Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dituduh Lakukan Penghindaran Pajak, Karier Song Zuer Terancam

Stasiun televisi dan brand mulai menghapus nama Song Zuer

Ajenk Rama

Dunia hiburan Tiongkok tengah memanas. Salah satu aktris cantik, Song Zuer dirumorkan melakukan penghindaran pajak pada 31 Agustus 2023. Namanya trending di Weibo dan membuat instansi pajak mulai melakukan penyelidikan. 

Usut punya usut, Song Zuer diduga telah melakukan penghindaran pajak lebih dari satu kali. Pemerintah Tiongkok sendiri sangat terhadap aturan perpajakan negara, mereka tak segan untuk menindak warga atau artis yang melanggar. 

Bahkan, karier sang artis bisa terancam seperti beberapa kasus pajak yang menimpa artis Tiongkok lain seperti Deng Lun dan Zhao Liying. Bagaimana kebenaran atas rumor Song Zuer yang dituduh menghindari pajak? Berikut kronologinya. 

Bermula dari mantan karyawan Song Zuer

Min.news

Memanasnya rumor Song Zuer melakukan penghindaran pajak bermula dari mantan karyawan perusahaannya. Sang mantan karyawan itu melaporkan Song Zuer menghindari pajak bernilai fantastis, yakni 45 juta RMB atau setara Rp94 miliar.

Demi membuktikan keasliannya, mantan karyawan Song Zuer telah diwawancarai dan membenarkanya adanya penghindaran pajak oleh pemeran drama Tiongkok, The Bond ini. Mantan karyawan Song Zuer mengungkapkan kalau sang aktris berulang kali menghindari pajak meliputi bisnis yang dibayar rendah, membagi kontrak, hingga pendapatan pribadi. 

Sang mantan karyawan menyebut Song Zuer tidak beretika, lantaran membatalkan tiga produksi komersial demi melarikan diri dari tunggakan pajak. Selain itu, Ia mengubah pendapatan upah pribadinya menjadi pendapatan bisnis

Masih memiliki empat drama yang belum rilis

Instagram.com/c_mandraa

Melansir @drachindo_x, Song Zuer sulit iditembus terkait penghindaran pajak karena diduga dilindungi oleh perusahaan Daylight Entertainment dan CEO dari perusahaan tersebut pergi ke Administasi Perpajakan Negara untuk membantu Song Zuer. 

Pasalnya, masih ada empat drama Tiongkok yang dibintangi Song Zuer belum rilis, yaitu Created in China, Reading Class, The Demon Hunter's Romance, dan The Prisioner of Beauty. Jika rumor ini benar adanya, maka keempat drama tersebut akan berdampak pada karier Song Zuer ke depannya. 

Stasiun televisi dan brand menghapus Song Zuer

Instagram.com/drachindo_x

Imbas rumor penghindaran pajak dirinya langsung dirasakan oleh Song Zuer. Merujuk @drachindo_x, stasiun televisi Tiongkok dan brand ternama menghapus unggahan yang berkaitan dengan Song Zuer. 

Mereka tidak mau terlibat dalam masalah besar yang saat ini menyita perhatian publik Tiongkok. Apalagi, Song Zuer sangat lambat dalam memberikan respon atas rumor yang menimpa dirinya. 

Petugas pajak dalam tahap penyelidikan

Hallyuvibe.com

Di kala stasiun televisi dan brand perlahan menghapus nama Song Zuer, anehnya petugas pajak mengungkapkan belum menerima laporan terkait pajak sang aktris.

Saat ditelusuri lebih jauh, Administrasi Perpajakan Songjiang mengatakan kepada media lokal bahwa belum ada laporan tersebut. Kendati demikian, petugas pajak tetap melakukan penyelidikan secara menyeluruh terkait kasus penghindaran pajak oleh Song Zuer. 

Agensi lama Song Zuer memberikan klarifikasi

Instagram.com/c_mandraa

Pasca penghindaran pajak Song Zuer menjadi diskusi panas di Weibo, agensi lama sang aktris, Xitian Film dan Televisi merilis pernyataan bahwa pihaknya tidak ada hubungan lagi dengan Song Zuer. 

Kontrak mereka dengan Song Zuer telah lama berakhir pada 28 November 2022. Semua informasi diambil dan dikelola oleh Song Zuer sendiri. Mereka juga mengungkapkan jika perusahaannya sudah tidak berpartisipasi dalam akuntasi keuangan dan deklarasi pajak sang aktris. 

Dengan kata lain, Xitian Film dan Televisi tidak mau disangkutpautkan dengan berbagai isu terkait penghindaran pajak Song Zuer. Mereka menegaskan bahwa mantan karyawan yang melaporkan bukan berasal dari karyawa mereka usai dilakukan penyelidikan internal. 

Pro dan kontra di kalangan warganet Tiongkok

Min.news

Belum muncul ke permukaan untuk memberikan klarifikasi, warganet Tiongkok menduga bahwa Song Zuer merasa bersalah dan takut merespon. Isu panas ini membuat pro dan kontra di kalangan warganet. 

Mereka merasa sudah waktunya untuk dilakukan pemeriksaan besar-besar di industri hiburan Tiongkok. Mereka juga menanggapi bahwa cepat atau lambat, rumor ini akan terungkap dan menantikan hasil kebenaran laporan pajak Song Zuer. 

Jika sudah berkaitan dengan pajak dan dunia hiburan, rasanya tinggal menunggu waktu apakah karier Song Zuer akan selamat atau malah terancam. Bagaimana menurut kamu?

IDN Media Channels

Latest from Working Life