Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bisa Jadi Resolusi Baru, Ini 10 Cara Sederhana Menemukan Kebahagiaan

Lakukan perlahan dan jangan sampai menjadi beban, ya!

Popbela.com

Beberapa orang merasa sulit untuk merasa bahagia dan tidak tahu bagaimana cara menemukan kebahagiaan untuk dirinya. Kadang, orang melakukan sesuatu mati-matian agar dia merasakan kebahagiaan dalam hidupnya. Lalu, bagaimana cara menemukan kebahagiaan? 

Kebahagiaan adalah keadaan yang menggetarkan dan sulit dipahami. Para filsuf, teolog, psikolog, dan bahkan ekonom telah lama berusaha mendefinisikannya. Sejak tahun 1990-an, seluruh cabang psikologi telah didedikasikan untuk menjabarkan kebahagiaannya. Lebih dari sekadar suasana hati yang positif, kebahagiaan adalah keadaan sejahtera yang mencakup kehidupan yang baik, penuh makna, dan kepuasan yang mendalam.

Merasa gembira juga berhubungan dengan kesehatan. Banyak penelitian yang menunjukan bahwa kebahagian dapat meningkatkan kondisi fisik seseorang. Perasaan positif dan kepuasan bermanfaat bagi kesehatan jantung, sistem kekebalan tubuh, hingga tekanan darah. Kebahagian bahkan dikaitkan dengan umur yang lebih panjang serta kualitas hidup dan kesejahteraan yang lebih tinggi. 

Kebahagiaan mungkin telah bersama kamu selama ini—kamu mungkin belum meluangkan waktu untuk menyadari bahwa mendapatkan kebahagiaan sebenarnya jauh lebih mudah daripada yang pernah kamu yakini. Kamu mungkin tahu bila kebahagiaan itu bukan sekedar tentang mengendarai mobil terbaru atau memiliki gadget terbaru. Tapi, apa sebenarnya yang menyebabkan kebahagiaan? Simak bagaimana cara menemukan kebahagian di bawah ini.

1. Berada di sekitar orang yang membuatmu bahagia

Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Jika kamu ingin menemukan kebahagiaan cobalah berada di sekitar orang yang bahagia. Studi menunjukkan bahwa kita akan bahagia ketika kita berada di sekitar orang yang juga bahagia. Tetaplah bersama mereka yang bahagia agar kalian juga merasa bahagia.

2. Pertahankan nilai-nilai yang kamu yakini

Unsplash.com/Kelly Sikkema

Apa yang kamu anggap benar, apa yang kamu anggap adil, dan apa yang kamu yakini, semua itu adalah nilai-nilai yang kamu anut. Seiring waktu, semakin kamu menghormati nilai-nilai tersebut, semakin baik juga perasaan kamu tentang diri sendiri dan orang-orang yang kamu cintai.

3. Syukuri hal-hal kecil yang terjadi di sekitar kita

Unsplash.com/Amadeo Valar

Lihatlah hidupmu dan perhatikan apa yang sedang kamu kerjakan. Jangan menolaknya hanya karena itu tidak sempurna. Ketika hal-hal yang baik terjadi, bahkan hal yang kecil, terimalah semua hal baik tersebut. Syukuri hal baik yang kamu rasakan, maka Tuhan akan menambah kebahagiaanmu.

4. Bayangkan hal-hal terbaik dan apa yang ingin kamu dapatkan

Pexels.com/Andres Ayrton

Jangan takut untuk membayangkan apa yang kamu inginkan dan lihatlah dirimu saat mendapatkannya. Banyak orang yang menghindari proses ini karena mereka tidak ingin kecewa jika hal tersebut tidak berhasil. Bayangkan ketika kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan, itu adalah faktor terbesar untuk mencapainya.

5. Lakukan apapun yang kamu suka

Pexels.com/Alana Sousa

Mungkin kamu tidak bisa terjun payung setiap hari atau bahkan berlibur di setiap musim. Tetapi selama kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai, kamu akan menemukan kebahagiaan yang lebih besar. Mulai saat ini, jangan ragu dan menunda lagi untuk melakukan apapun yang membuatmu bahagia.

6. Berkontribusi di lingkungan sosial

Pexels.com/Julia M Cameron

Mereka yang percaya bahwa mereka berkontribusi untuk kesejahteraan umat manusia cenderung merasa lebih baik tentang kehidupan mereka. Kebanyakan orang ingin menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar, karena hal tersebut dapat mendatangkan kebahgiaan tersendiri bagi mereka.

7. Dengarkan kata hatimu

Pexels.com/Cottonbro

Hanya kamu yang tau apa yang kamu butuhkan. Jadilah cerdas dan pertahankan apa yang kamu punya saat ini. Jika kamu meragu dengan pilihan yang terbentang di depan mata, dengarkan kata hatimu dan ia akan menuntunmu ke pilihan yang terbaik.

8. Motivasi dirimu sendiri

Pexels.com/Anastasiya Lobanovskaya

Sangat mudah bagi orang lain untuk merasa bahagia atas pencapaian kamu, tetapi kenyataannya adalah itu semua adalah tanggung jawab kamu. Begitu kamu menyadarinya, kamu memiliki kekuatan untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan. Berhentilah menyalahkan orang lain atau dunia, dan kamu akan menemukan jawaban atas apa yang kamu inginkan.

9. Beradaptasi dengan perubahan yang ada

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Bahkan jika kamu tidak merasa baik, perubahan adalah salah satu hal yang bisa kamu andalkan. Perubahan akan terjadi, jadi buatlah rencana darurat dan persiapkan diri kamu secara emosional untuk pengalaman tersebut.

10. Bahagia untuk hal-hal sederhana di sekitar kita

Pexels.com/Oleg Magni

Mereka yang mencintaimu, kenangan yang berharga, lelucon konyol, hari yang hangat, dan malam yang berbintang. Hal ini merupakan hadiah sederhana yang bisa kamu nikmati.

Kebahagiaan dan kepuasan ada dalam genggaman kamu, tetapi terkadang terasa seperti di luar jangkauan. Memahami apa yang paling cocok untukmu adalah langkah pertama untuk menemukan kebahagiaanmu.

Hidup tak selalu berjalan sesuai dengan keinginan, karena itu lah ada kalanya kita merasa kecewa dan sedih. Tak hanya itu, setiap masalah yang datang juga turut membuat kita pusing mencari solusi. Namun dalam setiap kondisi sulit, mengingat momen-momen bahagia yang telah dilalui bisa menjadi sebuah pendorong untuk segera move on, lho.

MentalHealing.id adalah platform online yang ingin meningkatkan kesehatan mental di Indonesia dengan berbagai sarana dan pengembangan kontinu pada komunitas. MentalHealing.id menyediakan berbagai layanan, antara lain sebagai berikut:

  • layanan konseling dengan psikolog bersertifikat,
  • konten edukasi yang memberikan saran terhadap keresahan komunitas yang diaplikasikan dalam berbagai pilihan sosial media,
  • teman curhat melalui komunitas berlandaskan rasa kepedulian satu sama lain
  • mewadahi masyarakat untuk mengekspresikan emosi yang dimiliki,
  • webinar sebagai sarana peningkatan pengetahuan lebih luas kepada komunitas,
  • acara komunitas gratis seperti sharing dan meditasi.

Setelah membaca artikel cara sederhana menemukan kebahagiaan ini, apakah kamu siap menjadi pribadi yang lebih bahagia di tahun 2022?

Penulis: Rahma Salati Urfa (MentalHealing.id)

IDN Media Channels

Latest from Working Life