Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Li Yifeng Terlibat Kasus Prostitusi, Ini 6 Kronologi Penangkapannya

Nama Li Yifeng dihapus dari media sosial

Ajenk Rama

Li Yifeng, salah satu aktor kenamaan Tiongkok yang terlibat kontroversi terkait prostitusi dan resmi ditahan oleh pihak kepolisian pada 11 September 2022. Di dunia hiburan, karier Li Yifeng melejit pasca tampil dalam kontes My Hero pada 2007 silam. 

Namun, ia memutuskan fokus di bidang seni peran sejak 2009 dan membintangi berbagai drama dan film Tiongkok. Tampaknya, karier yang dibangun Li Yifeng perlahan runtuh saat kontroversi yang membelit namanya muncul ke permukaan. 

Nama Li Yifeng menjadi viral di Weibo dan masuk dalam daftar pencarian teratas terkait kontroversi. Lantas, apa penyebab Li Yifeng ditahan oleh kepolisian Tiongkok? Bagaimana dampak dari kontroversi tersebut? Melansir berbagai sumber, simak faktanya di sini.

1. Li Yifeng mengunjungi tempat prostitusi

Instagram.com/cdramaind

Beredar rumor di Weibo yang mengungkapkan bahwa ada aktor yang mengunjungi jasa prostitusi pada 19 Agustus 2022 dan dibebaskan setelah 14 hari ditahan, yaitu pada 2 September 2022 bernama Li He. 

Warganet Tiongkok menduga jika aktor tersebut adalah Li Yifeng, karena nama lahirnya bernama Li He. Rumor ini kembali mencuat pasca Li Yifeng absen dari salah satu acara dan melakukan siaran langsung di Weibo, tepat di hari ia dibebaskan.  

Tak lama setelah itu, nama Li Yifeng dihapus dari daftar pengisi acara Festival Musim Gugur pada 10 September 2022. Prosedur drama Swords of Legend sempat menepis rumor tersebut dan berkata hanya sebuah kebetulan. 

2. Komunitas penggemar sudah mengetahui

Instagram.com/cdramaind

Berbeda pandangan dengan produser drama, salah satu fanbase atau komunitas terbesar Li Yifeng telah mengetahui tabiat sang idola sejak lama. Dalam unggahannya di Weibo, ia mengatakan:

"Jangan menunggu lagi studio (agensi) menepis rumor ini, tidak akan ada. Sebagai orang dalam di agensi, aku sebenarnya sudah mengetahui sejak lama isu ini. Tapi, aku mengira sudah selesai," tulisnya. 

Ia juga mengungkapkan sempat berpikir untuk mengganti foto profilnya, namun karena perasaan nge-fans terhadap sang idola cukup lama, ia tidak sanggup melakukannya. Ia juga berpesan agar penggemar Li Yifeng menjaga diri.  

3. Studio Li Yifeng sempat membantah rumor

Koalasplayground.com

Rumor prostitusi Li Yifeng yang semakin memanas membuat studio (agensi) bertindak merilis klarifikasi. Singkatnya, studio mengungkapkan bahwa semua informasi terkait kehidupan Li Yifeng yang beredar di media sosial adalah palsu. 

Studio juga memperingkatkan kepada semua akun untuk menghapus rumor palsu terkait Li Yifeng. Bahkan, mereka tak segan menyewa pengacara dan menyimpan bukti demi mendapat perlindungan hukum. 

Namun, warganet tidak semudah itu memercayai klarifikasi yang dirilis oleh pihak studio Li Yifeng dan namanya telah memuncaki trending topic di Weibo. 

4. Kepolisian Tiongkok buka suara terkait Li Yifeng

Koalasplayground.com

Baru memberikan bantahan atas rumor, pihak Kepolisian Tiongkok langsung menyanggah dengan mengunggah pemberitahuan resmi bahwa Li Yifeng resmi ditahan. Ia mengunjungi tempat prostitusi berkali-kali pada 11 September 2022. 

Klarifikasi panjang Li Yifeng di Weibo pribadi dan studionya lenyap seketika dan menuai respon yang beragam dari warganet Tiongkok. Di unggahan resmi kepolisian terungkap bahwa Li Yifeng mengakui semua tuduhan dan akan dikenai sanksi administratif sesuai hukum yang berlaku di Tiongkok. 

Meminta atau mengunjungi jasa prostitusi adalah tindakan ilegal di Tiongkok. Biasanya, hukuman mengarah pada penahanan administratif selama 10 sampai 15 hari. Hukuman dapat dikurangi menjadi lima hari atau kurang jika pelanggarannya ringan. 

Untuk kasus Li Yifeng yang dikonfirmasi telah melakukannya berulang kali, maka pihak kepolisian Tiongkok perlu menyelidiki dan mendalami kasus tersebut. 

5. Sejumlah pihak memutuskan kontrak kerja sama

Instagram.com/cdramaind

Sejak dikonfirmasi pihak kepolisian, salah satu merek mewah, Prada yang menjalin kerja sama dengan Li Yifeng sebagai brand ambassador mengakhiri kontrak eksklusif pada 11 September 2022. 

Merek pasta gigi, Sensodyne dan salah satu perusahaan obat tradisional Tiongkok juga melakukan hal serupa dengan memutuskan kontrak kerja sama. Setidaknya, ada lebih dari 11 merek ternama yang telah menghentikan kerja sama dengan Li Yifeng dan menghapus namanya dari semua akun media sosial brand

6. Nama Li Yifeng dihapus dari karya-karyanya

Instagram.com/cdramaind

Saat ini, Li Yifeng juga menghadapi dampak besar dalam kariernya akibat terlibat dalam kontroversi prostitusi. Ia mulai dilarang sepenuhnya bekerja di dunia hiburan Tiongkok dan namanya satu per satu telah dihapus dari karya drama atau film yang pernah dibintangi.

Bahkan, warganet yang berusaha mencari nama Li Yifeng di situs pencarian Tiongkok tak dapat menemukan apa pun. Ia juga telah menghapus gelar Li Yifeng sebagai Aktor Terbaik dalam 100 Drama TV Teratas Tiongkok dan Bintang Film Favorit Pemirsa Nasional yang diraihnya di Huading Awards ke-22. 

Seiring dengan penangkapan dirinya, citra dan kerja keras yang dibangun perlahan runtuh dan risiko kehilangan karier pun tak terelakan oleh Li Yifeng. 

Itulah kronologi penangkapan Li Yifeng yang menjadi perbincangan hangat di media sosial Weibo. Nantikan perkembangan terbaru kasusnya hanya di Popbela. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life