Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pernah Makan Ramen Sepanjang Tahun, Ini Perjalanan Karier Nam Joo Hyuk

Awalnya Nam Joo Hyuk ingin bergabung dengan tim nasional

Aisyah Banowati

Kesuksesan drama Twenty Five Twenty One telah membuat jajaran pemainnya turut meraih kepopuleran. Menyuguhkan alur cerita yang menghibur dan berbeda dari drama kebanyakan, Twenty Five Twenty One mengisahkan dampak krisis keuangan IMF (International Monetary Fund) di tahun 1998.

Perjalanan hidup yang sulit, pada akhirnya mempertemukan seorang reporter olahraga dan atlet anggar. Mendapat kursi sebagai tokoh utama pria, ini merupakan drama yang dibintangi Nam Joo Hyuk setelah namanya semakin melejit lewat lakonnya sebagai Nam Do san di drama Korea Start-Up. Simak selengkapnya perjalanan kariernya!

Perjalanan Karier Nam Joo Hyuk

kdramastars.com

Mengawali karier sebagai model pada tahun 2013 di runway SONGZIO Homme spring/ summer 2014 Collection. Nam Joo Hyuk kemudian menjajal kemampuan aktingnya dengan tampil dalam video musik “Give Love” dan “200%” Akdong Musician, kemudian debut akting dalam drama The Idle Mermaid (2014). Total, hampir 10 tahun ia sudah berkarya di industri hiburan.

1. Model dan aktor asal Busan

cosmopolitan.com

Lahir di Dongsam Dong, Busan, pada 22 Februari 1994, Nam Joo Hyuk bukanlah aktor Korea yang lahir dari keluarga berada. Pada penampilannya di acara talk show Radio Star 2018, Nam Joo Hyuk mengaku harus memakan ramen cup sepanjang tahun, saat masih kelas tiga, serta tidak memiliki kamar mandi di rumah.

2. Punya cita-cita masuk tim nasional basket Korea

instagram.com/skawngur

Berencana masuk tim basket nasional, impiannya menjadi pemain basket nasional harus dikubur, saat dirinya menjalani operasi pada kakinya. Meski mengalami cedera parah, Nam Joo Hyuk tidak mengurangi rasa cintanya dengan olahraga.

Beruntung, dirinya dapat bertemu dan bertanding 1 lawan 1 dengan Stephen Curry, dalam salah satu episode Korea Infinite Challenge tahun 2017. Di waktu senggangnya, Nam Joo Hyuk senang menonton pertandingan bisbol, tim favoritnya adalah LOTTE Giants.

3. Memulai karier menjadi seorang model

instagram.com/skawngur

Memutuskan untuk pindah ke Seoul, aktor dengan tinggi 188cm ini, mencoba peruntungannya dengan mengikuti kompetisi Top Model. Berhasil menang, Nam Joo Hyuk kemudian menandatangani kontrak dengan YG Kplus dan mendaftarkan dirinya di akademi model.

4. Mendapat kesempatan menjadi pemeran utama dalam drama

twitter.com/KBSWorldTV

Pada tahun 2015, Nam Joo Hyuk mendapat kesempatan menjadi pemeran utama pria untuk drama Who Are You: School 2015, berperan sebagai Han Yi An, aktingnya dalam drama ini sukses membuatnya mendapat banyak tawaran bermain drama lainnya. 

instagram.com/skawngur

Tahun berikutnya, meski tidak melulu mendapat kursi sebagai pemeran utama, jajaran drama yang dibintanginya cukup populer, seperti Cheese in the Trap, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, serta Weightlifting Fairy Kim Bok-joo. Di tahun yang sama, dirinya juga mengambil tawaran untuk menjadi anggota tetap musim baru Three Meals a Day, yang disiarkan di stasiun televisi tvN.

5. All out dalam setiap peran yang dimainkannya

instagram.com/skawngur

Nam Joo Hyuk debut untuk film pertamanya, The Great Battle (2018), sebuah film sejarah berlatar pada masa dinasti Tang. Berperan sebagai Sa Mul, dirinya harus menunggang kuda untuk beberapa adegan yang intens. Terungkap, bahwa Nam Joo Hyuk belajar menunggang kuda sebelum syuting, demi peran yang dimainkannya.

6. Memiliki banyak jajaran prestasi sejak awal debut akting

twitter.com/NJHPhilippines

Berkat aktingnya dalam drama Who Are You: School 2015, aktor penyuka makanan ayam ini berhasil memenangkan Best New Actor, dalam acara penghargaan APAN Star Awards ke-4 tahun 2015. Di tahun yang sama, dirinya juga meraih Popularity Award di KBS Drama Awards 2015. 

Setelah merampungkan aktingnya untuk drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, Nam Joo Hyuk kembali mendapat penghargaan Best New Actor dalam acara penghargaan MBC Drama Awards 2016.

twitter.com/NJHPhilippines

Semakin mematangkan kemampuan aktingnya, lelaki berusia 28 tahun ini lagi-lagi meraih prestasi. Nam Joo Hyuk menerima penghargaan Rising Star Award dari Marie Claire Asia Star Awards 2018.

Masih di tahun 2018, ada beberapa piala penghargaan lain yang diterimanya, seperti; Best New Actor dari The Seoul Awards, Best New Actor dari Korean Association of Film Critics Awards, serta Best New Actor dari Blue Dragon Film Awards.

Sepanjang tahun 2019, Nam Joo Hyuk terus mengukir prestasinya dengan menerima penghargaan Best New Actor untuk aktingnya dalam film The Great Battle dari KOFRA Film Awards, serta Best New Actor dari Baeksang Arts Awards.

7. Menjadi brand ambassador merek terkenal

Tahun 2019, Nam Joo Hyuk terpilih sebagai brand ambassador Korea pertama untuk Dior Men. Dirinya akan mempromosikan berbagai produk Dior, mulai dari parfum hingga makeup. Setelahnya, di awal tahun 2021, dirinya kembali digaet sebagai brand ambassador untuk Dior Beauty Korea.

Itulah perjalanan karier Nam Joo Hyuk yang kini makin bersinar. Memutuskan untuk hengkang dari YG Kplus, kini Nam Joo Hyuk bergabung dengan agensi yang sama bersama aktor Gong Yoo, Management SOOP.

Tidak hanya cakap dalam berakting dan menjadi model, dirinya juga sempat menunjukkan kemampuan vokalnya di Radio Star, lho! Wah, ternyata Nam Joo Hyuk model dan aktor serba bisa, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life