Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Hewan Paling Setia di Dunia, Selama Ini Buaya Kena Fitnah

Percayakah kamu kalau buaya hewan paling setia di dunia?

Zikra Mulia Irawati

Tak banyak yang tahu, ada beberapa hewan paling setia di dunia ini, lho. Meski tak memiliki akal seperti manusia, satwa tersebut secara alamiah bertahan dengan satu pasangan saja seumur hidupnya.

Kamu penasaran, nggak, dengan daftar hewannya? Langsung cek di bawah ini, yuk!

1. Buaya

greatplainsconservation.com

Kebalikan dari citra tak setia yang selama ini melekat kuat di pikiran masyarakat, buaya aslinya hewan paling setia di dunia, lho! Saat musim kawin tiba, buaya cenderung memilih pasangan yang sama. Lantas, asal-usul perumpamaan buaya darat untuk orang yang tak setia itu asalnya dari mana, ya, kira-kira?

2. Merpati

ilustrasi burung merpati (worldbirds.com)

Hewan yang kerap ada di rangkaian acara pernikahan ini juga menyimbolkan kesetiaan dan kasih sayang. Seumur hidupnya, merpati hanya sekali mencari pasangan. Perlakuan mereka kepada pasangannya pun romantis banget. Mereka membangun sarang bersama hingga menetaskan telur di sana. Bikin jomblo iri saja, deh.

3. Angsa

bostonglobe.com

Angsa menjadi salah satu hewan paling setia di dunia karena bersama dengan pasangannya sampai mati. Satu-satunya hal yang membuat hewan ini dapat berpaling adalah ketidakmampuan pasangannya untuk bereproduksi.

4. Serigala

pixabay.com/Christel SAGNIEZ

Serigala menjadi hewan paling setia di dunia bukan tanpa alasan. Mereka bertahan dengan satu pasangan agar keturunannya murni dan tak terpapar penyakit di alam liar.

5. Kuda laut

thoughtco.com

Tak hanya unik karena kuda laut jantan yang justru melahirkan, biota laut satu ini juga menjadi hewan paling setia di dunia, lho! Saat bepergian dengan pasangannya, kuda laut akan saling memegang ekor.

6. Penguin

worldwildlife.org

Sebuah penelitian membuktikan bahwa penguin adalah hewan yang setia. Saat musim kawin, penelliti menemukan fakta bahwa penguin akan memilih pasangan yang sama selama 16 tahun. Hewan ini juga protektif kepada pasangannya, lho. Mereka akan jadi agresif kalau pasangannya diganggu penguin lainnya.

7. Kupu-kupu

meer.com

Kupu-kupu punya cara unik dalam berinteraksi. Jika ada kupu-kupu jantan mendekat dan ternyata itu bukan pasangannya, kupu-kupu betina ini akan mengatupkan sayapnya. Nggak heran, ya, kalau dapat julukan hewan paling setia di dunia!

8. Rayap

aikenpest.com

Kamu mungkin sebal dengan rayap karena sering merusak perabotan kayu milikmu. Namun, soal kesetiaan, rayap tak perlu diragukan lagi. Ratu rayap hanya kawin selama hidupnya walaupun masa hidupnya lebih panjang dari rayap jantan.

9. Berang-berang

dorseteye.com

Kegemasan berang-berang tak hanya tampak pada rupanya. Dalam keseharian, pasangan hewan ini suka berpegangan tangan saat tidur siang agar tidak berpisah. Mereka bahkan kompak membesarkan anak mereka hingga berusia dua tahun.

10. Burung hantu

startribune.com

Jika umumnya hewan bersama dengan pasangannya saat masa kawin saja, sepasang burung hantu menghabiskan seluruh musim dengan berdampingan. Pola pengasuhan hewan ini tak berbeda jauh dengan berang-berang. Burung hantu menghabiskan waktu bersama untuk membesarkan dan dan melindungi anak-anak mereka.

11. Burung parkit

kidadl.com

Apakah salah satu anggota keluargamu memelihara burung ini? Di balik kecantikan rupanya, burung parkit rupanya memiliki cinta yang besar untuk pasangannya. Mereka akan jatuh cinta pada pandangan pertama dan tak akan meninggalkannya. Bahkan, mereka akan mengalami kecemasan jika belahan jiwanya mati. Duh, sedih juga, ya?

12. Burung nasar hitam

Pixabay.com/Ben Kerckx

Jenis burung satu ini mungkin kurang akrab di telingamu. Namun, mereka tergolong ke dalam hewan paling setia di dunia, lho! Hal ini tak terlepas dari sifat protektif mereka yang alami. Jika pasangannya berpaling, burung nasar hitam bahkan tak segan-segan untuk menyerangnya.

13. Elang botak

sdzsafaripark.org

Elang botak (Haliaeetus leucocephalus) dikenal sebagai hewan paling setia di dunia karena kembali ke pasangan awalnya setiap musim kawin. Banyak cerita beredar sepasang elang botak hanya akan berpaling jika salah satunya tak dapat menghasilkan keturunannya.

14. Elang laut

id.wikipedia.org

Tak berbeda jauh, elang laut punya kadar kesetiaan yang serupa, nih. Meski mengitari laut dengan jarak tempuh yang tidak singkat, mereka akan selalu kembali ke tempat yang sama, kepada pasangan mereka. Jadi, sudah tahu, kan, mengapa mereka masuk ke jajaran hewan paling setia di dunia?

15. Ikan bidadari perancis

thoughtco.com

Terakhir, ada ikan bidadari perancis atau French Angelfish sebagai hewan paling setia di dunia. Saat pasangan mereka mati, hidup dalam kesendirian adalah jalan yang akan mereka pilih. Cinta sehidup semati banget, ya?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration