Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Bagian Rumah yang Wajib Dibersihkan Setelah Ditinggal Mudik Lebaran

Hilangkan debu yang menumpuk di bagian dalam dan luar rumah

Aisyah Banowati

Meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman tentu membuat debu menumpuk. Setelah lelah melewati perjalanan panjang, tubuh harus dipaksa untuk membersihkan rumah agar kamu dapat beristirahat dengan nyaman.

Agar membersihkan rumah lebih efektif, kamu dapat membagi tugas untuk membersihkan bagian-bagian di rumah. Mulai dari menyapu, mengelap dan mengepel, berikut adalah bagian rumah yang perlu kamu bersihkan setelah ditinggal mudik. Jangan sampai ada yang terlewat ya, Bela!

1. Halaman rumah

www.allstate.com

Berkat daun-daun yang berguguran, halaman rumah bisa menjadi lokasi paling kotor saat ditinggal mudik. Dedaunan yang menumpuk akan membuat halaman rumah terlihat kotor dan berantakan. Jika tidak memiliki halaman di rumah, maka teras menjadi bagian rumah yang paling kotor. Angin dan cuaca menjadi pendorong utama bagi debu dan kotoran untuk tinggal.

2. Ruang tamu dan keluarga

stylebyemilyhenderson.com

Tidak hanya menyebar di bagian luar rumah, bagian dalam rumah juga menyimpan tumpukan debu. Mulai dari sofa, karpet dan jendela perlu kamu bersihkan satu per satu. Mungkin saja debu tidak terlihat, namun jumlahnya bisa banyak jika kamu menunda-nunda saat membersihkannya. Terakhir, jangan lupa bersihkan sudut ruangan dari sarang laba-laba.

3. Kamar tidur

springwall.com

Lama tidak ditempati, sprei tempat tidur harus kamu ganti sebelum beristirahat. Hal ini dilakukan untuk menghindari debu yang menempel pada permukaan. Jika di dalam kamar terdapat banyak furnitur, tidak ada salahnya untuk mengelapnya. Sebagai sentuhan akhir, pel lantai kamar dengan wewangian agar istirahat kamu terasa semakin nyaman.

4. Dapur dan ruang makan

www.ikea.co.id

Tidak jarang dapur dan ruang makan berada pada satu lokasi yang sama. Beruntungnya, hal ini akan mempermudah kamu saat membersihkannya. Di dapur biasanya terdapat sisa bahan makanan yang belum habis namun sudah tidak layak digunakan. Kamu harus membuangnya sebelum menimbulkan bau. 

Meski tidak terlihat, debu di meja makan pastinya menumpuk setelah beberapa lama tidak digunakan. Untuk itu, kamu perlu mengelapnya dengan kain basah dan kering, juga mengepel seluruh lantai. 

5. Kamar mandi

Shutterstock/Iriana Shiyan

Area kamar mandi yang lama tidak digunakan dapat menimbulkan kerak atau lumut yang sulit hilang. Untuk itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyikat lantai dan tembok kamar mandi.

Di sisi lain, karena lembap kamar mandi sering memunculkan bau yang tidak sedap. Agar bau cepat menghilang, gunakan pengharum khusus untuk mengusirnya. Jangan lupa membersihkan bak air dan mengganti airnya dengan yang baru.

6. Kebun

garden-house-design.blogspot.com

Untuk yang memiliki kebun di rumah, rumput-rumput mungkin sudah cukup tinggi saat kamu kembali dari mudik. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memangkas rumput dan membersihkan gulma. Singkirkan dedaunan layu yang mengering dan kecokelatan pada tanaman. Terakhir, lakukan perawatan pada tanaman agar tetap tumbuh sehat dan segar.

7. Mencuci piring dan perabot

iStock/Gilaxia

Selama kita pergi mudik, piring dan perabot yang diletakkan di luar lemari rentan tertempel debu. Bersihkan piring dan perabot sebelum kamu menggunakannya dengan cara mencucinya. Setelah bersih, lap kembali perabot dengan kain kering agar tidak menimbulkan jamur dan bercak pola air.

8. Gudang rumah

deagamdesign.com

Meski bukan area utama yang harus dibersihkan, selagi membersihkan seluruh bagian rumah tidak ada salahnya membersihkan gudang.  Selain menjadi tempat barang yang sudah tidak terpakai, beberapa orang menggunakan gudang untuk menyimpan barang berharga.

Pertama-tama, kamu dapat mengeluarkan seluruh barang sebelum menyapu. Sortir barang yang masih ingin disimpan dan digunakan, buang barang yang tidak lagi diperlukan. Terakhir, pastikan kamu menyapu seluruh bagian gudang dari debu dan sarang laba-laba.

Itulah bagian di dalam rumah yang perlu kamu perhatikan saat membersihkan rumah setelah ditinggal mudik. Setelah semuanya beres, kamu dapat beristirahat dengan nyaman. Selamat membersihkan rumah!

IDN Media Channels

Latest from Working Life