Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ada Park Seo Joon, 12 Aktor K-Drama ini Tuntaskan Wamil di Awal Karier

Ada nama bias kamu nggak, nih?

Aisyah Banowati

Bagi para penggemar Kpop dan K-Drama, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah wamil atau wajib militer. Di Korea Selatan, setiap warga laki-laki diharuskan menjalani wajib militer selama 18 bulan. Tidak jarang, kita harus merasakan kehilangan sejenak saat aktor kesayangan menjalankan kewajibannya. 

Namun, ada beberapa aktor yang sudah menjalankan wajib militer di awal karier atau bahkan sebelum debut, sehingga kamu dapat terus menikmati karya-karyanya. Penasaran? Inilah aktor K-Drama yang telah menuntaskan wamil di awal kariernya.

1. Park Seo Joon

instagram.com/bn_sj2013

Park Seo Joon, mengawali karier aktingnya untuk musik video Bang Yong Guk "I Remember" pada tahun 2011. Tahun selanjutnya, Park Seo Joon dipercaya untuk menjadi cameo dalam drama Dream High 2. Sejak saat itu, namanya mulai dikenal oleh publik dan latar belakangnya pun mulai dicari. Diketahui, Park Seo Joon telah menyelesaikan wajib militernya di tahun 2008 pada usia 19 tahun, sehingga tidak mengganggu perjalanan kariernya.

2. Jung Hae In

instagram.com/holyhaein

Jung Hae In memutuskan untuk berangkat wamil di tahun pertamanya kuliah. Masa-masa wamil ini menjadi saat yang tepat untuknya berpikir mengenai kariernya di masa depan. Memutuskan untuk terjun ke dunia akting, pada tahun 2013 dirinya menandatangani kontrak dengan agensi FNC Entertainment. Tahun 2014, Jung Hae In debut dalam drama Bride of the Century untuk peran pendukung.

3. Lee Kwang Soo

instagram.com/masijacoke850714

Aktor sekaligus pelawak asal Korea Selatan ini, diketahui telah menjalani wamil setelah lulus dari sekolah menengah. Tahun 2007, dirinya memulai karier dengan menjadi seorang model dan debut sebagai aktor pada sitkom Here He Comes di tahun berikutnya. Namanya benar-benar meroket saat bergabung dengan variety show Running Man di tahun 2010.

4. Hwang In Yeop

instagram.com/hi_high_hiy

Debut sebagai model di tahun 2017, sebelumnya Hwang In Yeop telah menyelesaikan wajib militernya. Meski awalnya ragu untuk terjun ke dunia seni peran, nyatanya namanya malah melambung berkat perannya dalam drama True Beauty. Kini, Hwang In Yeop sedang disibukkan dengan proyek drama terbarunya.

5. Yoo Seung Ho

instagram.com/dndyoo93

Telah memulai debut sejak usia 6 tahun, Yoo Seung Ho mengawali kariernya sebagai bintang iklan. Namanya mulai terkenal saat membintangi film The Way Home di tahun 2002. Kariernya terus menanjak sejak saat itu. Tepat di usianya yang ke 20 tahun, Yoo Seung Ho memutuskan untuk menjalani wamil. Menyelesaikan wamilnya pada 2014, sampai kini Yoo Seung Ho terus disibukkan dalam berbagai peran di drama dan iklan.

6. Ryu Jun Yeol

instagram.com/ryusdb

Sebelum debut menjadi aktor, Ryu Jun Yeol telah terlebih dahulu menyelesaikan kewajiban wamilnya di tahun 2007. Dirinya berhasil debut sebagai aktor saat membintangi film Socialphobia dan menjadi terkenal karenanya. Di tahun berikutnya, Ryu Jun Yeol dipercaya untuk membintangi drama Reply 1988  yang membuat namanya semakin melejit.

7. Yoon Kyun Sang

www.soompi.com

Mengawali karier sebagai model, Yoon Kyun Sang memutuskan untuk wamil dan menyelesaikannya di tahun 2010. Sekembalinya dari wamil, Yoon Kyun Sang memulai debutnya menjadi aktor dalam drama sejarah Faith. Dirinya dipercaya untuk turut berperan dalam drama Pinocchio, sejak saat itu namanya mulai melambung dan dikenal banyak orang. 

8. Kim Seon Ho

instagram.com/seonho__kim

Sebelum debut menjadi aktor, Kim Seon Ho telah menyelesaikan masa wamilnya. Namanya mulai dikenal pada tahun 2017, setelah dirinya berperan dalam drama Good Manager. Puncak kariernya terjadi saat Kim Seon Ho mengambil peran dalam drama Start-Up dan Hometown Cha-Cha-Cha. Kini, bintang iklan, model sekaligus aktor ini telah menerima banyak cinta dari penggemar.

9. Ji Sung

www.soompi.com

Memulai debut aktornya pada tahun 1999, Jisung mendapatkan peran dalam drama KAIST. Namun, namanya mulai terkenal saat membintangi drama All In di tahun 2003. Setelahnya, Ji Sung selalu sukses memainkan peran dalam setiap drama yang diambilnya. Dirinya memutuskan untuk wamil di tahun 2005. Meski ada jeda dalam perjalanan kariernya, tapi hal tersebut tidak memengaruhinya sama sekali. Namanya malah semakin terkenal saat membintangi drama Kill Me, Heal Me.

10. Kim Jung Hyun

www.soompi.com

Kim Jung Hyun merupakan mahasiswa di Universitas Seni Nasional Korea dengan jurusan akting. Mengambil jeda pada waktu kuliahnya, Kim Jung Hyun memutuskan untuk berangkat wamil. Kim Jung Hyun memulai debut aktingnya dengan membintangi film Overman, yang berhasil ditayangkan di Busan International Film Festival pada tahun 2015. Berkat perannya, Kim Jung Hyun mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Baru Terbaik di Buil Film Awards dan Chunsa Film Art Awards.

11. Byun Yo Han

instagram.com/byun.yohan

Ayah dari Byun Yo Han, memintanya untuk menyelesaikan kewajiban wamilnya terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia seni peran. Byun Yo Han, akhirnya debut pada tahun 2013 dengan banyak membintangi film pendek dan menjadi terkenal saat membintangi drama Misaeng. Byun Yo Han, mendapat perhatian khusus dari kritikus film berkat pemilihan K-Drama yang dibintanginya.

12. Jang Dong Yoon

www.soompi.com

Setelah lulus dari sekolah menengah di tahun 2012, Jang Dong Yoon memutuskan untuk menjalani wamil. Jang Dong Yoon melanjutkan pendidikannya di Universitas Hanyang pada 2015. Jang Dong Yoon menjadi terkenal setelah video dirinya membantu petugas toko yang dirampok tersebar di internet. Tahun 2016, dirinya mulai terjun ke dunia seni peran dan mendapat tawaran untuk membintangi drama Women at a Game Company.

Itulah deretan aktor yang telah menyelesaikan wamil di awal karier mereka. Bahkan, beberapa telah menjalaninya sebelum debut menjadi aktor. Tentunya ini merupakan kabar baik untuk kamu, Bela! Jika aktor yang kamu cintai sudah menjalankan wamil, tentunya kamu tidak perlu menahan rindu yang terlalu lama saat menunggu karya-karya mereka. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life