Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dianggap Underrated, 10 Idol Aktor Ini Layak Mendapat Perhatian

Punya bakat akting yang berkualitas

Ajenk Rama

Di antara idol Kpop yang debut, ada banyak yang berbakat di bidang akting. Beberapa dari mereka telah mendapatkan perhatian dan pengakuan atas kemampuan aktingnya di berbagai drama Korea, seperti Im Siwan 'ZE:A', Cha Eun Woo 'ASTRO', Sungjae 'BTOB', Minho 'SHINee', L 'INFINITE', Doo Joon 'Highlight'. 

Namun, tak semua idol aktor merasakan hal serupa, masih banyak yang dianggap underrated. Padahal, secara kualitas, akting idol aktor ini tak kalah jauh dari para aktor papan atas Korea Selatan. Mereka juga kerap bermain di berbagai drama Korea, meski belum terlihat bersinar.

Andaikan saja, para idol aktor underrated ini mendapatkan perhatian lebih, tidak menutup kemungkinan mereka bakal menjadi aktor populer di masa mendatang. Lalu, siapa saja idol Kpop underrated yang layak mendapat perhatian lebih dari warganet? Berikut daftar lengkapnya di bawah ini. 

1. Junho '2PM'

Hancinema.net

Debut bersama 2PM pada 2008, Junho termasuk salah satu anggota yang memiliki banyak bakat. Mulai dari bernyanyi, menari, membuat komposisi lagu, hingga berakting. Ia memulai debut akting sekitar tahun 2013 di film Cold Eyes sebagai detektif Daramjwi. 

Meski dikenal selektif saat mengambil proyek akting, Junho '2PM' cukup aktif membintangi berbagai genre drama dan film. Dari tahun 2017, Junho '2PM' telah dipercaya untuk memerankan karakter utama. Ia juga pernah menerima Best Couple Awards bersama Nam Goong Min dalam drama Korea, Good Manager

Kualitas akting Junho dapat dikatakan setara dengan jajaran aktor Korea Selatan lain. Hanya saja, namanya belum mencuri perhatian warganet, kini ia kembali membuktikan bakat aktingnya di drama Korea bergenre kolosal, The Red Sleeve Cuff yang akan tayang pada November 2021. 

2. Jaemin 'NCT'

Pinterest.com

Dengan paras yang mirip dengan Iqbal Ramadhan, Jaemin menerima kesempatan untuk berakting di drama serial televisi. Ia pertama kali menjajal kemampuan aktingnya di web drama berjudul Method to Hate You pada 2019 sebagai pemeran utama. 

Sebagai batu loncatan, akting Jaemin menuai pujian karena dapat menyampaikan emosi karakter dengan sangat baik. Namun, hingga saat ini, para penggemar Jaemin belum dapat melihat akting sang idola karena kesibukannya bersama grup dan belum adanya tawaran baru untuknya. 

Padahal, jika Jaemin 'NCT' diberikan banyak kesempatan untuk mengeksplor di dunia seni peran, bisa saja ia menjadi aktor yang profesional dan dapat meningkatkan popularitasnya di bidang akting.

3. Kang Seungyoon 'WINNER'

Hancinema.net

Di antara anggota WINNER, Kang Seungyoon yang paling aktif berakting. Sitkom MBC High Kick 3 menjadi awal mula dirinya muncul di layar kaca. Setelah itu, Yoon tampil di web drama berjudul We Broke Up (2015) bersama Jang Ki Young dan Sandra Park.

Ketagihan dengan dunia akting, Yoon menjajal peruntungannya dengan membintangi web drama lain dengan Hwang Seung Eon berjudul Love for a Thousand More (2017). Setiap kali muncul di layar kaca, sebenarnya Yoon sudah mencuri perhatian.

Terbukti, lewat penampilannya di drama Korea Voice, Prison Playbook, Kairos, hingga Racket Boys sebagai pemeran pendukung. Dengan pengalamannya di dunia seni peran, seharusnya Yoon 'WINNER' bisa diberikan kesempatan untuk menjadi pemeran utama.

4. Minhyun 'Nu'est'

Hancinema.net

Bersama Nu'est, Minhyun sudah cukup lama berkarier di industri hiburan Korea Selatan sejak tahun 2012. Tetapi, popularitasnya sebagai seorang idol aktor masih kalah jauh dengan rekan dari grup lain yang debut di atas Nu'est. 

Film Their Distance (2015) adalah langkah awal Minhyun memasuki dunia seni peran. Disutradarai oleh Rikiya Imaizumi, Minhyun beradu akting dengan rekan segrupnya dan aktris Jepang. Tetapi, debut aktingnya tidak mendapat sorotan.

Minhyun baru dapat kesempatan setelah popularitasnya menanjak lewat ajang pencarian bakat, Produce 101. Ia didapuk sebagai pemeran utama di drama Korea Live On (2020) sebagai Go Eun Taek bersama Jung Da Bin. Mirisnya, drama tersebut belum bisa membuat Minhyun 'Nu'est' diakui sebagai aktor yang berkualitas, apalagi perolehan rating dari Live On cukup rendah. 

5. Moonbin 'ASTRO'

Hancinema.net

Sebelum debut bersama grupnya, Moonbin lebih dulu mengenal dunia hiburan Korea Selatan lewat akting di drama Korea, Boys Before Flower (2009). Mungkin kamu tak menyadarinya karena Moonbin saat itu berperan sebagai So Yi Jung (Kim Bum) versi muda. Ia merupakan mantan aktor cilik berbakat. 

Selepas itu, Moonbin fokus menjalani karier sebagai penyanyi. Ia baru kembali ke layar kaca saat membintangi drama Korea bergenre remaja, At Eighteen (2019) bersama Ong Seung Woo dan Kim Hyang Gi. Memang hanya sebagai pemeran pendukung, tapi potensinya dalam berakting bisa terlihat. 

The Mermaid Prince: The Beginning menjadi drama terakhir Moonbin di tahun 2020. Dalam drama tersebut, Moonbin beradu akting dengan Chae Won Bin dan Hwiyoung 'SF9'. Memang tak banyak drama Korea yang dibintangi oleh Moonbin, tetapi jika diberikan kepercayaan, Moonbin pasti tak kalah bersinar dari rekan segrupnya, Cha Eun Woo. 

6. Chanwoo 'iKON'

Twitter.com/fyeahchanwoo

Sama seperti Moonbin, Chanwoo 'iKON' juga pernah berperan di drama Korea Boys Before Flower (2009) sebagai Goo Jun Pyo (Lee Min Ho) versi muda. Tak hanya sekali, Chanwoo 'iKON' juga memerankan sosok Lee Min Ho muda saat di drama Korea, The Heirs (2013)

Chanwoo memang masuk ke dalam daftar aktor cilik berbakat. Selain Lee Min Ho, ia juga pernah memainkan karakter versi muda dalam drama The Great King Sejong dan Cain & Abel. Sayangnya, bakat akting Chanwoo seolah tenggelam setelah dirinya fokus meniti karier sebagai penyanyi.

Tak mengherankan jika publik melihat Chanwoo sebagai idol aktor yang underrated. Namun, tahun 2021 bisa menjadi langkah baru Chanwoo untuk kembali berakting. Pasalnya, ia akan beradu akting dengan Sowon eks 'GFriend' di A Chilling Cohabitation besutan rumah produksi, CINE-RAMA. 

7. Chani 'SF9'

Twitter.com/sf9philippines

Ada dua idol aktor di SF9 yang masih dianggap underrated oleh publik, salah satunya adalah Chani. Dulunya, ia memulai karier akting sebagai aktor cilik dan membintangi sejumlah drama Korea, seperti Can You Hear My Voice (2011), Heaven Garden (2011), To The Beautiful You (2012), The Innocent Man (2012), Signal (2016), hingga Click Your Heart (2016).

Kemunculan sebagai idol aktor baru disadari ketika berperan di SKY Castle (2018). Tetapi, tak berlangsung lama, popularitas aktingnya belum sebesar bintang baru yang bermunculan. Meski, ia telah membintangi dua drama Korea berbeda di tahun 2020-2021, yakni Imitation dan menjadi kameo di True Beauty.  

8. Jung Jinyoung 'B1A4'

Soompi.com

Karier Jinyoung 'B1A4' di dunia hiburan Korea hanya berselang tiga tahun dari Junho '2PM'. Ia sudah debut bersama grup sejak tahun 2011 dan muncul sebagai pemeran pendukung di drama Korea, She is Wow (2013).

Setelah itu, ada beberapa drama Korea lain yang ia bintangi, tetapi bakat aktingnya belum mendapat sorotan dan pengakuan. Baru ketika membintangi Police University (2021), Jinyoung mencuri perhatian dengan beradu akting bersama Krystal f(x).

Perannya dalam drama tersebut seharusnya dapat menjadi titik balik Jinyoung meraih popularitas sebagai idol-aktor dan dinominasikan dalam ajang penghargaan di tahun depan. 

9. Bomin 'Golden Child'

Soompi.com

Jika menonton drama Korea, Melting Me Softly (2019), mungkin semua mata akan tertuju pada akting keren dari Ji Chang Wok, namun sebenarnya ada salah satu idol aktor yang juga membintangi drama ini, yakni Bomin 'Golden Child'. 

Idol aktor kelahiran tahun 2000 pertama kali mencuri hati penonton di web drama, A-Teen 2 (2018) bersama Lee Na Eun dan Kim Dong Hee. Sejak saat itu, Bomin menerima beberapa tawaran akting, salah satunya 18 Again dan A Love So Beautiful pada tahun 2020.

Tetapi, belum ada satu pun drama Korea yang menjadikan Bomin sebagai pemeran utama. Yups, ia membutuhkan lebih banyak peran strategis untuk bisa meraih lebih banyak perhatian dari publik dengan kemampuan aktingnya saat ini.  

10. Subin 'VICTION'

Twitter.com/neworid_vIction

Sebagai member termuda di grup, Subin sudah menjajaki dunia akting sebagai pemeran pendukung di drama The Guilty Secret (2019) dan beradu akting dengan Kim Seo Yeon. Lewat drama tersebut, ia memerankan karakter yang tepat dan membawanya pada peran baru di drama Psychopath Diary (2019), dan lagi-lagi sebagai pemeran pendukung. 

Memang, belum banyak drama yang dibintangi oleh Subin 'VICTION', namun bukan berarti kualitas aktingnya rendahan. Sebuah kesempatan rasanya mampu membuat Subin membuktikan dan meraih gelar sebagai aktor profesional, apalagi jika ia didapuk sebagai pemeran utama, pasti semua mata tertuju kepada idol aktor ini. 

Ternyata, masih banyak idol aktor yang masih dianggap underrated, ya. Padahal, beberapa di antaranya sudah sering bermain drama Korea terkenal. Yuk, berikan apresiasi lebih kepada mereka dengan menonton dramanya di situs legal, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life