Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sejarah Menarik Emmy Awards, Penghargaan Bergengsi di Pertelevisian

Harga tiket Emmy Awards pertama hanya dikenakan US$5 saja

Natasha P.

Emmy Awards merupakan ajang penghargaan tahunan bergengsi yang diprakarsai oleh Academy of Television Arts and Science (ATAS) di Amerika Serikat. Setiap tahunnya, gelaran prestisius ini rutin menganugerahkan penghargaan terbaik kepada serial TV di seluruh dunia dengan berbagai kategori.

Sempat vakum pada tahun 2023 imbas protes dan unjuk rasa para penulis Hollywood, kini Emmy Awards ke-75 digelar pada 15 Januari 2024 di Te Peacock Theater di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Lantas itu, bagaimana Emmy Awards kini menjadi salah satu penghargaan paling bergengsi di industri hiburan? Coba selami sejarah Emmy Awards di bawah ini, ya.

Asal-usul penamaan Emmy Awards

Dok. Emmy Awards

Dari situs Britannica mengisahkan bahwa ada sejarah unik dari penamaan Emmy Awards. Bermula dari kata "Immy", julukan untuk tabung kamera televisi atau populer dengan orthicon. Nama "Immy" sendiri merupakan ide yang dicetuskan oleh Insinyur televisi perintis, Harry Lubcke. Ia berujar bahwa orthicon punya pengaruh besar dan berperan penting dalam pengembangan teknis televisi.

Tapi, ada juga ide lain yang tercetus saat menentukan branding dari penghargaan hiburan tersebut. Pendiri ATAS,  Sid Cassyd malah menyarankan kata “Ike" atau julukan tabung ikonoskop televisi sebagai penamaan gelaran satu ini.

Setelah mengadakan perundingan sengit, seluruh panitia Akademi Nasional Televisi Seni dan Sains pun sepakat menetapkan "Immy" sebagai cikal bakal nama resmi "Emmy Awards".

Dibuat lebih feminin sebagai "Emmy"

Dok. Emmy Awards

Kemudian, nama "Immy" dibuat lebih feminin sebagai "Emmy" untuk menyesuaikan dengan desain piala Emmy Awards. Rancangan trofi ini didesain oleh insinyur Louis McManus, ketika ia meminta istrinya, Dorothy sebagai muse untuk piala buatannya itu. Sebagai informasi, ATAS menolak 47 proposal sebelum menentukan desain McManus pada tahun 1948.

Pialanya sendiri berbentuk patung perempuan bersayap dan memegang lambing atom. Menurut Britanica, simbol penghargaan ini berisikan filosofi dalam dan kompleks, terlepas dari bentuknya yang estetik dan mewah. Sayap dalam patung ini mewakili inspirasi seni, sedangkan atom merupakan elektron sains.

Kemudian, sang muse yang mengangkat atom ke atas ini nenjadi simbol utama dari Academy of Television Arts and Science yang mendukung dan mengangkat seni dan sains.

Pagelaran Emmy Awards resmi digelar perdana pada 1949

Dok. Emmy Awards

Laman resmi Emmy Awards mengungkapkan bahwa acara penghargaan serial TV ini pertama kali diadakan pada 25 Januari 1949 di The Hollywood Athletic Club. Sedangkan penayangannya disiarkan di Amerika Serikat melalui stasiun TV lokal KTSL. Saat itu, penonton yang hadir dikenakan harga tiketnya sebesar US$5.

Academy of Television Arts and Science yang menaungi perhelatan ini sudah berdiri sejak 1946. Hanya ada enam kategori yang diberikan pada saat pagelaran ini tayang di layar televisi pertama kalinya.

Berikut adalah daftarnya:

  1. Most Outstanding Television Personality: Shirley Dinsdale dalam serial The Judy Splinters Show
  2. The Station Award for Outstanding Overall Achievement: KTLA (stasiun televisi komersial pertama di wilayah Mississippi, Amerika Serikat)
  3. Technical award: Insinyur Charles Mesak dari Don Lee Television berkat prestasinya dalam memperkenalkan teknologi TV camer
  4. The Best Film Made for Television: The Necklace (Sebuah serial pendek adaptasi cerpen milik Guy de Maupassant
  5. Most Popular Television Program: Pantomime Quiz
  6. Penghargaan Khusus untuk Louis McManus sebagai desainer patung Emmu Awards designing the statuette

Setiap tahunnya, seluruh anggota National Academy of Television Arts and Sciences memberikan suara dalam menentukan pemenang Emmy Awards kepada serial TV, aktor dan aktris terbaik. Diskusi penentuan ini bersifat rahasia dan internal, sehingga semua penilaian kepada pemenang bersifat objektif dan mutlak, tanpa campur tangan agenda politik atau pihak lain.

Tapi seiring berjalannya waktu, kategori-kategori lain secara bertahap pun ditambahkan setiap tahunnya, termasuk penambahan kategori serial komedi dan visual atau audio effect.

Linimasa perkembangan Emmy Awards

Yahoo.com

Untuk sampai di titik sekarang, ternyata ada perjalanan panjang panitia ATAS untuk memperkenalkan penghargaan ke Emmy Awards sebagai acara internasional kepada publik. Terlebih pada masa itu, pamor serial dan film televisi masih terbilang belum begtiu beken ketimbang film-film bioskop. Lantas itu, bagaimana perjalanan sejarah Emmy Awards?

Melansir dari Wikipedia, Informasi selengkapnya ada di bawah ini, ya!

  • 1950: ATAS memperluas Emmy sebagai acara nasional dan menjadikannya penghargaan untuk penayangan acara yang disiarkan secara nasional di siaran televisi Amerika
  • 1955: Barulah, Akademi Nasional Seni dan Sains Televisi (NATAS) pun dibangun di New York City sebagai organisasi persaudaraan untuk melayani anggota di Pantai Timur. Dari sini lah, NATAS membuka cabang regional di seluruh Amerika Serikat. Yang artinya, Emmy Awards diadakan secara lokal yang dikembangkan sendiri untuk pemrograman lokal. Di sisi lain, ATAS mengadakan upacara terpisah untuk menghormati pertunjukan yang ditayangkan secara lokal di daerah Los Angeles.
  • 1977: ATAS dan NATAS mengakhiri kerja sama karena berbagai konflik dan perbedaan pendapat. Meski demikian, kedua lembaga televisi ini pun berbagi kepemilikan patung dan merek dagang Emmy. Keduanya bertanggung jawab mengelola serangkaian acara penghargaan tertentu. NATAS terus mengelola Technology & Engineering Emmy Awards (Emmy Daytime). sedangkan ATAS memegang Primetime Engineering Emmy Awards yang terpisah.
  • 1980: Program kabel pertama kali memenuhi syarat untuk Emmy Primetime pada tahun 1988 oleh ATAS dan Emmy Daytime oleh NATAS pada tahun 1989.
  • 2011: Jaringan Televisi ABC membatalkan opera sabun All My Children dan One Life to Live. Alhasil, hak lisensi dua pertunjukan ini pun dijual kepada perusahaan produksi Prospect Park supaya bisa berlanjut di web televisi.‌
  • 2013: Untuk menghormati serial web-only (streaming) tersebut, NATAS pun menambahkan kategori baru tersebut dalam Emmy Daytime. Begitu juga dengan ATAS yang mulai menerima program televisi web-only pada tahun 2013.

Daftar nominasi Emmy Awards

Dok. Emmy Awards

Kategori yang dikompetisikan dalam penghargaan Emmy mencakup aspek tayangan seri televisi, seperti serial drama, serial komedi, miniserial, musik, dan komedi. Seperti dijelaskan di poin sebelumnya, Emmy Awards terbagi menjadi dua, yakni Daytime Emmy dan Primetime Emmy.

Perbedaan keduanya hanyalah dari waktu tayangnya, di mana Primetime Emmy digelar pada pertengahan September dan disiarkan secara mendunia di ABC, CBS, NBC, dan Fox networks. Sedangkan Daytime Emmy biasanya digelar pada bulan Juni setiap tahunnya.

Dari kategori serial drama dan komedi, daftar nominasi pun dipecah menjadi beberapa nominasi, yaitu serial terbaik, aktor/aktris utama, aktor/aktris pendukung, penghargaan untuk sutradara terbaik, produser terbaik, penulis naskah terbaik untuk masing-masing genre serial. Sedangkan untuk penghargaan dari segi teknis mencakup tata kostum, visual, audio effect.

Simak daftar nominasi yang dipertandingkan dalam Emmy Awards di bawah ini:

  1. ‌Serial Drama Terbaik (Outstanding Drama Series), - Serial Drama Terbaik (Outstanding Drama Series)
  2. Serial Komedi Terbaik (Outstanding Drama Comedy)
  3. Serial Mini Terbaik (Outstanding Limited Series) dan lainnya
  4. Aktor Utama Terbaik Serial Drama (Outstanding Lead Actor In A Drama Series)
  5. Aktris Utama Terbaik Serial Drama (Outstanding Lead Actor In A Drama Series)
  6. Sutradara Terbaik Serial Drama (Outstanding Directing For A Drama Series)‌
  7. Aktor Pendukung Terbaik Serial Drama (Outstanding Supporting Actor In A Drama)
  8. Aktris Pendukung Terbaik Serial Drama (Outstanding Supporting Actress In A Drama Series‌)
  9. Aktor Tamu Terbaik Serial Drama (Outstanding Guest Actor In A Drama Series)
  10. Aktris Tamu Terbaik Serial Drama (Outstanding Guest Actress In A Drama Series‌)
  11. Penulis Terbaik Serial Drama (Outstanding Writing For A Drama Series)
  12. Aktor Utama Terbaik Serial Komedi (Outstanding Lead Actor In A Comedy Series)
  13. Aktris Utama Terbaik Serial Komedi (Outstanding Actrees in A COmedy Series)
  14. Aktor Pendukung Terbaik Serial Komedi (Outstanding Supporting Actor In Comedy Series)
  15. Aktris Pendukung Terbaik Serial Komedi (Outstanding Supporting Actress In A Comedy Series)‌
  16. Aktor Tamu Terbaik Serial Komedi (Outstanding Guest Actor In A Drama)
  17. Aktris Tamu Terbaik Serial Drama (Outstanding Guest Actress In A Drama Series)‌
  18. Penulis Terbaik Serial Komedi (Outstanding Writing For A Comedy Series)‌Aktor Utama Terbaik Mini-serial, atau Film TV (Outstanding Lead Actor In A LImited Series, Movie, or Dramatic Special).
  19. Aktris Utama Terbaik Mini-serial atau Film TV (Outstanding Actrees in A Limited Series or Movie)
  20. Mini Seri Terbaik (Putstanding Limited Series)
  21. Film TV Terbaik (Outstanding Television Movie)‌
  22. Aktor Pendukung Terbaik Mini-serial atau Film TV (Outstanding Supporting Actor In A Limited Series or Movie)
  23. Aktris Pendukung Terbaik Mini-serial atau Film TV (Outstanding Supporting Actress In A Limited Drama Series or Movie
  24. Penulis Terbaik Mini-serial, Film, atau Drama Spesial (Outstanding Writing For A Limited Series, Movie, or Dramatic Special)
  25. Sutradara Terbaik Untuk Mini-serial, Film, atau Drama Spesial (Outstanding Directing Film For A Limited Series, Movie, or Dramatic Special)
  26. Talk Show Terbaik (Outstanding Variety Talk Series)
  27. Reality Competition Terbaik (Outstanding Reality Competition Program‌)
  28. Host Terbaik (Outstanding Reality Host)‌
  29. Outstanding Variety Sketch Series, Penulis Serial Variasi Terbaik (Outstanding Writing For A Variety Series)

Itu tadi sejarah Emmy Awards sebagai acara penghargaan serial Televisi internasional. Semoga informasi ini bisa memperluas wawasanmu, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life