Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Terlibat Isu Bullying, Ini Hasil Investigasi Soojin eks '(G)I-DLE'

Akankah penggemar bisa bernafas lega?

Ajenk Rama

Pertengahan Februari tahun lalu, publik dikejutkan dengan sejumlah rumor bullying yang menimpa beberapa idol K-Pop termasuk Soojin eks '(G)I-DLE'. Sebagai informasi, saat itu seorang warganet menuding Soojin eks '(G)I-DLE' telah melakukan perundungan terhadap adiknya. 

Tak sampai di situ, Soojin eks '(G)I-DLE' juga dituduh mencuri seragam sekolah orang lain, memeras uang, dan beberapa tindakan kurang terpuji lainnya. Agensi Soojin membantah bahwa artisnya pernah melakukan bullying

Selang enam bulan, Soojin eks '(G)I-DLE' memutuskan keluar dari grup dan kabar tersebut tidak disambut baik penggemar. Setahun berlalu, Soojin eks '(G)I-DLE' melalui perwakilan hukum memberi kabar hasil investigasi isu bullying dirinya. 

Bagaimana hasilnya? Apakah Soojin dinyatakan bersalah atas tuduhan bullying? Mengutip Allkpop, berikut hasil investigasi Soojin eks '(G)I-DLE'. 

Mengakui sejumlah kesalahan di masa lalu

Allkpop.com

Pada 8 September 2022, perwakilan hukum bernama Choi Seung Hwan dari firma Barun Law LLC, Seoul, Korea Selatan merilis pernyataan resmi mengenai hasil gugatan Soojin eks '(G)I-DLE'. 

"Awal tahun lalu, salah satu anggota keluarga mantan teman sekelas Nona Seo (Soojin eks '(G)I-DLE') dari sekolah menengah mengungkapkan bahwa ia diduga melakukan bullying teman sekelasnya. Mengenai tuduhan tersebut, Bu Seo menanggapi dengan mengatakan jika dirinya tidak melakukan hal tersebut, tetapi ia tetap mengaku pernah menggunakan kata-kata tidak sopan saat berdebat dengan mantan teman sekelasnya," tulis perwakilan hukum Barun Law LLC. 

Dalam pernyataan resmi tersebut, Soojin eks '(G)I-DLE' meminta maaf atas ucapannya yang gegabah selama pertengkaran terjadi. 

Dinyatakan tidak bersalah oleh komite sekolah

Allkpop.com

Barun Law LLC mengungkapkan jika Soojin eks '(G)I-DLE' tidak pernah melakukan bullying atau memeras uang atau barang milik teman sekelasnya, maka ia tidak dapat mengakui atau menawarkan permintaan maaf atas tuduhan tersebut. 

"Selama tahun pertama di sekolah menengah, yaitu saat Nona Seo (Soojin eks '(G)I-DLE') diduga menindas teman sekelasnya menurut mantan sekelasnya yang membuat tuduhan seperti itu. Nona Seo dinyatakan tidak bersalah oleh Komite Otonomi Sekolah untuk Penanggulan Kekerasan Sekolah,"

Malahan, terungkap fakta terbaru bahwa Soojin eks '(G)I-DLE' pernah menjadi korban bully yang dilakukan oleh seniornya. 

Soojin tidak pernah terkena tindakan disipliner

Allkpop.com

Semasa sekolah, Soojin eks '(G)I-DLE' telah menunjukkan minat di bidang menyanyi dan menari, tetapi tidak pada pekerjaan sekolah. Ia terlibat insiden kekerasan sekolah, namun dinyatakan tidak bersalah dan hanya diberikan peringatan. 

"Setelah insiden tersebut, Nona Seo tidak pernah dikenakan tindakan disipliner karena kekerasan di sekolah," jelas perwakilan hukum Soojin eks '(G)I-DLE' mengakhiri pernyataan resminya. 

Soojin eks '(G)I-DLE' sempat mengajukan tuntutan pidana terhadap mantan teman sekelas yang membuat kegaduhan di media sosial dan berupaya mengakhiri kontroversi ini melalui proses hukum. Namun, pihak Kepolisian membebaskan tuduhan dengan alasan tuduhan tersebut mungkin benar berdasarkan sudut pandang mantan teman sekelasnya. 

Melalui berbagai pertimbangan, Soojin eks '(G)I-DLE' memutuskan untuk tidak melanjutkan prodesur hukum lebih lanjut. 

Dalam rangka memulihkan nama baiknya

Pinterest.com

Dalam situasi sulit untuk mengklarifikasi dirinya, Soojin eks '(G)I-DLE' memberanikan diri untuk menjelaskan situasinya. Ia merasa perlu memberitahu hasil investigasi isu bullying ini demi para penggemar yang masih setia mendukung dan percaya, serta orang-orang yang mungkin terluka atau tersinggung oleh tindakannya di masa lalu.  

Mendengar kabar baik tersebut, para penggemar dan warganet berharap Soojin eks '(G)I-DLE' dapat memperbaiki reputasi dan kariernya di dunia hiburan sehingga ia bisa kembali berkarya.

Akhirnya setahun menanti ketidakpastian, penggemar Soojin eks '(G)I-DLE' dapat bernafas lega, nih. Semoga karier Soojin eks '(G)I-DLE' di masa mendatang semakin cemerlang, ya. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life