Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Permainan Video yang Paling Dinanti di 2023, Apa Saja, Nih?

Tersedia di hampir seluruh perangkat keras game

Aisyah Banowati

Tahun ini, ada banyak perilisan video game baru yang telah lama dinantikan oleh penggemarnya. Meski mahal, saat ini video game masih menjadi permainan yang populer. Melansir dari USA TODAY, alasan mengapa video game menjadi populer karena video game membawa kegembiraan (93%), memberikan stimulasi mental (91%), dan menghilangkan stres (89%).

Jika kamu bertanya-tanya mengapa harga video game begitu mahal? Jawabannya, sebab anggaran yang dibutuhkan sedari awal memanglah besar. Anggaran mencangkup biaya penelitian dan pengembangan, membayar gaji karyawan, pemasaran dan distribusi, hingga pemeliharaan.

Selain mahal, membutuhkan waktu yang cukup lama sampai seri game ini selesai dibangun dan kemudian dijual ke pasaran. Berikut lima video game paling dinantikan di tahun 2023. 

1. Resident Evil 4

nintendo.co.uk

Tersedia untuk: PC, PlayStation, Xbox, Steam 

Capcom telah merilis gameplay pertama untuk remake Resident Evil 4 yang akan hadir pada 24 Maret 2023 mendatang. Telah dirilis di hampir semua perangkat keras game sejak perilisan pertamanya di tahun 2005, ada banyak penggemar yang menantikan game horor yang diproduseri oleh Yoshiaki Hirabayashi ini. Menampilkan gameplay yang dimodernisasi, alur cerita yang ditata ulang, dan grafik yang sangat mendetail, Resident Evil 4 saat ini tersedia untuk pre-order secara digital maupun eceran.

Sinopsis: Berselang enam tahun setelah bencana biologis di Raccoon City, Umbrella Corporation telah runtuh di bawah beban kemarahan publik dan intervensi pemerintah. Leon S. Kennedy yang kini menjadi agen federal ditugaskan untuk mengikuti laporan saksi mata ke pedesaan Spanyol untuk menyelamatkan putri Presiden Amerika yang diculik, Ashley Graham. 

2. Starfield

store.steampowered.com

Tersedia untuk: PC, Xbox

Awalnya, Starfield direncanakan akan rilis pada 11 November 2022 namun mengalami penundaan yang diumumkan pada bulan Mei sebelumnya. Belum terungkap kapan video game ini dirilis, namun para penggemar menduga jika Starfield akan hadir pada paruh pertama tahun 2023. Starfield adalah alam semesta baru pertama dalam 25 tahun dari Bethesda Game Studios—pencipta The Elder Scrolls V: Skyrim dan Fallout 4. 

Lewat trailer yang telah dirilis, terlihat seorang astronot naik ke pesawat luar angkasa sementara ada robot yang sedang bergerak di permukaan. Seorang pilot duduk di konsol, membalik banyak saklar, dan trailer diakhiri dengan kapal yang bersiap akan lepas landas sementara gambar tiba-tiba berubah menjadi hitam dan hanya terdengar suara tembakan.

3. Hollow Knight: Silksong

store.steampowered.com

Tersedia untuk: PC, Mac, Linux, Switch, PlayStation, Xbox

Setelah bertahun-tahun, akhirnya sekuel dari salah satu game metroidvania terbaik ini akan dirilis. Meski Hollow Knight: Silksong belum memberikan tanggal perilisan resmi game mereka, namun game ini hadir dalam pameran Xbox pada tahun 2022. Xbox sendiri mengungkapkan bahwa setiap game yang ditampilkan akan dirilis dalam 12 bulan ke depan, sehingga timbul spekulasi bahwa Hollow Knight: Silksong akan rilis sebelum akhir Juni 2023. 

Sejauh ini, telah ada dua trailer yang mengungkapkan sedikit cuplikan dalam dunia Hollow Knight: Silksong. Trailer menunjukkan ada musuh baru untuk ditaklukan, teman baru di sepanjang jalan, dan kota-kota baru untuk dijelajahi.

Jika pernah memainkan game ini kamu pasti akan mengingat Hornet. Dalam petualangan baru ini Hornet mendapati dirinya diculik dan dibawa ke sebuah kerajaan. Ia berusaha untuk naik ke puncak kerajaan dan mencapai benteng untuk mencari tahu kebenaran di balik penculikannya. 

4. The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom

nextn.es

Tersedia untuk: Switch, Nintendo 

Pada September 2022 silam, Nintendo membuat banyak penggemar The Legend of Zelda terkejut lantaran diputarnya sebuah trailer di penghujung acara Nintendo Direct 2022. Trailer menunjukkan sosok Link—karakter utama dari The Legend of Zelda—yang membuka gerbang dan berlari menuju dunia luar. Rencananya, The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom akan rilis pada 12 Mei 2023. 

Konon, seri terbaru dari The Legend of Zelda ini akan memiliki keterkaitan dengan seri sebelumnya. Melanjutkan perjalanan Link di dunia Hyrule, kali ini Link akan menjelajahi pulau-pulau terapung dan terbang tinggi ke atas langit tanah Hyrule yang luas. Seri terbaru ini juga akan menunjukkan Link yang kembali dengan senjata dan kekuatan baru berkat lengan magis barunya. 

5. Marvel’s Spider-Man 2

marvel.com

Tersedia untuk: PlayStation

Dikembangkan oleh Insomniac Games, PlayStation dan Marvel Games bekerja sama untuk meluncurkan Marvel’s Spider-Man 2 untuk PS5. Rencananya game ini akan diluncurkan pada musim gugur 2023 dan akan melanjutkan kisah dari seri sebelumnya. Lewat trailer yang telah diunggah, terlihat Peter Parker dan Miles Morales akan kembali berhadapan dengan musuh ikonik di semesta Spider-Man, Venom. 

Itulah lima permainan video yang paling dinanti di tahun 2023 ini. Beberapa bahkan sudah membuka pre-order dan beberapa lainnya belum mengungkapkan tanggal perilisan. Permainan mana yang paling kamu tunggu, nih?

IDN Media Channels

Latest from Working Life