Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Langkah Membersihkan Lemari Dapur agar Tampak Seperti Baru

Menggunakan alat dan bahan yang mudah ditemukan

Audia Natasha Putri

Dapur menjadi spot rumah yang rentan kotor, lantaran sering dimanfaatkan untuk memasak dan menyiapkan makanan. Karena itu, kita perlu membersihkan dapur secara berkala agar tetap bersih dan rapi.

Sayangnya, dari semua perabotan dapur, lemari atau kabinet paling sering terlewatkan. Padahal, kabinet yang kotor dapat memengaruhi kehigienisan peralatan dan bahan makanan yang disimpan didalamnya.

Karena itu, lemari dapur perlu dibersihkan dua hingga lima kali setahun, tergantung seberapa sering kamu memasak. Mengutip dari My Domaine, berikut cara membersihkan lemari dapur agar terlihat seperti baru. 

Alat yang perlu dipersiapkan dan langkah-langkah membersihkan lemari dapur

Unsplash.com/Kelly Sikema

Alat dan bahan

  • Kain lap atau kain mikrofiber
  • Kain lap bersih
  • Botol semprotan
  • Sabun cuci piring
  • Air hangat
  • Bubuk baking soda
  • Kuas scrub bulu lembut
  • Sikat gigi

Setelah mempersiapkan alat dan bahan, kini kita berlanjut untuk langkah-langkah pembersihan lemari dapur. 

1. Kosongkan lemari dapur

pexels.com/KevinMalik

Langkah pertama adalah mengosongkan barang-barang di lemari dapur terlebih dahulu. Selain memudahkan pembersihan, kamu bisa menyeleksi barang-barang di dalamnya, baik dari segi kualitas maupun kondisi barang.

Misal kamu menemukan bahan makanan yang sudah kadaluwarsa, kamu bisa segera membuangnya.

2. Membersihkan debu

Kedua, bersihkan debu di lemari dapur secara menyeluruh agar memudahkan proses pembersihan kabinet.

Kamu bisa membersihkannya menggunakan kain lap dari bagian atas lemari dan turun ke bawah. Jangan lupa membersihkan bagian dalam lemari dapur dan barang-barang yang di dalamnya.

3. Meracik larutan pembersih

Unsplash

Kamu bisa membuat larutan pembersih sendiri dengan mencampurkan beberapa tetes sabun cuci piring dan air hangat ke dalam botol semprot. Agar lemari beraroma lebih segar, kamu bisa menambahkan sari lemon.

Selanjutnya, semprotkan larutan pembersih ke lemari secara menyeluruh dengan kain bersih. Sedangkan pada lemari kayu keras, semprotkan pembersih terlebih dahulu pada kain mikrofiber, lalu seka pada lemari dapur sampai ke sudut terkecil.

Gunakan sedikit minyak siku untuk menggilas noda yang cukup membandel, misal kerak yang mengeras. Bersihkan lemari dari atas ke bawah lalu biarkan bagian dalam mengering sebelum menutup pintu lemari.

Setelah kering, mulai bersihkan bagian luar kabinet dapur dengan cara yang sama. Mulailah dengan bagian atas kabinet. Setelah selesai, bersihkan bagian bawah lemari dapur. 

4. Membersihkan noda minyak

Shutterstock

Aktivitas memasak juga dapat meninggalkan noda berminyak membandel di lemari dapur. Jenis noda ini cukup sulit untuk dibersihkan.

Karena itu, kamu perlu membuat pasta pembersih dengan campuran seperempat cangkir baking soda dan setengah cangkir air. Setelahnya, olesi pasta ke bagian yang berminyak dan diamkan selama lima menit. Gosok dengan lembut hingga tumpukan noda minyak terlepas dengan sendirinya. Bilas area tersebut dengan semprotan air lalu lap dengan kain hingga bersih.

5. Bersihkan sudut lemari dan trim

Terakhir, jangan lupa bersihkan sudut atau trim yang sempit pada lemari dapur yang sulit dijangkau sehingga perlu menggunakan trik khusus. Gunakan sikat gigi bekas yang diolesi pasta pembersih, lalu gosok lembut untuk menggerus kotoran dan debu yang menumpuk. Bilas dengan air sampai bersih.

6. Kembalikan barang-barang ke kabinet

Unsplash.com/Jared Ceborski

Setelah membersihkan lemari dapur, tentu meninggalkan debu atau kotoran berlebih di lantai. Karena itu, bersihkan dapur secara menyeluruh dengan mengelap meja, menyapu lantai dan mengepel hingga bersih.

Jika lemari dapur sudah kering, masukkan kembali barang-barang ke dalamnya. Terakhir, periksa kembali isi lemari dapur untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal.

Nah, itu langkah membersihkan lemari dapur yang kotor agar tampak seperti baru. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Working Life