Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Kosakata Korea Masuk Dalam KBBI! Terbaru ada Kosakata 'Oppa'

Hal ini karena tingginya animo masyarakat terhadap Korsel

Audia Natasha Putri

Demam K-Pop dan drama Korea yang cukup populer di masyarakat Indonesia ini membuat banyak masyarakat Indonesia seringkali menggunakan kosakata Bahasa Korea.

Mengutip akun Instagram Badan Bahasa Kemendikbud Ristek, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa memasukkan kosakata Bahasa Korea ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Masuknya kosakata Bahasa Korea ke dalam KBBI tentunya tidak lepas dari tingginya animo masyarakat Indonesia terhadap hasil budaya Korea.

Banyak masyarakat Indonesia terbiasa dengan kosakata Korea yang biasa ditemukan pada drama, reality show dan lagu. Bahkan, hidangan khas Korea pun mulai menjamur di Indonesia, serta penggunaan kosakata Korea di kehidupan sehari-hari, seperti mukbang dan panggilan 'oppa'.

Melansir kbbi.kemdikbud.go.id, berikut 11 kosakata Bahasa Korea dalam KBBI.

1. Oppa

Soompi.com

Kata "oppa" sering disebutkan oleh pecinta drakor yang merujuk ke laki-laki lebih tua. Dalam KBBI, "oppa" merupakan kata benda di Korea yang berarti panggilan dari perempuan kepada laki-laki lebih tua.

"Oppa" biasa digunakan bagi orang yang memiliki hubungan dekat atau sudah saling mengenal cukup lama (seperti kakak kandung, teman, atau kekasih).

2. Bingsu

Visit Korea

Bagi kamu pecinta drakor, pasti tak asing dengan bingsu, minuman es segar yang nikmat asal Korea Selatan. Menurut KBBI, "bingsu" adalah minuman berupa es yang diserut menyerupai salju dan diberikan tambahan gula, kacang tanah, buah, dan berbagai pugasan lain.

3. Bulgogi

Shutterstock

Kata "bulgogi" dalam KBBI merupakan makanan khas Korea berbahan dasar daging yang diolah dengan dipanggang atau digoreng dengan bumbu yang terdiri dari kecap, asin, gula, dan rempah lainnya.

Bulgogi cukup populer di Indonesia dan kini banyak restoran menyediakan menu hidangan dengan rasa bulgogi.

4. Bancan

New York Times

Kata "bancan" juga terdaftar di KBBI. Bancan merupakan makanan pendamping nasi khas Korea, dapat terbuat dari daging, ikan, sayur, dan lainnya, biasa disajikan dalam piring-piring kecil dengan porsi terbatas

5. Kimci

koreanbapsang.com

Kata "kimci" resmi terdaftar di KBBI. Sayuran fermentasi dengan cita rasa asam-pedas asal Korea Selatan ini biasa dimakan bersama nasi ataupun sebagai kudapan sehat.

Menurut KBBI, "kimci" merupakan kata benda yang berarti makanan khas Korea berupa acar pedas yang dibuat dari sayuran seperti kubis dan lobak yang digarami, dibumbui (dengan bawang putih, cabai merah, jahe, pasta ikan teri, dan sebagainya), kemudian difermentasikan.

6. Mandu

Pixabay

Mandu merupakan kudapan khas Korea Selatan yang menyerupa pangsit. Mandu kerap muncul di drakor. Dalam KBBI, kata "mandu" bermakna pangsit khas Korea, biasanya menggunakan tofu sebagai isian.

7. Bibimbap

sbs.com.au

Selain bulgogi, "bibimbap" juga cukup populer di Indonesia. Bagi kamu pecinta drakor, pasti sering melihat aktor dan aktris dalam drama menikmati bibimbap.

Di KBBI, "bibimbap" bermakna makanan khas Korea berupa nasi, daging, sayuran, dan sebagainya serta bumbu yang dimakan dengan mencampurkan semua bahan tersebut, dapat dilengkapi telur mentah atau matang.

8. Manhwa

The Pop Times

Manhwa adalah istilah dalam bahasa Korea untuk menyebut komik. Beberapa manhwa cukup populer di Indonesia seperti True Beauty, Tower of God dan Solo Leveling. KBBI juga mengartikan kata ini sebagai komik khas Korea. 

9. Hanbok

Civitatis

Menurut KBBI, hanbok merupakan pakaian tradisional Korea terdiri atasan berlengan panjang menyerupai jaket berkerah V yang diikat pita dan dipadukan dengan rok panjang berpinggang tinggi. Hanbok memiliki potongan lebar di bagian bawah bagi perempuan dengan celana longgar panjang bagi pria.

Biasanya hanbok digunakan pada acara formal seperti pernikahan dan upacara kematian atau hari peringatan nasional.

10. Mokbang

Koreaboo

Di era digital ini, banyak content creator semakin kreatif dalam menarik penonton dan memperoleh popularitas. Salah satunya mokbang, yaitu makan dalam porsi besar secara live atau dalam bentuk video. Salah satu konten kreator mokbang asal Korea yang populer adalah Eat With Boki.

Di KBBI, mokbang ialah siaran langsung atau video yang mempertontonkan orang memakan banyak makanan untuk hiburan, biasanya disiarkan secara daring.

Itulah 11 kosakata Korea yang masuk ke dalam KBBI. Sudah rahasia umum Indonesia menjadi salah satu negara dengan penggemar K-Pop terbesar di dunia. Menarik ya, Bela

11. Gocujang

asianfoodnetwork.com

Bagi kamu pecinta makanan Korea, pasti tak asing dengan pasta cabai asal Korea ini. Gocujang biasa disajikan sebagai bumbu dalam hidangan pedas Korea dan banyak dijual di supermarket hampir di seluruh Indonesia.

Dalam KBBI, "gocujang" berarti pasta cabai yang terbuat dari bubuk cabai, tepung beras ketan, tepung kedelai yang difermentasi, dan garam yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam masakan Korea.

Itulah 11 kosakata Korea yang masuk ke dalam KBBI.  Sudah rahasia umum Indonesia menjadi salah satu negara dengan penggemar K-Pop terbesar di dunia. Menarik ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life