Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Fakta Kim Ji Won, Si Anak Bungsu di 'My Liberation Notes'

Sempat diisukan dekat dengan sejumlah aktor ternama

Ajenk Rama

Tahun 2022, My Liberation Notes menjadi proyek akting yang dipilih oleh Kim Ji Won. Ia memerankan karakter Yeom Mi Jung, si anak bungsu dengan kepribadian introvert dan kesepian. 

Lewat mata cantiknya, Kim Ji Won berhasil menjiwai karakter Yeom Mi Jung yang penuh kekosongan. Matanya seolah berbicara saat mulutnya tak sanggup berucap. Di dunia seni peran, Kim Ji Won memang sering mengambil peran yang tak biasa. Tapi, hasilnya selalu luar biasa. 

Padahal, awal karier Kim Ji Won bukan berasal dari akting. Ia menempuh banyak hal untuk bisa mencapai di titik ini. Seperti apa perjalanan karier dara cantik satu ini? Dirangkum dari berbagai sumber, simak kisahnya di bawah. 

1. Pernah dilatih menjadi penyanyi

Instagram.com/geewonii

Sebelum menggeluti akting, aktris kelahiran Geumcheon, Korea Selatan ini pertama kali terjun ke dunia hiburan Korea Selatan direncanakan debut sebagai penyanyi. Ia pernah menjadi background vocal dari Younha dan muncul di musik video "Gossip Boy" dengan nama panggung JessicaK tahun 2008 silam. 

Namun, ia menyadari tampil di atas panggung bukan pilihan hatinya. Kim Ji Won memilih fokus mendalami dunia seni peran hingga saat ini. 

"Saya pikir, saya harus berhenti bernyanyi. Lebih baik kesempatan emas tersebut diberikan kepada mereka yang berbakat dalam bernyanyi. Sekarang, saya hanya ingin fokus pada karier akting."

Pernyataan itu pernah Kim Ji Won utarakan dalam sebuah wawancara sekitar tahun 2018.

2. Menekuni akting sejak tahun 2010

Hancinema.net

Kesempatan akting datang kepadanya pada tahun 2010. Kim Ji Won mendapatkan tawaran bermain dalam drama Mrs. Saigon. Namun, namanya mulai dikenal saat tampil di drama komedi, High Kick: Revenge of The Short Legend (2011). 

Akhirnya, akting Kim Ji Won melesat. Ia bermain dalam film layar lebar berjudul Romantic Heaven tahun 2011. Pada tahun 2012, Kim Ji Won menerima dua proyek akting sekaligus, To The Beautiful You dan film Horror Studies

Kim Ji Won semakin bersinar saat memerankan karakter Rachel Yoo yang menyebalkan di The Heirs bersama Lee Min Ho dan Park Shin Hye. Peran-peran ikonik seperti melekat dalam diri Kim Ji Won seperti karakternya di Descendants of The Sun (2016) dan Fight For My Way (2017). 

3. Terkenal sebagai bintang iklan

Twitter.com/klmjiw0n

Bersamaan dengan debut aktingnya, Kim Ji Won pernah menjadi model iklan ponsel bersama BIGBANG di tahun 2010. Di tahun yang sama, ia kembali membintangi iklan minuman dan membuat paras mungilnya disukai berbagai kalangan. 

Ia disebut-sebut sebagai 'Oran C Girl' dan 'Lollipop Girl' di usia 19 tahun. Bahkan, banyak penggemar menyebut mata Kim Ji Won dan wajah mungilnya mirip aktris senior, Kim Tae Hee. Sebab itu, ia mendapat julukanThe Little Kim Tae Hee. 

4. Sempat bercita-cita sebagai guru TK

Twitter.com/kimjiwonii92

Saat masih kecil, Kim Ji Won tidak pernah berpikir untuk masuk ke dunia hiburan Korea, apalgi menjadi aktris. Kala itu, dara manis ini mengaku bercita-cita menjadi guru TK, karena menyukai anak kecil.

Kim Ji Won mengungkapkan jika dirinya sering menghabiskan waktu dengan anak-anak. Ia merasakan banyak energi positif saat bermain bersama mereka. 

5. Pernah menempuh pendidikan di Amerika

Pinterest.com

Sebelum sukses melesatkan kariernya di dunia akting, Kim Ji Won pernah menempuh pendidikan selama setahun di Chicago, Amerika Serikat. Hal ini bermula dari keluarganya yang memilih pindah ke distrik tersebut untuk bertemu dengan sang nenek, dari pihak ibu. 

6. Menyabet berbagai penghargaan bergengsi

Pinterest.jp

Sebagai aktris muda, Kim Ji Won termasuk sosok yang berani mengambil risiko. Ia sering menantang dirinya untuk memerankan karakter berbeda di setiap proyek aktingnya. Berkat totalitasnya, Kim Ji Won diganjar berbagai penghargaan bergengsi. 

Ia pernah membawa pulang trofi New Star Award dalam ajang SBS Drama Award atas perannya di The Heirs. Tak lama setelah itu, Kim Ji Won menyabet beberapa penghargaan di ajang KBS Awards, Baeksang Art Awards, hingga Apan Star Award lewat aktingnya di Descendants of The Sun

Saat memerankan Choi Ae Ra di Fight for My Way, Kim Ji Won sukses memenangkan tiga penghargaan di kategori Excellent Actress, Netizen Award, dan Best Couple Award tahun 2017 silam.

7. Menjadi gadis pujaan Kim Hanbin

Berbagai sumber

Buat sebagian penggemar iKON pasti sudah mengetahui hal ini, tetapi ada pula yang belum mengetahui bahwa Kim Ji Won pernah menjadi sosok gadis pujaan Kim Hanbin. Aktris multitalenta ini merupakan inspirasi Kim Hanbin saat membuat lagu. Ia mengakui bahwa Kim Ji Won termasuk tipe perempuan idamannya. 

"Aku selalu memikirkannya saat sedang menulis lirik lagu."

Saking sukanya, Kim Hanbin berusaha meluangkan waktu untuk menonton drama yang dibintangi oleh Kim Ji Won, lho. Nggak hanya itu, Kim Hanbin sering menggunakan kutipan dialog Kim Ji Won untuk diselipkan di judul atau lirik lagu ciptannya. Duh, sweet banget, ya!

8. Pernah diisukan dekat dengan sejumlah aktor

Berbagai sumber

Berparas cantik dan supel terhadap semua orang di sekitar lokasi syuting sering membuat Kim Ji Won diisukan menjalin hubungan dengan sejumlah aktor. Ada beberapa nama aktor kenamaan yang dirumorkan berkencan dengan sang aktris di antaranya, Yoo Yeon Seok dan Park Seo Joon. 

Kabar kedekatan Kim Ji Won dengan Yoo Yeon Seok mencuat di tahun 2016. Keduanya tertangkap kamera sedang pergi ke sebuah restoran pada pukul 21:00 waktu setempat di distrik Cheomdang-dong.

Mereka terlihat sedang berbagai makanan dan digambarkan cukup mesra. Tapi, hubungan tersebut dibantah oleh kedua belah pihak dan kedekatan mereka hanya sebatas teman biasa. 

Sementara, hubungan asmara Kim Ji Won dan Park Seo Joon merebak karena chemistry keduanya yang cukup kuat di Fight for My Way. Tetapi lagi-lagi, rumor asmara itu dibantah dan diselesaikan oleh Park Seo Joon pada 2017. 

Itulah lika-liku kehidupan Kim Ji Won sebelum terjun ke dunia seni peran, beserta kisah asmaranya bersama aktor ternama Korea Selatan. Jangan lupa saksikan akting terbarunya di My Liberation Notes, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Working Life