinya juga selalu memberikan kejutan ketika tampil sebagai cameo di berbagai drama-drama populer seperti Hospital Playlist Season 2 (2021), Happiness (2021), Racket Boys (2021), The Witch Diner (2021), Tale of the Nine Tailed (2020), hingga Goblin (2016). 

Meskipun perannya sebagai cameo cukup singkat, namun selalu berkesan menurut para penonton sehingga dijuluki sebagai cameo king, atau raja cameo. 

Ia juga memerankan karakter detektif Song Jae Ik di All of Us Are Dead, yang begitu gigih menyampaikan fakta di balik wabah zombie yang menyerang Hyosan kepada para petinggi. 

6. Telah melakoni karakter yang beragam di berbagai drama populer

instagram.com/tvndrama.official)

Entah itu berperan sebagai karakter antagonis atau protagonis, bakat Lee Kyu Hyung sebagai seorang aktor patut diacungi jempol. Dirinya benar-benar berbakat memerankan karakter yang beragam. 

Salah satunya memerankan karakter antagonis di Hwarang: The Poet Warrior Youth (2016). Kyu Hyung juga tampil dalam drama Life (2018) dengan Lee Dong Wook dan Doctor John (2019) dengan Ji Sung.

Namun, bagi Bela yang menyukai drama thriller, Bela bisa melihat sosok Lee Kyu Yung sebagai seorang pembunuh berantai yang menderita penyakit mental dalam Voice Season ke-4. Ia melakoni karakter Dong Bang Min yang membuat merinding karena mampu menunjukkan berbagai kerpibadian yang berbeda, sekaligus menyimpan rahasia sebagai seorang pembunuh berantai. 

Sosok Lee Kyu Hyung lainnya yang berbeda dan menyentuh hati juga bisa disaksikan melalui sebuah drama fantasi Hi Bye Mama (2020), yang berhasil mengaduk-ngaduk emosi penontonnya.

7. Memiliki saluran YouTube dan akun Instagram pribadi

Segera subscribe ke saluran YouTube Kyu Hyung bagi yang ingin mengenalnya lebih jauh, Bela. Melalui vlog-nya, ia membagikan cuplikan aktivitas kesehariannya ketika sedang tidak syuting atau tampil di panggung musikal. 

Dirinya juga kerap menghibur para penggemar melalui potret yang dibagikan melalui akun Instagram-nya. Mulai dari potretnya di belakang layar kaca, potret untuk keperluan promosi drama, iklan, potret riasan wajahnya yang sangat colorful di atas panggung, hingga selfie-nya yang candid. 

8. Tampil di berbagai pertunjukan musikal

Lee Kyu Hyung dinominasikan sebagai Aktor Pendukung Terbaik di Penghargaan Musikal Korea ke-3, untuk perannya sebagai D'Ysquith dalam pertunjukan musikal A Gentleman's Guide to Love and Murder (2018). Dirinya memerankan 9 anggota keluarga D'Ysquith yang berbeda, dengan penggunaan kostum yang berbeda sepanjang pertunjukan. 

Pada tahun 2019, Kyu Hyung tampil dalam pertunjukkan musikal Cyrano karya CJ Entertainment, bersama dengan aktor musikal Ryu Jung Han, Choi Jae Woong, dan Jo Hyung Gyun. Perannya menuai pujian karena mengalami peningkatan dari yang sebelumnya. 

Setelah memerankan Cyrano, dirinya juga kembali menuai pujian ketika memerankan karakter Hedwig dalam pertunjukan musikal rock Hedwig and Angry. Diikuti dengan perannya sebagai penulis Kim Hae Jin dalam pertunjukan musikal Fan Letter, pada November 2019.

Itulah fakta seputar latar belakang dan karier Lee Kyu Hyung, pemeran detektif Song Jae Ik dalam drama All of Us Are Dead. Ikuti terus drama-drama Korea yang diperankan Lee Kyu Hyung ya, dijamin nggak mengecewakan!

IDN Media Channels

Latest from Working Life