Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Kesalahan Umum Ketika Membersihkan Rumah Menjelang Lebaran

Hindari memakai bahan kimia sebagai pembersih

Cynthia Claudia

Tidak terasa sebentar lagi kita akan segera merayakan Hari Lebaran, yang erat kaitannya dengan kumpul bersama keluarga besar.  Kita kerap mempersiapkan rumah senyaman mungkin agar siap menjamu para tamu di Hari Lebaran. 

Membersihkan rumah lantas menjadi salah satu hal yang harus dilakukan menjelang Hari Lebaran. Ketika kamu sering membersihkan rumah, mungkin kamu tidak menyadari telah melalukan kesalahan-kesalahan umum berikut. 

Ada baiknya kamu tidak mengulangi lagi kesalahannya, agar membersihkan rumah menjadi lebih maksimal menjelang Hari Lebaran.  Kita simak, yuk, apa saja kesalahan-kesalahan tersebut di bawah ini.

1. Membersihkan kaca jendela saat cuaca cerah

pexels.com/ Sindre Strom

Kesalahan pertama yang sering kita lakukan adalah membersihkan kaca jendela saat cuaca cerah. Menurut Good Housekeeping Institute, panas matahari yang terik justru meneybabkan cairan pembersih yang kita gunakan cepat kering. 

Sebaiknya, sebelum membersihkan kaca jendela, perhatikan cuacanya dan coba sentih permukaan kaca terlebih dahulu. Jika cuacanya lebih baik, diikuti dengan permukaan kacanya yang terasa lebih dingin, maka kamu boleh mulai membersihkannya. 

2. Membersihkan noda karpet dengan cairan pembersih

Pexels.com/ Rodrigo S.

Membersihkan noda karpet dengan cairan pembersih merupakan suatu kesalahan, karena malah akan membuat noda di karpet semakin menyebar. Kelembapan yang disebabkan oleh pembersih juga berpotensi ditumbuhi jamur, sehingga membuat karpet cepat rusak. 

Sebaiknya, gunakan air biasa yang dituangkan ke dalam botol semprot, untuk membersihkan noda karpet. Lap karpet setelah selesai menyemprot, lalu biarkan hingga mengering.

3. Tidak membersihkan sikat toilet

pexels.com/ Carolina G.

Hindari langsung menaruh sikat toilet pada wadahnya, tanpa dibersihkan setelah selesai dipakai. Ini akan membuat wadahnya semakin lembap, sehingga bakteri dan jamur berpotensi untuk berkembang biak di wadah sikat toilet.

Menurut Dirt Busters, sikat toilet sebaiknya dibersihkan dengan cara direndam dalam disinfektan selama beberapa jam, untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

4. Membersihkan rumah dari arah yang salah

pexels.com/ Carolina G.

Kesalahan membersihkan yang umum dilakukan adalah dari arah bawah ke atas, sehingga kotran dari bagian atas bisa jatuh ke bawah. Hindari membersihkan rumah dari arah yang salah seperti ini, karena kegiatan bersih-bersihnya jadi tidak maksimal. Sehingga, kamu harus mengulang membersihkan beberapa bagian yang sama, Bela. 

Ketika membersihkan perabot, contohnya, sebaiknya Bela mulai membersihkan dari arah atas ke bawah agar sisa kotorannya bisa jatuh ke bawah sehingga lebih mudah dibersihkan. 

5. Menumpuk peralatan makan sebelum dicuci

pexels.com/ Cottonbro

Menumpuk peralatan makan sebelum dicuci merupakan kesalahan yang paling sering terjadi. Seringkali ada bekas makanan yang menempel di peralatan makan, maka sebaiknya ini dibilias terlebih dahulu untuk memudahkan ketika kamu mencuci nantinya. 

Jika bekas-bekas makanan ini dibiarkan tanpa dibilas dalam jangka waktu yang lama, nantinya bisa mengeras sehingga menjadi susah dicuci.

6. Jarang membersihkan vacuum cleaner

freepik.com

Jarang membersihkan vacuum cleaner merupakan kesalahan paling umum yang dihadapi ibu rumah tangga. Pasalnya, kotoran yang menumpuk dalam vacuum cleaner akan membuat mesinnya tersumbat. 

Mesin yang tersumbat membuatnya jadi panas, sehingga motor dalam mesinnya menjadi cepat rusak. Untuk mencegah kerusakan motor, maka sebaiknya Bela sering membersihkan tabung vakum ketika sudah terisi setidaknya setengah penuh.

Selain tabung vakum, bagian dalam mesin vacuum cleaner juga harus dibongkar dan dibersihkan secara rutin. Bagian dalamnya bisa dibersihkan menggunakan kain mikrofiber yang dibasahi air dan sabun cuci piring. 

7. Mencampur cuka dan baking soda sebagai pembersih

pexels.com/ Cottonbro

Cuka dan baking soda sama-sama memiliki peran yang berbeda ketika digunakan sebagai pembersih. Penting untuk memahami perbedaannya agar penggunaannya bisa lebih maksimal. 

Cuka memiliki peran untuk membasmi kuman, sementara baking soda fungsinya untuk membersihkan kotoran. 

Gunakan kedua bahan ini secara bertahap, dimulai dengan sikat noda dii area tertentu menggunakan baking soda terlebih dahulu. Setelah selesai menggunakannya, baru semprot area tersebut dengan cuka untuk membasmi kuman.

8. Membersihkan perabot atau peralatan stainless steel dengan klorin

pexels.com/ Jonathan Borba

Bela mungkin mencari cara untuk membersihkan perabotan/peralatan yang terbuat dari stainless steel, agar mengkilap saat Hari Lebaran tiba. Namun, salah satu kesalahan umum yang sering terjadi adalah mengggunakan bahan kimia klorin. Ini pasalnya akan membuat permukaan stainless steel-nya cepat rusak. 

Melansir American Cleaning Institute, Bela hanya perlu menggunakan lap mikrofiber yang dibasahi dengan air hangat dan deterjen ringan untuk membersihkan perabotan/peralatan stainless steel.

Itulah deretan kesalahan umum yang sering terjadi ketika kita membersihkan rumah menjelang lebaran, Bela. Sebaiknya hindari membuat kesalahan-kesalahan tersebut ya agar rumahmu nggak semakin berantakan.

IDN Media Channels

Latest from Working Life