Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tetap Hit, 10 Drama Korea yang Pemeran Utamanya Digantikan

Penyebab digantikannya banyak faktor, nih!

Ajenk Rama

Pemeran utama dalam sebuah drama Korea memiliki peran penting terkait alur cerita. Makanya, tim produksi berhati-hati untuk memilih dan menetapkan pemeran utama dari drama yang diproduksinya. 

Apalagi, pemeran utama menjadi center yang membuat penonton tertarik untuk menonton drama. Tidak semua pemeran utama drama Korea memainkan karakternya sampai selesai, ada pula yang posisinya digantikan oleh artis lain karena banyak faktor. 

Meski pemeran utamanya tergantikan, sejumlah drama Korea ini tetap hit dan menarik minat penonton. Ada apa saja? Yuk, intip daftarnya di bawah ini.

1. Alchemy of Souls

Hancinema.net

Masih hangat di benak penggemar, drama Korea bergenre saeguk yang diperankan oleh Lee Jae Wook dan Hwang Minhyun baru saja tamat dan mengalami perubahan pemeran utama, dari musim pertama ke musim kedua. 

Di musim pertama, peran Nak Soo dilakoni oleh Jung Soo Min. Namun di musim kedua, peran tersebut digantikan oleh sosok Go Yoon Jung yang menjadi Mu Deok-i. Walau banyak kritikan dari warganet, namun jalan cerita masih bisa dipahami tanpa mematahkan karakter. Hasilnya, Alchemy of Souls yang tayang selama dua musim berhasil membuat betah penonton dan melesatkan nama Go Yoon Jung di dunia seni peran. 

2. Arthdal Chronicles

Hancinema.net

Masih dari drama besutan tvN, Arthdal Chronicles juga mengalami perubahan pemeran utama di musim kedua. Tentu, kamu mengingat di musim pertamanya, Soo Joong Ki dan Kim Ji Won menjadi sosok yang dielu-elukan karena chemistry mereka sebagai pemeran utama. 

Hanya saja, kedua nama besar itu tidak kembali memainkan karakter Eun Seom dan Tan Ya. Sosok tersebut digantikan oleh Lee Joon Gi dan Shin Se Kyung. Mereka juga telah melakukan sesi pembacaan naskah untuk Arthdal Chronicles season 2. 

Berdasarkan penuturan tim produksi, perubahan kedua pemeran utama itu karena musim kedua menampilkan garis waktu yang berbeda dan mengharuskan para pemeran menua.

3. Return

Kdramalove.com

Berbeda dari dua drama sebelumnya, pergantian pemeran utama di drama Korea, Return lebih karena konflik internal. Awalnya, rumor yang beredar Go Hyun Jung diganti karena masalah kesehatan. 

Tetapi, aktris yang berperan sebagai pengacara bernama Choi Ja Hye, terlibat konflik dengan sang sutradara, Joo Dong Min. Aktris tersebut meributkan minimnya jatah dirinya muncul di setiap adegan dan sejumlah masalah terkait alur cerita.

Hingga akhirnya, Go Hyun Jung memilih mundur dari perannya dan tim produksi berusaha melanjutkan drama Korea, Return hingga selesai dengan pemeran utama diganti. Sosok penggantik Hyung Jung adalah Park Jin Hee. 

Peralihan pemeran utama tidak membuat Return ditinggalkan penonton, malah drama ini tetap hit. Jin Hee, sang pemeran utama sempat meraih nominasi untuk perannya. 

4. River Where the Moon Rises

Hancinema.net

Drama yang menggandeng Kim So Hyun dan Ji Soo ini harus terkendala pemeran utama, karena Ji Soo terlibat kontroversi yang cukup viral saat itu. Ketika kasus tersebut meledak, tim produki drama Korea, River When the Moon Rises harus menunda proses syuting dan mengambil keputusan genting terkait posisi karakter On Dal. 

Tak lama setelah itu, tim produksi memutuskan untuk mengganti Ji Soo. Padahal, mereka telah melakukan proses syuting hingga 18 episode untuk 20 episode dan Na In Woo jadi sosok yang menggantikan Ji Soo. 

Kerja keras Na In Woo untuk memerankan On Dal panen pujian dari berbagai kalangan, karena ia berusaha memberikan yang terbaik di perannya itu hingga tamat. 

5. Blow Breeze

Channel-Korea.com

Di drama Korea, Blow Breeze, salah satu pemeran utamanya juga harus digantikan karena mengalami masalah kesehatan. Saat syuting, Oh Ji Eun yang melakoni peran Park Shin Ae sempat mengalami sobek ligamen di pergelangan kakinya. 

Ia disarankan untuk tidak beraktivitas selama 8 pekan, namun Ji Eun memaksakan diri buat syuting. Mirisnya, hal tersebut malah memperburuk kondisi kesehatannya dan harus menjalani operasi. 

Lantaran itu, karakter Shin Ae diambil alih oleh aktris Im Soo Hyang yang memulai proses syuting dari episode ke-13 hingga ke-53. 

6. Delayed Justice

Hancinema.net

Tayang sekitar 2020 lalu, Delayed Justice menggaet sejumlah artis ternama Korea Selatan seperti Kwong Sang Woo, Bae Seong Woo, hingga Kim Ju Hyeon. Namun, Bae Sang Woo yang memerankan karakter utama, Park Sam Soo terpaksa dikeluarkan karena kasus DUI. 

Kala itu, drama tersebut telah tayang sebanyak 12 episode dan sang aktor menyelesaikan proses syuting hingga 16 episode dari 20 episode yang dijadwalkan. Demi mengurangi pandangan negatif dari publik, tim produksi memutuskan bagian Bae Seong Woo diedit sedemikian rupa dari episode ke-13.

Lalu di episode ke-17, sosok Park Sam Soo digantikan oleh aktor kawakan, Jung Woo Sung karena karakter tersebut penting terkait alur cerita. Jung Woo Sung memerankan sosok Park Sam Soo sampai tamat. 

7. Taxi Driver

Hancinema.net

Kasus perundungan tidak hanya menimpa aktor Ji Soo, tetapi juga Lee Na Eun alias Na Eun 'APRIL' yang sempat didapuk menjadi pemeran utama di drama Korea, Taxi Driver bersama Lee Je Hoon.

Kala itu, Na Eun seharusnya melakoni Go Eun, sosok perempuan hacker. Namun, kasus perundungan membuat tim produksi tidak ingin mengambil risiko lebih jauh. Sehingga, posisi utama Na Eun digantikan oleh Pyo Ye Jin dan melakukan proses syuting ulang. 

8. Joseon Survival

Hancinema.net

Drama Korea bergenre time travel dibintangi oleh Kang Ji Hwan sebagai Han Jung Rok, sosok karakter utama di Joseon Survival. Namun, kontroversi pelecehan seksual yang mengaitkan dirinya membuat sang aktor didepak oleh tim produksi drama.

Tanpa menunggu lama, peran Han Jung Rok yang merupakan mantan atlet pemanah ternama digantikan oleh Seo Ji Seok. Meski ada perubahan pemain, Joseon Survival tetap menjadi drama yang digemari oleh penonton. 

9. Cross

Koreaherald.com

Masih sama dengan kasus Kang Ji Hwan, drama Korea yang mendapuk Go Kyung Pyo juga pernah terkena imbas terkait pergantian pemeran utama. Salah satu pemeran utama yang digantikan adalah Cho Jae Hyun. 

Dalam drama Korea tersebut, Cho Jae Hyun berperan sebagai Go Jung Hoon. Saat isu panas itu mencuat ke permukaan, tim produksi memutar otak buat meminimalkan karakter Go Jung Hoon muncul di layar kaca, dan sang aktor memutuskan untuk keluar dari drama yang dibintanginya itu. 

10. You Are Too Much

Soompi.com

Terakhir, ada drama Korea yang sempat dibintangi oleh Goo Hye Sun berjudul You're Too Much. Ia terpilih memainkan sosok Jung Hae Dang, namun Hye Sun mengalami alergi parah saat menjalani proses syuting. 

Saat dilarikan ke IGD demi mendapat penanganan, dokter menyatakan jika sang aktris mengalami gangguan pencernaan dan membutuhkan istirahat. Akhirnya, agensi membuat pengumuman jika Goo Hye Sun mundur dari perannya tersebut. 

Tim produksi segera mencari pengganti Goo Hye Sun dan Jang Hee Jin dipercaya untuk melakoni peran yang sebelumnya dimainkan oleh sang aktris Boys Before Flower itu. 

Meski pemeran utama digantikan, namun drama Korea ini tetap melejit dan disukai oleh penonton di masanya, lho. Ada yang pernah kamu tonton dramanya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life