Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film Willem Dafoe, yang Raih Bintang di Hollywood Walk of Fame

Willem Dafoe sering masuk nominasi 'Aktor Pendukung Terbaik'

Aisyah Banowati

Finally the wait is over!

Setelah lebih dari 40 tahun berkarya di industri hiburan Hollywood, Willem Dafoe raih bintang di Hollywood Walk of Fame. Pemeran Norman Osborn dalam film Spider-Man ini dianugerahi bintang ke-2768 kategori Motion Pictures. 

Wajahnya yang tak lagi asing di layar lebar tercatat telah membintangi lebih dari seratus judul film. Berbagai peran ikonik berhasil dimainkannya. Beragam penghargaan pun berhasil diraihnya. Lewat artikel ini, POPBELA ingin merekomendasikan beberapa film Willem Dafoe. 

1. Platoon - 1986

Berlatar di tengah perang Vietnam yang penuh kebrutalan, Willem Dafoe berperan sebagai tentara bernama Elias. Lewat aktingnya, ia berhasil masuk ke dalam nominasi Academy Award untuk kategori Aktor Terbaik dalam Peran Pendukung.

Saat Platoon tayang di bioskop, film ini berhasil meraih banyak komentar positif. Salah satu bintang Hollywood, Pedro Pascal—yang saat itu masih anak-anak—mengatakan jika film yang dibintangi oleh Willem Dafoe ini berhasil membuatnya menangis. 

Mengidolakan sejak lama, Pedro Pascal mengungkapkan jika Willem Dafoe adalah sosok guru yang hebat. Keduanya kemudian berhasil bertemu sebagai rekan lewat The Great Wall (2016).

2. Shadow of the Vampire (2000)

Shadow of the Vampire tayang perdana di Festival Film Cannes tahun 2000. Dalam film ini Willem Dafoe berperan sebagai Max Schreck yang menyamar sebagai aktor teater asal Jerman. 

Berkat perannya, Willem Dafoe berhasil memboyong piala Aktor Pendukung Terbaik dalam ajang Independent Spirit Award. Penghargaan yang sama kembali diraihnya lewat film The Lighthouse yang tayang pada tahun 2020 kemarin.

3. Spider-Man (2002)

Perannya sebagai Norman Osborn alias Green Goblin dalam Spider-Man berhasil menjadi salah satu karakter ikonik sepanjang karier Willem Dafoe. Long story short, dua dekade berlalu, Willem Dafoe kembali menghidupkan karakter tersebut lewat Spider-Man: No Way Home (2021). 

Dalam sebuah wawancara, Willem Dafoe mengungkapkan jika ia senang dengan perannya sebagai Norman Osborn dan Green Goblin. Meski kesulitan untuk mengembalikan nyawa karakter yang diperankannya—sebab sebelumnya Norman Osborn telah mati dibunuh Peter Parker, namun ia mengaku berhasil bersenang-senang saat syuting. 

4. Finding Nemo (2003)

Bukan hanya pandai bermain peran, Willem Dafoe membuktikan diri dengan menjadi pengisi suara untuk Gill dalam film Finding Nemo. Film ini mengisahkan seekor ikan badut bernama Dory yang sedang mencari putranya bernama Nemo yang hilang dibawa penyelam. 

Filmnya sendiri berhasil meraih piala Oscar untuk kategori Film Cerita Animasi Terbaik dan Skenario Asli Terbaik. Serta lewat suaranya, Willem Dafoe berhasil memenangkan Kid’s Choice Award for Favorite #Squad. 

5. Antichrist (2009)

Banyak mengambil peran untuk berakting dalam film horor, film Willem Dafoe yang satu ini mendapat banyak kritikan, Antichrist. Hal ini disebabkan karena bertebarannya adegan disturbing sex dan kekerasan pada alat kelamin yang membuat ngilu penonton. 

Dalam film ini, Willem Dafoe berperan sebagai seorang ahli terapi yang baru saja kehilangan anak mereka. Demi menghapus kesedihan, sang ahli terapi pergi ke hutan bersama istrinya. Di kabin tempat keduanya menginap, dimulailah ‘kegilaan’ yang mengerikan. 

6. John Wick (2014)

Hanya muncul sekilas, Willem Dafoe berperan sebagai Marcus dalam franchise John Wick. Marcus sendiri digambarkan sebagai seorang penembak jitu yang merupakan teman dekat sekaligus mentor sang mantan pembunuh bayaran, John Wick. 

Meski hanya muncul di film pertama, kehadiran Willem Dafoe mendapat pengakuan dari San Diego Film Critics Society Awards untuk kategori Best Body of Work. Film ini juga mendapat sambutan yang luar biasa dengan pendapatan mencapai US$86 juta.

7. The Grand Budapest Hotel (2014)

Jika biasanya menonton Willem Dafoe dalam film bergenre horor, lewat The Grand Budapest Hotel penggemar dapat menyaksikan aksinya dalam film komedi. Disutradarai oleh Wes Anderson, Willem Dafoe bertugas menjadi seorang pembunuh. 

Willem Dafoe kemudian meraih Best Ensemble dari Central Ohio Film Critics Association dan Southeastern Film Critics Association Awards. Namanya turut masuk ke dalam nominasi di berbagai ajang penghargaan termasuk Phoenix Film Critics Society Awards.

8. The Florida Project (2017)

The Florida Project disutradarai oleh Sean Baker yang mengawali kariernya dengan merekam menggunakan kamera iPhone. Di sini, Willem Dovey berperan sebagai Bobby yang merupakan seorang manajer motel berwajah seram yang baik dan protektif layaknya seorang ayah. 

Berkat perannya dalam film yang tayang perdana di Festival Film Cannes ini, Willem Dovey berhasil memboyong penghargaan Aktor Pendukung Terbaik dari BSFC dan CFCA Awards. Namanya pun kembali masuk ke dalam nominasi Aktor Pendukung Terbaik dalam ajang Academy Award untuk ketiga kalinya.

9. At Eternity's Gate (2018)

Sosok pelukis terkenal asal Belanda, Vincent Van Gogh, berhasil kembali dihidupkan lewat akting Willem Dovey melalui At Eternity's Gate. Film ini menggambarkan kehidupan Van Gogh di kota Arles, Prancis, beberapa tahun sebelum kematiannya. 

Akting yang memukau bukan saja berhasil membawa Willem Dovey meraih pujian, namanya lagi-lagi masuk nominasi dalam ajang Academy Award. Sayangnya, ia kalah suara dari Rami Malek sang pemeran Freddie Mercury dalam perebutan penghargaan Aktor Terbaik. 

10. The Lighthouse (2019)

Bergenre psychological thriller, The Lighthouse menampilkan film hitam putih berlatar suasana di akhir abad ke-19. Produksi The Lighthouse menggandeng Willem Dafoe untuk memerankan Thomas Wake yang bertugas sebagai penjaga mercusuar. Tak sendirian, ia ditemani rekan, Ephraim Winslow (Robert Pattinson).

Sosok senior yang buruk berhasil ditampilkan Willem Dafoe lewat kelakuannya yang semena-mena dan senang melakukan kekerasan verbal. Aktingnya pun berhasil mendapat pengakuan lewat kemenangannya pada Satellite Awards, Independent Spirit Awards, dan  Las Vegas Film Critics Society Awards.

Sepanjang kariernya, Willem Dafoe telah empat kali masuk nominasi untuk piala Oscar. Meski belum berhasil meraihnya, pada perayaan 68th Berlin International Film Festival, Willem Dafoe dianugerahkan Golden Bear for Lifetime Achievement. 

Masih aktif di usianya yang menginjak ke-68 tahun, film terbaru Willem Dafoe yang berjudul Beetlejuice 2 dikabarkan akan segera hadir di layar lebar. Sudah siap kembali menonton aksi Willem Dafoe, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life