Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Perjalanan Karier Kun, Leader WayV yang Multitalenta

Dulu menggemaskan, sekarang mendebarkan

Ajenk Rama

Setiap tanggal 18 Desember menjadi hari berbahagia untuk NCTzen dan WayZenNi, nih. Pasalnya, leader kesayangan WayV, Kun pertama kali diperkenalkan sebagai anggota dari SM Rookies di tanggal tersebut pada 2015 silam. 

Lima tahun berlalu, Kun yang dulunya terlihat menggemaskan kini menjelma menjadi sosok karismatik dan dipenuhi dengan talenta tersembuyi, selain menari dan bernyanyi di atas panggung. Di tengah perayaan lima tahunnya, Kun WayV juga sempat memberikan hadiah spesial untuk penggemar, lho.

Penggemar pun membalas merayakan hari perkenalan Kun tersebut dengan menaikkan tagar #ProudOfKUN dan #KUNGuRenGui hingga Trending Topic teratas di Indonesia. Nah, hadiah apa yang diberikan Kun untuk penggemar? Lantas, bagaimana perjalanan karier Kun WayV hingga terkenal seperti sekarang ini? Yuk, intip kisahnya di sini, Bela.

1. Berawal dari audisi global

Zerotoone01.tumblr.com

Laki-laki kelahiran tahun 1996 ini, pertama kali bergabung sebagai seorang trainee di SM Entertainment setelah dirinya mengikuti audisi global yang diselenggarakan di Guangzhou. Audisi tersebut membawa Kun merantau ke Korea dan menjalani masa pelatihan di agensi pada Juli 2015.

Dalam siaran langsung di Weibo pribadinya, Kun sempat memberitahu penggemar tentang momen perjalanannya ketika memulai audisi pertama kali, mulai dari nomor audisi yang ia kenakan, pesawat yang ia tumpangi, lokasi audisi, hingga makanan yang ia makan kala itu. 

Menariknya, saat mendaftar audisi melalui surat elektronik, ia tidak menerima balasan apapun. Ia sempat menduga tidak bisa mengikuti audisi tersebut, namun Kun bertanya ke orang-orang di Weibo. Beruntungnya, seseorang mengirimi surat elektronik tersebut ke Kun dan membuatnya berhasil lolos audisi.

2. Menjadi trainee sambil melanjutkan pendidikan

Pinterest.com

Selepas audisi dan masuk ke SM Entetainment, Kun menjalani berbagai jadwal yang cukup padat, mulai dari berlatih tari dan vokal, hingga mempersiapkan diri untuk memulai debutnya. 

Meski dipadati dengan sejumlah aktivitas, Kun yang berkuliah di Beijing Contemporary Music Academy berhasil menamatkan pendidikannya dengan cukup baik. Malah, Kun telah dinyatakan lulus dari tempat pendidikannya pada tahun 2017. Setahun kemudian, ia kembali ke akademi untuk mengikuti upacara kelulusan dan memberikan pidato singkat. 

3. Diperkenalkan bersama dua trainee lainnya

Kanal247.com

Setelah menjalani masa pelatihan cukup lama, pemilik nama lengkap Qian Kun ini akhirnya diperkenalkan oleh SM Entertainment pada 18 Desember 2015 sebagai bagian dari tim SM Rookies. 

Namun, perkenalan Kun ke publik tidak sendirian. Melainkan, bersama dua trainee SM lainnya, yakni Lucas dan Jungwoo. Ketiga SM Rookies ini dulunya diberi julukan lucky three people karena berhasil debut di agensi dan grup besar, di tengah persaingan yang ketat.

4. Muncul pertama kali di variety show NCT

YouTube.com/artsofking

Setahun kemudian, paras tampan Kun menyapa penggemar dalam sebuah variety show berjudul NCT Life season 2, yang menampilkan kegiatan anak-anak dari SM Rookies yang bakal debut di NCT atau WayV. Dalam NCT Life season 2, Kun tampil bersama dengan Winwin. 

Saat pertama kali muncul di acara tersebut, Kun masih sangat gugup dan cukup tertutup, lantaran perbedaan bahasa menjadi salah satu kendala Kun berbicara. Ia hanya belajar bahasa Korea formal, beruntung Doyoung menjadi teman yang baik untuk Kun berbicara dalam bahasa baku, walaupun mereka seumuran. 

5. Berkontribusi dalam lagu NCT U versi mandarin

Pinterest.com

Meski usianya masih cukup muda, tapi bakat bermusik Kun tidak perlu diragukan lagi. Tidak lama usai tampil di NCT Life, Kun dipercaya untuk berkontribusi dalam  penggarapan lagu NCT U versi Mandarin berjudul "Without You" pada 8 April 2016. 

Saat itu, NCT U merilis lagu tersebut dalam dua versi, yakni Korea dan Mandarin. Versi Korea dinyanyikan oleh Taeil, Doyoung, dan Jaehyun. Sementara versi Mandarinnya, dibawakan langsung oleh Kun di atas panggung. Di lagu tersebut, Kun juga muncul sebagai anggota baru di video musiknya, lho.

6. Mempersiapkan diri untuk debut di Tiongkok

Twitter.com/smrookies

Tampil di atas panggung sebagai bagian dari unit NCT U, Kun belum benar-benar dinyatakan debut sebagai seorang penyanyi, lho. Malah, ia kembali berlatih di ruangan latihan untuk mempersiapkan diri bersama sub-unit lain yang didebutkan di Tiongkok. 

Sekitar tahun 2017, Kun bersama trainee terpilih lain terus berlatih bersama. Butuh waktu kurang lebih dua tahun sebelum Kun dipercaya untuk berkarya dengan sub-unit lain di Tiongkok atau yang sekarang dikenal sebagai WayV.

7. Ikut bergabung dalam proyek NCT 2018

Fy-nct.com

Di tengah persiapan debut dengan unit Tiongkoknya, Kun kembali dipanggil untuk bergabung dalam proyek baru, yakni NCT 2018. Saat itu, SM Entertainment memang sudah memberi kode akan merilis sebuah comeback skala besar, 

Ketiga anggota baru NCT saat itu, yakni Kun, Jungwoo, dan Lucas menjadi pelengkap untuk comeback NCT 2018 dengan lagu andalan mereka, berjudul "Black on Black". Selain itu, Kun juga tampil dalam siaran langsung bertajuk Welcome melalui aplikasi V Live.

8. Terpilih sebagai leader dari unit WayV

Soompi.com

Selesai dari proyek NCT 2018, Kun disibukkan dengan persiapan baru di Tiongkok. Tepat pada 17 Januari 2019, Kun memulai debut perdananya di sub-unit WayV bersama Ten, Winwin, Lucas, Hendery, Xiaojun, dan Yangyang. 

Di WayV, Kun mengemban posisi sebagai seorang leader alias pemimpin untuk kelima anggota lainnya. Meski berposisi sebagai leader, namun Kun tetap sering menjadi sasaran untuk dikerjain atau diledek oleh para anggota, terutama Ten, Lucas, dan Yangyang. Hampir semua angota WayV, tidak ada yang takut dengan Kun. 

9. Menampilkan banyak bakat, seperti memasak

Pinterest.com

Di kalangan penggemar, Kun sudah terkenal dengan berbagai bakat tersembunyi, dari belajar menerbangkan pesawat sendiri, bermain sulap, sampai menjadi seorang juru masak. Malah, sebelum bergabung di WayV, Kun sering membuatkan masakan untuk anggota NCT Dream. 

Makanya, Kun pernah mendapat julukan 'Kun Eomma', tapi selalu ditolak sama Kun lantaran ia merasa laki-laki jadi harusnya dipanggil 'Kun Appa' bukan 'Kun Eomma'. Bakat memasaknya itu terlahir ketika dirinya masih bersekolah, karena ia sering ditinggal oleh orang tuanya, Kun belajar untuk mandiri dan memasak dari Ibunya. 

10. Merilis aransemen ulang dari band-nya dulu

Twitter.com/wayv_official

Selain punya bakat memasak dan bermain sulap, Kun juga dinilai sebagai musisi yang multitalenta karena mampu melakukan aransemen musik sendiri. Dalam sebuah video berjudul This and That, Kun sendiri memilih untuk melakukan aransemen lagu dibandingkan menulis lirik lagu. 

Salah satu instrumen musik yang ia sukai adalah piano. Tepat di hari perayaan lima tahun sebagai SM Rookies, Kun mengejutkan penggemar dengan merilis ulang sebuah irama instrumental dari lagu pre-debut bersama band-nya dulu, yaitu "Gu Ren Gui" sebagai ucapan terima kasih dan bentuk perkembangan dirinya sebagai seorang musisi.

Nah, itulah serangkaian perjalanan karier Kun, leader WayV yang multitalenta dari seorang trainee hingga berhasil menjadi seorang musisi dan penyanyi ternama. Apakah kamu sudah mendengarkan irama instrumental yang dirilis oleh Kun, Bela? Kalau belum, kamu bisa mendengarkannya di bawah ini. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life