Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Deg-Degan, 7 Kontrak Grup K-Pop Ini Bakal Berakhir 2023

Akankah diperpanjang atau bubar jalan?

Ajenk Rama

Sepanjang tahun 2022, penggemar melihat banyak grup K-pop bubar. Mulai dari masalah internal grup, perselisihan dengan agensi, hingga tidak memperpanjang kontrak dengan alasan pribadi.

Tahun 2023 mendatang, ada sejumlah grup K-pop yang kontraknya akan segera berakhir. Mereka harus membuat keputusan untuk memperpanjang atau tidak. Grup K-pop tersebut memulai debut di tahun 2016 dan memiliki kontrak eksklusif selama 7 tahun.

Melansir Koreaboo, grup K-pop yang kontraknya akan berakhir di 2023 cukup terkenal dan mempunyai basis penggemar cukup besar. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. NCT

Soompi.com

Grup K-pop berjumlah 23 orang anggota dan akan terus bertambah di masa mendatang berada di naungan agensi SM Entertainment. Mereka terbagi menjadi tiga sub unit, yakni NCT U memulai debut pada 9 April 2016, lalu NCT 127 pada 7 Juli 2016, dan NCT Dream pada 25 Agustus 2016. 

Mengingat banyaknya anggota dalam sub-unit tersebut, penggemar merasa tidak mungkin sepenuhnya NCT akan bubar. Namun, ada kemungkinan besar beberapa anggota tidak melanjutkan kerja sama dengan agensi di 2023.

Belum diketahui siapa anggota tersebut, biasanya anggota yang jarang mendapatkan promosi lebih, bermasalah, atau diabaikan menjadi faktor salah satu anggota hengkang dari grupnya.

2. BLACKPINK

Blackpinkupdate.com

Baru merilis lagu "Pink Venom" di tahun ini, BLACKPINK disibukkan dengan jadwal konser di tahun 2023 mendatang. Namun, kontrak eksklusif mereka juga akan segera berakhir di YG Entertainment.

Keempat perempuan muda penuh talenta ini pertama kali debut pada 8 Agustus 2016 dan sebagian besar penggemar percaya jika Jennie Cs akan memperpanjang kontrak dengan agensi.

Alasan terkuat penggemar BLACKPINK tidak bubar di masa mendatang, karena keinginan keempat anggota untuk tetap bersama. Kendati, ada kekhawatiran kecil tentang masa depan grup tersebut jika agensi tidak memperhatikan mereka dengan baik.

3. ASTRO

Pinterest.com

Berada di agensi Fantagio, ASTRO pertama kali diperkenalkan ke publik pada 23 Februari 2016. Jejak pendapat di antara penggemar meyakini jika para anggota akan melanjutkan kontrak dengan agensi.

Namun, ada kondisi berbeda terkait Cha Eun Woo. Beberapa di antara penggemar percaya Cha Eun Woo akan tetap bersama ASTRO, tetapi sebagian lagi merasa Cha Eun Woo akan keluar agensi, namun tidak hengkang dari grup. Mengingat popularitas Eun Woo semakin meroket di dunia akting, kemungkinan untuk pergi dari agensi sangat besar.

4. PENTAGON

Nme.com

Dibentuk oleh Cube Entertainment, PENTAGON memulai debutnya pada 10 Oktober 2016 dengan anggota Jinho, Hui, Hongseok, Shinwon, Yanan, Yeo One, Yuto, Kino, dan Wookseok.

Mereka diperkenalkan melalui ajang pencarian bakat Mnet, Pentagon Maker. Tahun 2023 nanti, kontrak mereka akan berakhir. Mereka adalah grup yang membuat penggemar bingung, karena Hui diketahui akan berpartisipasi dalam acara kompetisi, Boys Planet.

Sementara, Yanan sangat pendiam dan tidak ada pembaruan. Hal ini mengkhawatirkan penggemar terkait keutuhan grup K-pop, PENTAGON.

5. VICTON

Kpopping.com

Tidak banyak penggemar yang mengetahui grup K-pop satu ini. Mereka adalah VICTON yang debut pada 9 November 2016 dengan album min, Voice to New World di agensi Plan A Entertainment.

VICTON terdiri dari Han Seung-woo, Kang Seung-sik, Heo Chan, Lim Se-jun, Do Han-se, Choi Byung-chan dan Jung Su-bin. Namun, Heo Chan keluar dari grup karena masalah DUI. Meski salah satu anggota terlibat kontroversi, penggemar berharap anggota lain bisa memperpanjang kontrak dengan agensi.

6. WJSN

Kpopping.com

Cosmic Girls atau WJSN memulai debut pada 25 Februari 2016. Berbagai pendapat di kalangan penggemar mengungkapkan jika para anggota akan memperbarui kontrak, tetapi ada asumsi kuat bahwa salah satu di antara mereka bakal hengkang untuk meniti karier solo.

Selain itu, kesuksesan IVE di bawah label yang sama dengan WJSN memicu kekhawatiran lain. Penggemar merasa Starship Entertainment bisa saja berhenti memberikan dana ke grup K-pop terdahulu.

7. MOMOLAND

Kpopping.com

Terakhir, ada MOMOLAND yang bernaung di MLD Entertainment dan memulai debut pada 10 November 2016, dengan album mini bertajuk Welcome to Momoland. Para anggota adalah pemenang dari acara realitas, Finding Momoland di Mnet.

Dari semua grup K-pop yang kontraknya bakal berakhir di 2023, MOMOLAND menarik perhatian. Pasca kesuksesan "BBoom BBoom", sejumlah kejadian kurang menyenangkan terjadi 'tubuh' MOMOLAND, salah satunya kurangnya comeback.

Hal tersebut membuat penggemar ketar-ketir akan masa depan MOMOLAND sebagai grup. Sebagian besar berharap mereka tidak akan melanjutkan kontrak demi kehidupan karier yang lebih cemerlang dan dihargai oleh agensi berikutnya.

Nah, itulah deretan grup K-pop yang kontraknya akan berakhir 2023. Apakah ada grup favoritmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life