Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Jurusan Kuliah Terbaik dengan Prospek Kerja yang Menjanjikan

Pilihan terbagik bagi para calon mahasiswa

Cynthia Claudia

Kuliah merupakan jenjang pendidikan selanjutnya yang harus ditempuh setelah seorang siswa menamati Sekolah Menengah Atas (SMA).  Bagi kamu yang sudah mau kuliah, penting nih untuk memilih jurusan yang tepat karena keputusanmu akan memengaruhi perkembangan kariermu di masa depan.

Setiap dari kamu bisa memilih jurusan yang sesuai dengan minat sekaligus menjanjikan prospek kerja yang baik. Berikut ini adalah daftar jurusan kuliah terbaik di dunia dengan prospek kerja yang menjanjikan. Ada incaranmu, nggak?

1. Teknik

linkedin.com

Salah satu jurusan kuliah terbaik di dunia dengan prospek kerja yang menjanjikan adalah jurusan teknik. Menurut Top Universities, setiap tahun permintaan lulusan jurusan teknik terus meningkat karena kualifikasi seorang lulusan sarjana teknik sangat dibutuhkan. 

Mahasiswa teknik biasanya belajar membuat teknologi untuk membantu kehidupan manusia.Teknik mesin atau teknik elektro adalah contoh cabang keilmuan jurusan teknik yang bisa diambil.

2. Hukum

Freepik.com/KamranAydinov

Imu Hukum juga merupakan salah satu jurusan yang menjanjikan prospek kerja yang baik di masa depan, karena hukum menjadi lansadan bagi berbagai bidang. Seorang lulusan ilmu hukum bisa mengembangkan karier sebagai hakim, jaksa, atau pengacara.

3. Ilmu komputer

blog.tubikstudio.com

Mengambil jurusan ilmu komputer zaman sekarang sangat dibutuhkan karena kita memasuki era teknologi informasi. Menurut DemandSage, banyak perusahaan yang sudah mengandalkan AI untuk menjalankan kegiatan operasionalnya.

Jurusan ilmu komputer pada dasarnya terdiri dari banyak spesialiasi, contohnya data science, video game and multimedia, dan computer science.

4. Fashion

keytofashion.com

Fashion merupakan salah satu bidang yang menawarkan prospek kerja yang menjanjikan di masa depan. Namun, jurusan ini lebih populer ditawarkan di perguruan tinggi luar negeri dibandingkan di Indonesia.

Setelah lulus dari jurusan fashion, kamu bisa mengejar karier sebagai fashion designer, stylist, jurnalis fashion, manajer merk, hingga kritikus fashion.

5. Seni kreatif dan desain

shiksha.com

Jurusan kuliah terbaik selanjutnya dengan prospek kerja yang menjanjikan adalah seni kreatif atau design. Seni kreatif atau design akan selalu dibutuhkan perusahaan di dunia untuk menghasilkann media marketing yang dapat menjual dan menghasilkan pendapatan.

Bidang ini juga terdiri dari banyak spesialisasi, mulai dari interior design, industrial design, art, dan art administration.

6. Biomedicine

Pexels.com/Daan Stevens

Biomedicine merupakan salah satu bidang yang menggabungkan ilmu kedokteran (medis) dan teknik. Ketika lulus dari jurusan ini, kamu diharapkan dapat merancang alat-alat atau mesin yang  mempermudah dunia kedokteran dan meningkat produktivitas.

Pastinya banyak rumah sakit di dunia, pemerintahan, lembaga penelitian, hingga industri kedokteran sangat membutuhkan lulusan dari jurusan ini.

Itulah jurusan kuliah terbaik di dunia dengan prospek kerja yang menjajikan. Bagi kamu yang sudah mau kuliah, apakah kamu sudah memikirkan jurusan yang tepat?

IDN Media Channels

Latest from Working Life