Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Penulis Naskah Terbaik Drama Korea, Karyanya Tak Mengecewakan!

Membekas di hati penonton

Ajenk Rama

Kesuksesan sebuah drama korea, tidak hanya bergantung dari paras atau kemampuan akting para pemain, nih. Tetapi, ada sosok lain yang memegang peranan penting, yaitu penulis naskah atau script writer. 

Biasanya, nama mereka sering dijadikan jaminan drama laris manis di pasaran. Ide cerita dan dialog antar pemeran yang mengesankan menjadi daya tarik utama bagi penikmat drama.

Sejumlah drama Korea terbaru yang ditulis mampu meraih rating tertinggi. Hal ini yang membuat mereka dijuluki sebagai penulis naskah drama Korea terbaik. Dari sebagian besar drama Korea yang lagi on going saat ini, mereka ikut terlibat di dalamnya, lho. 

Buat kamu yang gemar menonton drama Korea, kenalan dulu dengan penulis naskah drama Korea terbaik yang karyanya tidak pernah mengecewakan. 

1. Yang Hee Seung

Berbagai sumber

Lahir pada 1970, Yang Hee Seung memulai kariernya pada tahun 1996 saat ia berusia 26 tahun. Naskah pertama yang Yang Hee Seung ditulis adalah sitkom populer berjudul Three Guys and Three Girls. Ia dikenal dengan tulisan kreatifnya, terutama dalam genre komedi-romantis.

Oh My Ghost, Weightlifting Fairy Kim Book Joo, dan Once Again menjadi karya terbaik Yang Hee Seung dalam 7 tahun terakhir. Kisah dramanya sering berpusat pada pemeran utama perempuan yang modern, menyenangkan, dan tangguh. 

2. Kim Eun Sook

Berbagai sumber

Bagi yang belum tahu, ia dikenal sebagai ratu penulis drama romantis Korea Selatan. Kim Eun Sook yang lahir pada tahun 1973 dan penulis naskah paling ikonik di antara yang lain. Tulisan Kim Eun Sook pertama kali menarik perhatian saat Lovers in Paris menjadi hit besar di televisi pada 2004 silam. 

Sejak saat itu, ia menelurkan banyak karya fenomenal di antaranya, On Air, City Hall, Secret Garden, A Gentleman's Dignity, The Heirs, Descendants of The Sun, Goblin, Mr.Sunshine, dan terakhir The King: Eternal Monarch

Semuanya mencapai kesuksesan besar dan mendongkrak popularitas para pemain yang membintangi drama tersebut. Dengan kualitas tersebut, Kim Eun Sook menjelma dari penulis layar kecil menjadi penulis skenario emas. Hampir semua dialog di naskah penulis Kim membekas di hati penonton. 

3. Kwon Do Eun

Berbagai sumber

Pernah menjadi asisten penulis Kim Eun Sook, Kwon Do Eun merilis karyanya sendiri pada 2009 dengan naskah berjudul Search: WWW, sebuah drama yang dipimpin oleh tiga perempuan tangguh dan penuh semangat di akhir usia 30-an. 

Tiga tahun berlalu, Kwon Do Eun membuat comeback dengan karya mengesankan dan menjadi perbincangan hangat di media maya, yakni Twenty Five Twenty One. Kisah menarik tentang kehidupan anak muda yang tergerus realita oleh krisis moneter '98 di Korea Selatan.

Fokus utamanya terletak pada karakter Na Hee Do dan Baek Yijin, yang diperankan oleh Kim Tae Ri dan Nam Joo Hyuk. Penggambaran cinta dan persahabatan yang kuat antar pemeran sukses menyentuh hati penonton. Meski ada sedikit keluhan dari warganet, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang kesuksesan drama ini. 

4. Kang Eun Kyung

Berbagai sumber

Menempuh pendidikan di University of California, Kang Eun Kyung menjadi penulis naskah terbaik yang cukup aktif menghasilkan drama Korea. Prestasi gemilangnya dimulai saat ia menulis drama hit berjudul King of Baking, Kim Takgu dan My Name is Kim Sam Soon

Beberapa tahun kemudian, ia menciptakan konten yang sangat dihargai penikmat drama, yakni Dr. Romantic. Penulis naskah Kang dikenal sebagai sosok yang mampu menulis banyak genre dari drama keluarga, romantis, hingga film. 

Dengan pengalamannya di dunia penulisan, ia mendirikan perusahaan sejak tahun 2015 demi melatih penulis naskah muda. Di tahun 2020, penulis Kang menghadirkan karya yang mengaduk emosi penonton berjudul The World of the Married. Drama ini pula yang melejitkan nama Han So Hee di industri hiburan. 

Selain itu, penulis naskah Kang juga terlibat dalam proses penulisan drama comeback Song Hye Kyo bersama Jang Ki Young, yaitu Now, We're Breaking Up. Ia mempertemukan Park Min Young dan Song Kang di Forecasting Love and Weather

5. Im Sang Choon

Berbagai sumber

Jika sering menonton drama Korea bertema slice of life, rasanya sulit melupakan nama penulis naskah bernama Im Sang Choon. Ia merupakan rajanya realitas. yang melahirkan karya hebat sekelas Fight For My Way dan When the Camellia Blooms

Keduanya menjadi salah satu drama dengan penggambaran cukup baik tentang kehidupan keras orang-orang kecil dalam lingkup masyarakat modern. Tanpa kemewahan atau romansa berlebih, Im Sang Choon menghadirkan kisah yang mampu membuat penonton berempati pada masing-masing karakter. 

Menariknya, Im Sang Choon menjadi penulis naskah pria, yang dramanya berpusat pada sosok perempuan dengan kehidupan sederhana. Ia diharapkan dapat menghasilkan banyak karya fenomenal di masa mendatang. 

6. Park Ji Eun

Berbagai sumber

Kehebohan Crash Landing on You pada 2019 yang mempertemukan dua sejoli, yakni Hyun Bin dan Son Ye Jin, tidak terlepas dari campur tangan penulis naskah Park Ji Eun. Meniti karier sejak 1997, Park Ji Eun terkenal dengan naskah drama yang unik dan menarik untuk dinikmati. 

Sepanjang kariernya, penulis naskah Park telah menghasilkan banyak drama Korea hit. Mulai dari Queen of Housewives, My Husband Got A Family, My Love From The Stars, The Producers, hingga Legend of Blue Sea. Beberapa dramanya juga dibintangi aktor termahal Korea Selatan sekelas Hyun Bin, Lee Min Ho, dan Kim Soo Hyun. 

7. Hong Sisters

Berbagai sumber

Debut pada 2005 dengan drama Sassy Girl Chun Hyang, penulis naskah Hong Sister langsung mencuri perhatian di dunia penulisan naskah. Mereka terdiri dari Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran. 

Di tahun 2011, karya mereka yang berjudul The Greatest Love mengantarkan Hong Sister menerima berbagai penghargaan sebagai penulis naskah terbaik. Karier mereka berkembang pesat dan menelurkan berbagai drama Korea pilihan.

My Girlfriend is Gumiho, Master's Sun, dan Hotel Del Luna menjadi karya Hong Sisters bergenre fantasi yang membekas di hati penikmat drama. 

8. Noh Hee Kyung

Berbagai sumber

Umumnya, drama-drama tulisan Noh Hee Kyung mengisahkan kehidupan kaum urban yang menyentuh hati. Karakternya cenderung kompleks, dengan dialog yang ringan dan mendalam. 

Ia memulai debutnya sebagai penulis sejak tahun 1996. Drama That Winter, The Wind Blows dan It's Okay, That's Love menjadi dua drama, hasil eksekusi Noh Hee Kyung paling terkenal. 

Di tahun 2022, Noh Hee Kyung terlibat dalam proses penulisan naskah drama comeback Kim Woo Bin dengan deretan artis ternama lainnya, yaitu Our Blues. Drama Korea tersebut dijadwalkan mengudara pada 9 April 2022 mendatang. 

Pantas jika drama Korea yang dihasilkan para penulis naskah ini laris manis di pasaran. Ide cerita mereka memang out of the box. Jadi, siapa penulis naskah favoritmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life