Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Belinda Christina, Juara Pertama MasterChef Indonesia Season 11

Mimpinya adalah ingin mendirikan restoran sendiri

Natasha P.

Selamat kepada Belinda Christina yang keluar sebagai champion MasterChef Indonesia Season 11. Menggapai skor final 1867, puan cantik berusia 23 tahun ini menyalip Rizkisyah Putra Singarimbun atau Kiki yang hanya mendapat poin 1857. Ia pun berhasil memboyong pulang piala MasterChef Indonesia dan uang tunai sebesar Rp100 juta.

Tersiarnya pengumuman Belinda Christina sebagai pemenang MasterChef Indonesia Season 11, lantas membuat warganet penasaran akan profil asli perempuan kelahiran Surabaya ini. Terlebih sepak terjang Belinda dalam unjuk kemampuan masaknya selama di galeri MasterChef selalu menjadi sorot perhatian penonton.

Lahir di Surabaya

Instagram.com/belinda.mci11

Gadis berwajah oriental ini bernama asli Belinda Christina Sianto. Ia lahir pada 22 September 2000 di Surabaya, Jawa Timur. Meskipun lahir di Kota Pahlawan, Belinda justru menghabiskan masa kecilnya dan tumbuh besar di Malang. Ayahnya, Samuel Sianto adalah seorang pendeta di Gereja Bethany Yestoya Pusat Malang. Sedangkan ibunya bernama Ngirana Prima Wati.

Menempuh pendidikan di sekolah masak bergengsi

Instagram.com/belinda.mci11

Jurutama masak cantik ini dikenal lihai dalam menyajikan kuliner Asia dan kuliner Barat. Berbekal ilmu yang didapat selama menempuh studi di Le Cordon Bleu New Zealand, ia juga terampil dalam mengolah bahan makanan menjadi sebuah sajian fusion yang mengandalkan kreativitas serta autentik sebuah hidangan.

Sebagai informasi, Le Cordon Bleu merupakan sekolah kuliner dan perhotelan bergengs yang berpusat di Paris, Prancis. Dibentuk pada 1895, sasana pendidikan kuliner kini sudah mendirikan 35 sekolah di 20 negara di dunia.

Dengan tenaga pengajar yang ahli di bidang kuliner, Le Cordon Bleu telah mencetak banyak chef maupun praktisi kuliner ternama di dunia. Salah satunya yang terkenal dan punya karier brilian di dunia hiburan adalah Chef Renatta Moeloek dan Chef Rinrin Marinka.

Bercita-cita menjadi pengusaha kuliner

Instagram.com/belinda.mci11

Kecintaan Belinda terhadap dunia kuliner sudah dipupuknya sejak lama. Berhasil meraih gelar Diploma De Cuisine pada Maret 2019, dirinya mencoba peruntungan dengan mengikuti kompetisi MasterChef Indonesia season 11 dan berhasil keluar sebagai juara.

Semua jerih payah, usaha, dan ambisinya dalam dunia dapur panas ini didasari oleh mimpinya yang ingin menjadi seorang pengusaha restoran. Memegang teguh cita-citanya ini, membuat ia berjuang keras untuk berhasil mewujudkan untuk membuka restoran impiannya.

Ternyata Belinda juga pencinta hewan, lho!

Instagram.com/belinda.mci11

Selain cantik dan pintar masak, Belinda juga merupakan seorang penyayang hewan, Bela! Menelusuri akun Instagram pribadinya @belinda.mci11, terlihat Belinda kerap mengunggah momen kebersamaanya bersama anjing peliharaannya, Lorenzo. Jika ditilik dari tampilan fisik dan namanya, Lorenzo merupakan anjing jantan jenis Pomeranian.

Kedekatan Belinda dengan Lorenzo sudah dianggap seperti anak sendiri. Bahkan ia juga membagikan momen manis bersamanya, di mana ia mengunggah foto saat ia merayakan hari lahir Lorenzo di kediamannya, lengkap dengan kue dan dekorasi ulang tahun yang menggemaskan.

Si bungsu dari enam bersaudara

Instagram.com/belinda.mci11

Belinda adalah anak keenam dari pasangan Samuel Sianto dan Ngirana Prima Wati. Ia mempunyai kakak laki-laki bernama Yoel Octafian Sianto dan kakak perempuan bernama Yulia Evangelista Sianto. Sedangkan tiga orang kakaknya yang lain meninggal dunia sewaktu dirinya masih berusia belia.

Kakaknya aktif dalam pelayanan gereja

Instagram.com/belinda.mci11

Mengikuti jejak sang ayah yang seorang pendeta, membuat sang kakak, Yoel Sianto turut aktif dalam pelayanan gereja. Ia juga aktif sebagai pendeta muda dan mengantongi gelar Sarjana Teologi (S.Th). Dalam kesehariannya, Yoel telah memimpin khotbah Nasrani di beberapa sesi ibadah di Gereja Bethany Yestoya Malang. Tak hanya itu, ibadah tersebut bisa diikuti oleh penganut agama Kristen melalui kanal YouTube Bethany Yestoya Malang.

Hobi traveling

Instagram.com/belinda.mci11

Selain hobi memasak, dara bungsu dari enam bersaudara ini suka sekali menjelajah tempat-tempat baru yang menakjubkan. Terpantau dari Instagram @belinda.mci11, Belinda sering kali mengunggah foto travelingnya ke media sosial miliknya. Dalam unggahan tersebut, terlihat ia pernah mengunjungi The Great Pyramid-Mesir, Lake Tekapo-Selandia Baru, Jordania,Blue Mountains-Australia, dan terbaru Tasmania-Australia.

Juara MasterChef Indonesia Season 11

Instagram.com/belinda.mci11

Belinda mulai mengepak sayap di panggung MCI Season 11 dengan menyajikan Thai Duck Red Curry pada babak audisi yang berlangsung 26 November 2023. Saat mencicipi masakannya, ketiga juri yaitu Chef Renatta, Chef Arnold, dan Chef Juna pun terkesima akan pengetahuan Belinda dalam mengolah makanan autentik tersebut. Ia berhasil lolos ke tahap Boot Camp dan mendapat dua yes dari Chef Arnold dan Chef Juna.

Selama di galeri, Belinda berhasil memenangkan dua challenge individu dan tiga kali challenge tim. Prestasi gemilangnya itu mengantarnya masuk ke panggung grand final, di mana ia bersaing dengan Kiki untuk memperebutkan gelar pemenang kompetisi masak akbar itu.

Meski mempunyai rekor pressure test lebih banyak jika disandingkan dengan Kiki, hal ini tak menjadi halangan bagi Belinda. Justru, ia mampu mengamankan posisinya hingga ke tahap grand final dan menjadi pemenang. 

Itu tadi profil Belinda Christina, pemenang MasterChef Indonesia Season 11. Once again, Selamat atas kemenangannya, Belinda!

IDN Media Channels

Latest from Working Life