Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dituduh Bersikap Kasar, Dispatch Investigasi Kontroversi Yoo Yeon Seok

Benarkah Yoo Yeon Seok memiliki peringai yang buruk?

Ajenk Rama

Buat penikmat drama Korea Hospital Playlist, pasti familiar dengan Yoo Yeon Seok, aktor tampan yang memerankan karakter dokter Ahn Jeong Won. Baru-baru ini, kabar tak sedap menerpa Yoo Yeon Seok yang dituding telah bersikap kasar kepada satpam di area tempat tinggalnya, Korea Selatan. 

Selama ini, publik mengetahui Yoo Yeon Seok dikenal sebagai aktor baik hati dan jarang terlibat kontroversi. Dispatch sampai turun tangan untuk menumpas tuntas isu miring Yoo Yeon Seok.  

Lantas, apa penyebab Yoo Yeon Seok dituding bersikap kasar? Bagaimana isu tak sedap ini bermula? Melansir Koreaboo, berikut perkembangan terbarunya di bawah ini. 

Unggahan anonim di komunitas daring

Instagram.com/koreadispatch

Isu tak sedap yang menimpa Yoo Yeon Seok bermula dari unggahan seorang anonim di komunitas daring Korea Selatan pada 21 Maret 2023.

"Saya tidak bisa lagi melihat Yoo Yeon Seok berpura-pura menjadi orang baik dan aktor yang peduli pada orang lain. Dengan berat hati, saya menulis ini di sini karena saya tidak punya tempat lain untuk curhat," tulis sang anonim. 

Anonim tersebut mengklaim bahwa ayah mereka yang bekerja di area apartemen Yoo Yeon Seok sekitar 6 atau 7 tahun. 

"Kala itu, Yoo Yeon Seok dan teman-temannya sedang melakukan peregangan sebelum bersepeda. Ayah saya mencoba memulai percakapan dengan menunjuk sepeda terdekat dan menanyakan pemiliknya. Namun, tanggapan Yoo Yeon Seok tidak sopan, karena ia mengerutkan wajah sambil menertawakan ayah saya," lanjut anonim tersebut. 

Mendengar hinaan tersebut, ayah dari anonim tersebut berhenti dari pekerjaan karena merasa dipermalukan oleh sang aktor. 

Agensi membantah rumor mengenai Yoo Yeon Seok

Instagram.com/Koreadispatch

Sehari usai unggahan tersebut, King Kong by Starship mengambil tindakan tegas kepada pembuat rumor. Agensi merilis pernyataan bahwa unggahan dari anonim itu tidak berdasar atau palsu. 

Di saat yang bersamaan, Dispatch melakukan penelusuran terhadap kontroversi tuduhan sikap kasar Yoo Yeon Seok kepada mantan satpam tersebut pada 24 Maret 2023. Media itu melakukan investigasi ke Kepala Satpam di officetel, yang telah bekerja selama 10 tahun. 

Dispatch menemukan fakta di lapangan berbeda

Instagram.com/Koreadispatch

Fakta mencengangkan terkuak di lapangan saat Dispatch melakukan penelusuran terkait rumor Yoo Yeon Seok pada Jumat, 24 Maret 2023. Berdasarkan hasil investigasi, media Korea Selatan itu mengungkap bahwa sang aktor tidak tinggal di apartement tersebut di tahun itu. 

Yoo Yeon Seok tinggal di Officetel. Dispatch melakukan sesi wawancara dengan satpam, yang kini telah menjadi Kepala Keamanan di Officetel dan telah bekerja selama 10 tahun. Saat ini, jumlah petugas keamanan yang bekerja di Officetel berjumlah empat orang. Tiga di antaranya telah bekerja sejak Yoo Yeon Seok menjadi penghuni antara (2016 - 2018) hingga saat ini.

Sementara, lainnya mulai bekerja setelah sang aktor pindah. Kepala Keamanan itu berkata bahwa selama ia mengenal Yoo Yeon Seok, aktor tersebut tidak pernah memakai status keartisannya dan tidak pernah terlibat masalah. 

Malahan, Yoo Yeon Seok dikenal oleh Kepala Keamanan itu sebagai sosok yang pendiam dan sopan. 

Dispatch melakukan olah TKP

Instagram.com/Koreadispatch

Bukan sekadar wawancara saja, tetapi Dispatch juga melakukan olah TKP di tempat Yoo Yeon Seok dituding bersikap kasar ke ayah anonim saat di parkiran sepeda. Dalam foto yang dirilis eksklusif oleh Dispatch, terungkap bahwa jarak antara parkiran dengan kantor keamanan cukup jauh dan terhalang tembok. 

"Makanya, saya bilang bahwa unggahan tersebut tidak ada yang benar. Kalau anda lihat CCTV, tidak akan bisa melihat area parkir sepeda dari kantor kemananan. Saya juga belum pernah melihat sang aktor bersepeda," tutur Kepala Keamanan tersebut. 

Meski tidak ada hubungan personal dengan sang aktor, Kepala Keamanan juga bersedia bertanggung jawab atas pernyataan ke Yoo Yeon Seok. 

"Jika perilakunya buruk, saya tidak akan berani maju dengan membela dan mengetahui segalanya," ungkap sang Kepala Keamanan. 

Dispatch menyatakan bahwa pernyataan dari Kepala Keamanan itu dapat dijadikan referensi objektif untuk menentukan keaslian dari rumor Yoo Yeon Seok. 

Pengunggah diduga memohon maat atas rumor

Sportskeeda.com

Usai rumor yang ditulis mengenai Yoo Yeon Seok menyebar luas, sang anonim mengubah pernyataan dan mengklaim bahwa tuduhan tersebut palsu. Ia menulis tuduhan tersebut karena iri dengan popularitas sang aktor. 

"Saya menulis unggahan tersebut karena cemburu melihat (Yoo Yeon Seok) tampil di acara varietas dan menjadi populer," ucap anonim tersebut. 

Namun, warganet dibuat bingung saat penulis asli dari unggahan pertama menyangkal bahwa dirinya telah menulis permohonan maaf. 

Agensi tetap menuntut sang penyebar rumor

Naver.me

Meski belum dipastikan bahwa sang pengunggah meminta maaf, King Kong by Starship tetap mengambil jalur hukum untuk pembuat rumor palsu mengenai artisnya. Perwakilan sang aktor merilis pernyataan bahwa mereka menyesal karena harus menuntut warganet tersebut. 

"Halo. Ini adalah King Kong oleh Starship. Ini adalah pernyataan resmi kami terkait unggahan di komunitas dari terkait aktor Yoo Yeon Seok. Setelah memeriksa fakta dengan aktor tersebut, kami mengonfirmasi bahwa unggahan itu sama sekali tidak berdasar. Kami berencana untuk mengajukan keluhan terhadap pembuat rumor atas pencemaran nama baik.

Kami telah menyewa pengacara dan sedang mempersiapkan tindakan hukum yang kuat. Kami meminta Anda untuk menahan diri dari menyebarkan rumor tidak berdasar atau unggahan spekulatif dalam hal ini. Terima kasih," tulis perwakilan Yoo Yeon Seok dalam press release-nya. 

Tuh, harus hati-hati dalam menyebarkan sebuah rumor. Jarimu, harimaumu. Saatnya bijak dalam bermedia sosial, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life