Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Artis Korea yang Pindah Agensi Baru di 2024, Ada Lee Jong Suk

Membuka kesempatan baru untuk kegiatan solo

Ajenk Rama

New Year, New Me! Tahun baru memang ajang banyak orang untuk membuka kesempatan atau resolusi baru dari segala aspek. Tahun 2024 ini juga dimanfaatkan dengan baik oleh sejumlah artis korea Selatan, yang mengawali langkahnya bergabung dengan agensi baru.

Setelah bertahun-tahun menetap dan masa kontrak habis, beberapa artis Korea Selatan ini memilih untuk melebarkan sayapnya di kegiatan solo bersama agensi baru. Namun, untuk urusan grup, mereka tetap menjalin kerja sama dengan agensi lama. 

Siapa saja artis Korea Selatan yang bergabung dengan agensi baru di 2024? Berikut daftar terbarunya di bawah ini. 

1. Lee Jong-suk

Instagram.com/acefactory.official

Aktor tampan, Lee Jong-suk membuat keputusan besar di tahun 2024. Pemain Big Mouse itu resmi menandatangani kontrak eksklusif dengan agensi baru, yaitu Ace Factory pada 3 Januari 2024. 

Tak sekadar mempromosikan di depan layar, tetapi Ace Factory juga mendukung niat Lee Jong-suk untuk mendirikan rumah produksi sendiri dengan bantuan mereka. Agensi yang berdiri tahun 2018 ini telah menjadi 'rumah' bagi sejumlah aktor dan aktris Korea seperti Lee Si-young, Yoo Jae-myung, Lee Joon-hyuk, Yeom Hye-ran, hingga Lee Kyu-hyung. 

Secret Forest, Confession, hingga Grid adalah beberapa drama Korea yang diproduksi oleh Ace Factory. Agensi ini juga mengembangkan bisnis mereka melalui teknologi VFX dan Metaverse. 

2. Jisoo 'BLACKPINK'

Instagram.com/sooyaaa__

Setelah dikonfirmasi tak memperpanjang kontrak individu, Jisoo 'BLACKPINK' dikabarkan bergabung dengan Biomom untuk aktivitas solonya. Biomom adalah perusahaan keluarga yang dipimpin oleh kakak laki-laki Jisoo. 

Sebelumnya, Biomom merupakan nama brand makanan kesehatan yang akan memasuki dunia hiburan Korea Selatan. Mereka akan memakai nama sementara, yaitu Blisoo. Demi mendukung aktivitas solo Jisoo, mereka akan mempekerjakan orang yang berpengalaman di bidangnya. Mulai dari manajer konten video hingga bodyguard untuk Jisoo. 

3. Hwang In-yeop

Insgtagram.com/hi_high_hiy

Sempat dirumorkan akan mendirikan agensi baru, akhirnya Hwang In-yeop menjawab rasa penasaran publik. Pada 2 Januari 2024, perwakilan KN Studio merilis pernyataan resmi bahwa mereka akan menjadi rumah baru bagi aktor kelahiran 1991 itu. 

KN Studio adalah perusahaan agensi yang didirikan oleh seorang manajer yang bekerja sama dengan sang aktor saat di KeyEast Entertainment. Mereka sepakat untuk kembali bekerja sama atas dasar kepercayaan dan ikatan mendalam.

"Kami senang dapat menemani aktor Hwang In-yeop untuk mengambil langkah baru di tahun 2024. Kami akan berusaha keras untuk mendukungnya secara aktif di berbagai bidang dan memberikan kemitraan terbaik," tulis KN Studio.

Tahun 2024, Hwang In-yeop tengah disibukkan dengan persiapan drama terbaru berjudul Prefabicated Family sebagai pemeran utama.  

4. Chen dan Xiumin 'EXO'

Allkpop.com

Bertahun-tahun menjalin kerja sama dengan SM Entertainment, kedua anggota EXO, yaitu Chen dan Xiumin dikabarkan bergabung dengan agensi independen milik Baekyun. Tahun 2024 juga menjadi langkah awal Baekhyun mendirikan agensi bernama I&B100. 

Berdasarkan laporan Ten Asia, Chen dan Xiumin tercatat sebagai artis yang bernaung di perusahaan tersebut untuk mengembangkan karier solo mereka di masa depan. I&B100 resmi didirikan pada 23 Juni 2023 dan Baekhyun terdaftar sebagai pemilik dan CEO dari perusahaan tersebut. 

5. Hyerim eks 'Wonder Girls'

Instagram.com/wg_lim

Salah satu anggota girl group generasi kedua, yaitu Hyerim eks 'Wonder Girls' kembali aktif di dunia hiburan Korea Selatan usai melahirkan anak pertamanya. Pada 2 Januari 2024, Hyerim resmi mengakhiri masa hiatusnya dengan bergabung di Wave Entertainment. 

"Aku sangat senang bertemu dengan agensi baruku. Aku akan menunjukkan penampilan terbaik lagi di Wave Entertainment. Mohon untuk menantikan berbagai aktivitasku di masa mendatang," ujar Hyerim. 

Wave Entertainment adalah agensi baru yang didirikan pada tahun 2023 oleh Tyler Lasch dan Julian Quintart. Agensi ini menaungi Eva Popiel, Carlos Gorito, Sarah Soo-kyung Unrie, Dan Belakov Ilya. 

6. Wooseok 'PENTAGON'

Twitter.com/CUBE_PTG_JAPAN

Memutuskan hengkang dari Cube Entertainment, Wookseok 'PENTAGON' memilih untuk memulai langkah baru di dunia hiburan bersama Undefined Entertainment pada 2 Januari 2024. 

Perwakilan agensi mengungkapkan jika artis besutannya itu akan fokus dengan kegiatan solo sebagai penyanyi. Usai bergabung, Undefined Entertainment membocorkan sedikit aktivitas Wooseok di tahun 2024. 

Idol yang memulai kariernya pada 2016 silam akan mengadakan Fan Meeting di paruh pertama tahun 2024, serta meluncurkan album baru. Wooseok akan menggunakan waktu untuk bertemu dengan penggemar dari dekat. 

7. Band Daybreak

Sports.khan.co.kr

Selama ini, mungkin nama DAY6, Xtraordinary Heroes, Lucy, hingga The Rose tak asing di telinga penikmat band Korea Selatan. Tapi, ada satu nama band Korea lain, yaitu Daybreak yang mengambil keputusan besar di awal tahun 2024. 

Band yang beranggotakan empat orang ini mengakhiri kontrak eksklusif dengan MPMG Music per tanggal 3 Januari 2024. Mereka menandatangani kontrak baru bersama Mystic Story.  

Di bawah pimpinan CEO Yoon Jong-shin, Mystic Story telah melahirkan banyak musisi di dunia hiburan seperti Gain, Brown Eyed Girls (BEG), Eddie Kim, Band Lucy, dan penyanyi trot, HongJa. 

Agensi baru, harapan baru. Semoga di agensi baru, para artis Korea ini bisa berkembang dan melahirkan karya terbaik untuk para penggemar setianya. Saatnya, kita menantikan gebrakan teranyar dari mereka di sepanjang tahun 2024, ya. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life