Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Aplikasi Tes Kecepatan Internet, Hindari Koneksi Lemot

Tak perlu risau internet lemot

Audia Natasha Putri

Pernakah kamu sedang asyik menonton streaming film, tiba-tiba harus terhenti lantaran buffering akibat kecepatan internet yang menurun? Tentu pengalaman tersebut sangatlah menyebalkan, apalagi jika film tersebut menampilkan adegan klimaks yang bikin gregetan.

Tetapi jangan khawatir, Bela! Kini ada aplikasi tes kecepatan internet yang dapat menginformasikan seberapa cepat koneksi internet atau Wi-Fi untuk mentrasfer data.

Aplikasi kecepatan internet juga bermanfaat bagi mereka yang berlangganan Wi-Fi dan mengetahui berapa biaya bulanan yang dikeluarkan berdasarkan dengan kecepatan internet yang mereka dapat.

Apa saja aplikasi kecepatan internet? Yuk, simak sampai habis!

1. Speedtest by Ookla

Androidauthority.com

Urutan pertama ada Speedtest by Ookla, aplikasi yang dapat menginformasikan kecepatan download, upload maupun ping kecepatan internet secara lengkap dengan pengalaman pengguna (UX) yang sederhana

Bagi kamu yang hobi nonton, aplikasi ini wajib kamu miliki. Uniknya, Speedtest by Okokla bisa mengetes untuk mengukur resolusi, waktu buka, dan buffering suatu streamin video dengan menunjukkan resolusi maksimal dengan memutar beberapa klip video.

Nantinya Speedtest by Ookla akan meminta akses lokasi di mana kamu berinternet. Aplikasi ini juga menyediakan layanan VPN gratis dengan limit 2GB per bulannya.

2. SpeedTest Master

Apkpure.com

Dengan fitur tes kecepatan dan kelebihan lainnya, kamu dapat mengetes ping suatu koneksi internet dan memeriksa stabilitas jaringan yang ada. Bahkan, kamu bisa mendeteksi perangkat yang menggunakan Wi-Fi milikmu tanpa izin, lho!

Kamu juga bisa mengetahui seberapa kuat sinyal internet di suatu daerah dan menemukan saluran yang tidak terlalu ramai untuk router Wi-Fi.

3. Meteor

Ghacks.net

Lanjut, ada Meteor yang dapat mengecek berbagai macam jaringan internet dengan baik, seperti Wi-Fi, jaringan 3G, 4G maupun 5G. Aplikasi ini memaparkan hasil dengan sangat cepat dalam hitungan detik dan sangat akurat.

Tak hanya kecepatan internet saja, kamu bisa menguji koneksi di berbagai aplikasi, seperti Spotify, YouTube, TikTok, Instagram, dan Zoom di aplikasi ini. Meteor juga dapat menampilkan detail lain seperti kecepatan upload dan ping

4. V-Speed

Carisinyal.com

V-Speed diunduh ekslusif sebagai aplikasi smartphone. Aplikasi ini sangat membantu bagi orang yang bekerja menggunakan smartphone, seperti penulis, social media admin, dan pemilik bisnis online shop. Dengan fitur User Interface yang modern, V-Speed sangat mudah dipakai dengan banyak pilihan opsi konfigurasi menarik yang bisa diatur.

Banyak fitur ditawarkan aplikasi ini, seperti mengetes kecepatan Wi-Fi dan alat pencari sinyal seluler, peta jangkauan jaringan seluler, opsi untuk memfilter dan mengurutkan hasil sebelumnya, dan kemampuan untuk memilih server pengujian default.

5. Cloudflare Test

Cloudfare.blog

Cloudfaremenampilkan hasil tes kecepatan internet, seperti kecepatan unggah, kecepatan unduh, latensi, dan jitter lewat grafik yang rinci. Aplikasi ini dapat melakukan berbagai pengujian kecepatan internet, bahkan hingga unggahan dan unduhan 100 KB/detik.

6. WIFI Router Master

Wifi Router Master

WIFI Router Master dirancang untuk menjadi solusi yang tepat untuk masalah kecepatan internet yang melambat pada Wi-Fi. Lewat aplikasi ini, kamu bisa mengetes kecepatan internet, mengetahui siapa saja yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi kamu dan mengecek kekuatan sinyal.

Sama seperti aplikasi pengecekan internet lainnya, kamu bisa mengakses riwayat pengecekan dan informasi dari jaringan atau internet koneksi kamu. Sayangnya, untuk menikmati aplikasi ini, kamu harus melewati iklan yang sering bermunculan.

7. Simple Speedcheck

Androidauthority.com

Desain interface yang sederhana dengan pengalaman pengguna yang ramah, Simple Speedcheck cocok buat kamu yang masih awam menggunakan aplikasi pengecekan internet.

Lewat aplikasi ini, kamu bisa mengecek kecepatan koneksi internet yang terhubung ke HP tanpa harus melewati banyak langkah yang dilengkapi fitur ping monitor. Fitur ini dapat memantau ping dan mengetahui jika ada masalah koneksi.

Selain itu, Simple Speedcheck juga memberikan beberapa tips untuk menjaga koneksimu tetap aman. Meskipun terdapat iklan ketika menggunakannya, kamu bisa menghilangkannya dengan upgrade ke versi premium.

Itulah deretan aplikasi pengecekan internet pilihan Popbela. Semua aplikasi di atas dapat kamu unduh melalui Google Playstore. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Working Life