Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

3 Tips Bagi Pelaku Usaha untuk Meningkatkan Penjualan Online di TikTok

Yuk, simak tipsnya!

Aisyah Banowati

Mega Sales merupakan salah satu momen yang paling dinantikan tahun ini. Momen ini merupakan saat yang tepat bagi para pelaku usaha untuk mendorong penjualan mereka. Pengguna juga dapat memanfaatkan musim belanja ini untuk mendapatkan barang yang mereka dambakan dengan promo dan penawaran yang menarik.

Dibandingkan dengan pengguna di platform lain, pengguna TikTok di seluruh pasar Asia Tenggara cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk berbelanja di sini. Memasuki empat bulan terakhir tahun ini—perhitungan dimulai dari bulan September—sesi Mega Sales yang merupakan musim belanja penting untuk semua bisnis. Bahkan, di tahun 2021, selama periode penjualan 9 dari 10 pengguna tidak pernah melewatkan satu sesi pun Mega Sales di TikTok.  

Untuk membantu para pelaku usaha memanfaatkan momentum festival belanja ini dengan lebih baik, TikTok membagikan seputar strategi penjualan pada Selasa (5/07/2022) lalu. Yuk, simak beberapa tips untuk para pelaku usaha agar dapat memanfaatkan peluang selama Mega Sales!

1. Commerce

unsplash.com/mjessier

Selama musim Mega Sales, peta alur pembelian—consumer journey—di TikTok telah berkembang. Berawal dengan bentuk linear, kini telah berkembang menjadi infinity look.

Untuk menyambut Mega Sales, rata-rata pengguna TikTok telah menyiapkan shopping list yang ingin mereka beli, supaya di hari-H yang mereka lakukan hanya perlu check out. Sebelumnya, para pengguna juga terbiasa untuk membandingkan harga dari berbagai platform sebelum menentukan mana yang akan mereka beli.  

Menurut data yang dipaparkan oleh TikTok, 71% pengguna menemukan brand baru selama musim Mega Sale, dan 1 dari 2 pengguna kemudian melakukan pencarian informasi terkait dengan brand tersebut. Hal ini dapat dimanfaatkan brand untuk menemukan dan mendorong penjualan produk baru.

2. Culture

Rawpixel.com/Shutterstock

Lewat berbagai tagar belanja yang ada, komunitas di TikTok saling membagikan informasi mengenai barang yang telah mereka beli. Selain itu, kolaborasi antara brand dengan kreator TikTok yang relatable akan menyajikan konten yang sifatnya otentik dan tidak hard selling.

Konten-konten dengan tagar #haul dan #unboxing telah menarik banyak peminat, sehingga penjualan produk dapat meningkat. Survei yang dilakukan TikTok telah membuktikan bahwa setelah Mega Sale selesai 80% pengguna masih akan terus melakukan pembelian. 

Melihat seberapa kuatnya komunitas di TikTok yang saling menginspirasi, #GaraGaraTikTok telah ditonton 573.1 juta views, serta #RacuninTikTok berhasil dilihat lebih dari 9.5 miliar views

3. Content

unsplash.com/maygauthier

Ada  3 tips untuk kamu yang ingin menghasilkan konten menarik, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Tips tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Buatlah konten hiburan yang mengedukasi dengan story telling yang tidak mengganggu. Hal ini membuat pembeli merasa mereka sedang menonton hiburan, bukan iklan promosi. 
  2. Buatlah konten dengan format video, jangan lupa tambahkan efek dan suara atau lagu agar hasilnya lebih menarik. 
  3. Pertahankan authenticity suatu produk dan jangan terlalu sering menggunakan teknik hard selling agar pembeli ‘secara alami’ tertarik membeli produk yang kamu jual.

Daftar barang yang mengalami peningkatan penjualan selama Mega Sale 2021

unsplash.com/element5digital

Top 3 kategori yang paling banyak pengguna TikTok beli

  1. Produk kecantikan 
  2. Produk fashion
  3. Barang elektronik 

Top 3 kategori dengan pertumbuhan tercepat di tahun 2021

  1. Buku dan alat tulis mengalami pertumbuhan sebanyak 6x lipat
  2. Barang elektronik mengalami pertumbuhan sebanyak 4.4x lipat
  3. Peralatan rumah tangga mengalami pertumbuhan sebanyak 4.2 lipat

Sejalan dengan kondisi ekonomi dalam negeri yang membaik di era endemi ini, kebiasan orang untuk berbelanja online akan terus berlanjut. Sebab, selama lebih dari dua tahun para pengguna telah terbiasa menikmati kemudahan bertransaksi secara online yang ditambah dengan berbagai kelebihan lainnya, seperti potongan harga, gratis ongkos kirim, hingga review terpercaya dari sesama pengguna.

IDN Media Channels

Latest from Working Life