Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 YouTuber Selebritas Pendapatan Tertinggi 2022 versi Forbes Korea

Ada favoritmu?

Ajenk Rama

Forbes Korea baru saja mengumumkan daftar tahunan selebritas paling berpengaruh di YouTube berdasarkan perkiraan pendapatan tertinggi mereka di 2022. Para selebritas ini begitu aktif di YouTube, sehingga kanal mereka meraup pendapatan yang cukup signifikan.

Pendapatan YouTuber selebritas di kanal resmi agensi atau pribadi melesat setara dengan jumlah penggemar setia mereka. Menariknya, ada satu YouTuber yang tidak berasal dari kalangan penyanyi atau artis, namun kanalnya berhasil menyedot perhatian publik.

Lantas, siapa saja yang berhasil masuk YouTuber selebritas paling berpengaruh versi Forbes Korea? Berikut daftarnya. 

10. Lee Mal Nyeon

Penulis webtun, Lee Mal Nyeon menjadi satu-satunya non-singer yang masuk dalam daftar 10 YouTuber selebritas teratas dengan pendapatan mencapai US$1,34 juta atau setara Rp 20 miliar.

Lee Mal Nyeon mengelola kanal YouTube bernama Calm Man. Ia menampilkan sejumlah aktivitas menarik dari ulasan makanan, siaran langsung, hingga permainan yang sukses menarik minat publik. Kanal YouTube Calm Man telah mempunyai 1,78 juta pengikut saat ini.

9. Lim Young Woong

Dikenal sebagai penyanyi trot dan ballad, Lim Young Woong bergabung di kanal YouTube pada 2 Desember 2011. Kala itu, ia mengunggah video debutnya berjudul "Hate You". Lim Young Woong cukup aktif berinteraksi dengan penggemar di kanal YouTube-nya.

Berbagai macam aktivitas dilakukan seperti mengunggah sampul lagu, di balik layar pembuatan lagu, siaran langsung, klip sorotan, membaca komentar, hingga vlog. Sampai tahun 2022, ia telah mengunggah video sebanyak 613 dan memiliki 1,4 juta pengikut.

Pundi-pundi pendapatan Lim Young Woong dari kanal YouTube setara dengan pendapatan dari kanal YouTube Calm Man, yaitu sebesar US$1,34 atau Rp20 miliar. 

8. (G)I-DLE

Kanal YouTube resmi (G)I-DLE pertama kali bergabung pada 19 April 2018. Kanal tersebut menyuguhkan berbagai konten menarik dan pilihan untuk para penggemar mulai dari vlog, promosi lagu, video musik, hingga siaran langsung dari anggota (G)I-DLE.

Tahun 2022 menjadi tahun tersibuk bagi grup besutan Cube Entertaiment mengunggah konten di YouTube. Perilisan album studio hingga promosi tur dunia pertama mereka ada dalam kanal mereka.

Ada lebih dari 300 video telah diunggah di kanal YouTube yang memiliki jumlah pengikut mencapai 4,11 juta. Pendapatannya tak kalah mengesankan, yaitu US$1,55 juta atau Rp23 miliar.

7. ITZY

Grup K-Pop perempuan besutan JYP Entertainment ini membuka kanal YouTube pada 2019 lalu dan basis pengikut ITZY di YouTube terus meningkat sebanyak 7,66 juta. Konten #SneakersChallenge berkontribusi besar pada trafik konten mereka tahun 2022.

Dari berbagai aktivitas, kanal YouTube ITZY meraup pendapatan sebesar US$1,71 juta atau sekitar Rp25,3 miliar. "Sneakers" adalah single utama dari album mini kelima ITZY bertajuk Checkmate. ITZY juga tengah disibukkan dengan tur dunia dan belum lama ini, Ryujin dan Yeji tampil bareng Bebe Rexha di panggung KCON LA 2022.

6. aespa

Sebagai grup K-Pop perempuan generasi keempat, aespa sukses menyihir penggemar di seluruh dunia dengan bakat dan visual mereka. Tahun ini, aespa tampil di forum politik PBB, konser musim panas GMA, serta merampungkan konser SM Town Live di Suwon.

aespa baru bergabung di kanal YouTube pada Juni 2022, namun sudah memiliki 4,05 juta pengikut dengan 194 video yang telah diunggah. Isi kanal YouTube aespa sangat beragam antara lain video musik, perjalanan para anggota selama di Los Angeles dan New York, penampilan di atas panggung, hingga koreografi tarian.

Dari aktivitas tersebut, kanal YouTube aespa mengantongi pendapatan sebesar US$1,76 juta atau Rp26 miliar. Vlog atau tantangan #DreamsComeTrue menjadi konten dengan trafik tertinggi di kanal mereka.

5. Sunmi

Pelantun "Heart Burn" ini menghadirkan konten yang mencerminkan kepribadiannya yang hangat dan bersemangat. Spontanitas dan humornya membuat kanal YouTube-nya telah dan menarik minat penggemar.

Saat ini, kanal YouTube yang dibuka sejak 2018 telah mempunyai pengikut sebanyak 1,46 juta dan 242 video. Sebagian besar konten Sunmi berpusat pada promosi konser, album, endorsement, pemotretan majalah, hingga aktivitas sehari-hari yang diperbaharui untuk penggemar.

Terakhir, kanal YouTube Sunmi mengunggah sebuah video baru sekitar 8 jam yang lalu dan ditonton 5,1 ribu kali. Nggak mengherankan, kalau Sunmi bisa menerima pendapatan dari YouTube hingga US$2,48 juta atau Rp36,8 miliar.

4. SEVENTEEN

Grup K-Pop laki-laki beranggotakan 13 orang secara konsisten menikmati konten trafik yang tinggi di kanal YouTube mereka. Konten berjudul GOING SEVENTEEN, SSSS CAM, dan INSIDE SEVENTEEN menjadi tiga di antara video dengan penayangan terbanyak tahun ini.

SEVENTEEN membuka kanal YouTube sejak November 2012 dan telah mengumpulkan pengikut sebesar 8,37 juta dengan mengunggah lebih dari 1.000 video. Pendapatan kanal YouTube resmi Mingyu Cs ini bisa mencapai US$2,53 juta atau sekitar Rp35,6 miliar. Saat ini, SEVENTEEN masih melanjutkan tur dunia mereka bertajuk Be The Sun dan Indonesia masuk dalam daftar negara yang didatangi.

3. PSY

Memasuki posisi tiga teratas, ada kanal milik YouTuber selebritas PSY yang memiliki 17,4 juta pengikut dan telah mengunggah lebih dari 100 video di YouTube-nya. PSY bergabung di YouTube sejak Oktober 2010 dan trafik kontennya selalu tinggi.

Comeback "That That" bersama Suga 'BTS' menjadikan PSY sebagai YouTuber selebritas paling berpengaruh di peringkat ke-3 dengan pendapatan sebesar US$3,56 juta atau Rp53 miliar.

2. BLACKPINK

Tidak jauh berbeda dengan SEVENTEEN, BLACKPINK juga menjadi YouTuber selebritas yang memiliki konten trafik cukup tinggi. Dari 427 video yang diunggah sejak 2016, kamu bisa melihat hanya sedikit video yang penontonnya di bawah satu juta.

Hampir sebagian besar konten BLACKPINK mencapai 8 atau 9 juta viewers. Pengikut di kanal ini sebanyak 79,4 juta dan single terbaru berjudul "Pink Venom" sudah ditonton sebanyak 226 juta. Pendapatan yang diraih pun mengikuti popularitas mereka sebesar US8,11 juta atau kurang lebih Rp120,5 miliar.

1. BTS

Di posisi jawara, ada raja YouTuber selebritas yang paling berpengaruh dan berpendapatan tertinggi versi Forbes Korea, yaitu BTS. Kanal YouTube grup K-Pop besutan HYBE Labels ini terus berkembang pesat sejak dibuka pada 2012 silam.

Video BTS sebagian besar menampilkan awal yang sederhana dari sebuah grup, yang ditakdirkan populer ke internasional. Waktu berlalu begitu cepat hingga BTS memiliki basis penggemar yang solid dan pengikutnya mencapai 70,5 juta di BangtanTV.

Berbicara soal pendapatan, pastinya kanal YouTube BTS sukses meraup nominal yang fantastis sebesar US$10,1 juta atau Rp150 miliar.

Jumlah yang sangat luar biasa, ya. Tentu untuk bisa mengantongi pendapatan sebesar itu harus dibarengi dengan konsistensi mengunggah video menarik dan persuasif. YouTuber selebritas mana yang sering kamu tonton, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life