Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Fans Khawatir, 7 Artis Korea Ini Divonis Mengidap Kanker

Ada yang wafat di usia muda!

Ajenk Rama

Berprofesi sebagai figur publik, para artis Korea Selatan kerap kali lupa akan kesehatan yang harus mereka jaga karena padatnya aktivitas. Belum lagi jika mereka menjalani proses syuting drama Korea hingga dini hari, yang mengakibatkan kondisi tubuh mereka melemah dan jatuh sakit.

Salah satu penyakit yang pernah menghampiri artis Korea Selatan, yakni kanker. Beberapa di antara artis Korea divonis menderita penyakit ganas tersebut dan tidak sedikit dari mereka yang gagal melawan penyakit yang dideritanya. 

Tentu saja, hal ini membuat fans merasa khawatir dengan kondisi tubuh sang idola dan berharap mereka selalu menjaga kesehatan agar bisa menyapa fans dalam waktu lama. Lalu, siapa saja artis Korea Selatan yang divonis mengidap kanker? Kabarnya, ada aktris muda 'pasangan' Park Bo Gum di drama Korea Record of Youth yang sedang berjuang saat ini. 

7. Kim Young Ae

Hancinema.net

Berperan sebagai nenek dari Park Shin Hye di drama Korea Doctors, paras Kim Young Ae cukup familiar di layar kaca Korea Selatan karena sering memerankan karakter keibuan di berbagai drama. 

Di usia senjanya, Kim Young Ae masih aktif berakting sambil berjuang melawan kanker pankreas yang terus-menerus kambuh. Sebelumnya, aktris senior berusia 66 tahun ini sempat menjalani operasi kanker pada 2012 silam dan berhasil sembuh.

Namun, kanker yang diderita sang aktris kembali kambuh kala dirinya bermain dalam drama Korea Laurel Tree Tailors. Meski penyakit ganas menjalar di tubuhnya, Kim Young Ae bersikeras menjalani syuting hingga akhir.

Bahkan di detik-detik terakhirnya, ia masih sempat menjawab pertanyaan dari media dan menghembuskan nafas terakhirnya pada 9 April 2017 lalu. 

6. Kim Ja Ok

Aminoapps.com

Pernah beradu akting dengan Gong Yoo dan Lee Seung Gi, Kim Ja Ok juga pernah divonis mengidap kanker usus pada 2008 silam. Demi kesembuhannya, ia melakukan proses operasi dan dinyatakan kembali sehat saat ini. 

Satu bulan pasca perawatan, Kim Ja Ok kembali aktif berakting dan membintangi drama Korea atau variety show. Sayangnya, kesehatan Kim Ja Ok memburuk dan kanker yang semula dinyatakan sembuh malah menyerang paru-parunya. Ia sempat dirawat intensif selama empat hari di rumah sakit, sebelum meninggal dunia pada 2014 silam di usia 63 tahun. 

5. Kim Ji Young

Soompi.com

Sempat memerankan karakter nenek di drama Korea Full House bersama Rain dan Song Hye Kyo, Kim Ji Young tak kuat melawan kanker paru-paru yang telah lama diidapnya sejak tahun 2015.  

Selama menderita kanker, ia berusaha menyembunyikan penyakit ganasnya dari orang lain dan tetap berusaha tampil profesional di beberapa drama seperti Angry Mom, Let's Fight Ghost, hingga Let's Eat 2. Namun, kondisi kesehatan Kim Ji Young memburuk pada 17 Februari karena komplikasi dari penyakit kanker yang dideritanya. 

4. Yoo Chae Young

Koreaherald.com

Sebelum dinyatakan wafat, Yoo Chae Young berusaha keras melawan kanker perut yang berada di stadium akhir. Ia sempat melakukan tindakan operasi pada Oktober 2013 setelah menemukan bagian kanker yang menyebar ke bagian tubuh lainnya. 

Usai perawatan operasi, Yoo Chae Young kembali melakukan aktivitas DJ radio di Good with Kim Kyung Sik and Yoo Chae Young' hingga 17 Juli 2014. Banyak publik yang memberikan dukungan ke sang solois agar bisa sembuh.

Tetapi takdir berkata lain, Yoo Chae Young gagal melawan kanker perut yang telah menggeroti tubuhnya dan meninggal di usia 41 tahun pada 24 Juli 2014 di Rumah Sakit Severance, Shinchon, Korea Selatan.  

3. Yoo Ah In

Soompi.com

Berperan sebagai pimpinan sekte di serial Hellbound, tak banyak publik yang mengetahui jika Yoo Ah In pernah berjuang melawan kanker tulang pada Februari 2017. Agensi yang menaungi Yoo Ah In membenarkan jika artisnya dalam kondisi tidak sehat. 

Penyakit kanker tersebut pertama kali diketahui saat Yoo Ah In melakukan pemeriksaan medis bulanan saat mempersiapkan diri menjalani wajib militer. Ternyata, hasil pemeriksaan ditemukan sel abnormal di dalam tubuhnya.

Butuh waktu bagi Yoo Ah In untuk mengetahui kanker yang dideritanya bersifat ganas atau jinak. Setelah melewati serangkaian pemeriksaan, sang aktor dinyatakan mengidap tumor tulang (sel abnormal yang belum berubah menjadi kanker) sehingga ia dibebaskan dari wajib militer untuk beristirahat. Kini, Yoo Ah In sudah kembali beraktivitas seperti biasa di dunia hiburan Korea Selatan. 

2. Kim Woo Bin

Hellokpop.com

Butuh waktu tiga tahun bagi Kim Woo Bin untuk dinyatakan sembuh dari kanker nasofaring yang dideritanya sejak Mei 2017. Saat itu, sang aktor mengunggah pernyataan mengenai kondisi kesehatannya dan memutuskan vakum dari dunia hiburan Korea Selatan untuk menjalani perawatan. 

Selama berjuang melawan kanker, sang kekasih, Shin Min Ah terus berada di sisi Kim Woo Bin untuk memberikan semangat. Upaya Kim Woo Bin untuk sembuh membuahkan hasil yang manis. Pada tahun 2020 lalu, ia berhasil melawan kanker ganas yang menyerang bagian tenggorokannya. 

1. Park So Dam

News.nestia.com

Terakhir, kabar buruk datang dari 'pasangan' Park Bo Gum di drama Korea Record of Youth. Park So Dam dinyatakan mengidap kanker papiler tiroid pada 13 Desember 2021 dan kondisi tersebut telah dikonfirmasi kebenarannya oleh Artist Company selaku agensi yang menaungi sang aktris saat ini. 

Artis Company mengungkapkan jika Park So Dam menderita kanker papiler tiroid selama pemeriksaan medis rutin dan telah menyelesaikan operasi. Saat ini, ia sedang dalam proses pemulihan. Divonis kanker, Park So Dam mengaku dirinya sedih karena tidak bisa mengikuti peresmian film terbarunya berjudul Special Cargo yang dijadwalkan tayang pada 12 Januari 2022.

Semoga Park So Dam segera diberikan kesembuhan dan para artis Korea Selatan yang wafat karena kanker diberikan ketenangan dalam kehidupan barunya, ya, Bela. Yuk, doakan yang terbaik untuk artis idolamu juga!

IDN Media Channels

Latest from Working Life