Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Gambarkan Kondisi Emosi, Ini 5 Arti Mimpi Tenggelam

Kamu perlu beristirahat jika terlalu sering mengalaminya

Zikra Mulia Irawati

Saat di dunia mimpi, hal apapun termasuk yang mustahil, bisa terjadi. Maka dari itu, mimpi sering dianggap bunga tidur semata. Padahal, bisa jadi ada makna yang terkandung di baliknya.

Mimpi juga merupakan citra simbolis dari pengalaman. Kita kerap memikirkan persoalan hidup hingga berlarut-larut dan terbawa ke dunia ini saat tidur. Namun, persoalan tersebut seringkali berwujud ke dalam hal lain, misalnya cuaca.

Mengutip laman The Cut dan Exemplore, mimpi tenggelam berkaitan dengan apa yang kamu rasakan dan alami. Berikut ada lima jenis mimpi tenggelam dan artinya yang perlu kamu ketahui.

1. Arti mimpi tenggelam di laut

pexels.com/Senanur Ceylan

Dalam hidup, tak jarang kita merasa menanggung beban sendiri. Saat terbawa ke alam mimpi, perasaan tersebut bisa berubah menjadi mengambang di lautan hingga tidak berdaya. Mimpi ini adalah cerminan dari pengabaian dan kesepian.

Tenggelam di air bervolume besar seperti laut juga berarti kamu tengah mengalami gejolak emosi yang besar. Sebab, air juga dikenal melambangkan emosi atau hal apapun yang membebani hidup, misalnya pekerjaan dan tanggung jawab lain, yang membuat kamu merasa stres.

2. Arti mimpi menyelamatkan orang tenggelam

pexels.com/Mariana Montrazi

Kali ini bukan kamu, melainkan orang lain yang tenggelam. Jika kamu bermimpi menyelamatkannya, ada dua kemungkinan. Jika berhasil selamat, kamu memiliki kendali dan kekuatan untuk mengubah hidupmu. Jika tidak, kamu sedang diberi tanda bahwa kamu sedang berada dalam situasi di luar kendalimu. Kamu tidak dapat memperbaiki sesuatu yang salah dalam hidupmu dan harus bersiap menghadapinya saat itu muncul.

Namun, ada kemungkinan lain saat kamu tidak tertarik untuk menyelamatkannya. Artinya, kamu sedang terlepas secara emosional hal-hal yang seharusnya terikat denganmu.

3. Arti mimpi tenggelam dalam darah

pexels.com/Skylar Kang

Mimpi tenggelam dalam air saja sudah mengerikan, bagaimana dengan tenggelam dalam darah? Jika kamu memimpikannya, kamu bisa jadi tengah terluka baik secara fisik maupun emosional. Ini dapat juga berarti kamu tengah sakit luar biasa. Jika memang benar, jangan lupa segera cari pertolongan dari orang terdekat atau tenaga profesional, ya!

4. Arti mimpi tenggelam di cairan kuning

pexels.com/Mikhail Nilov

Mimpi ini diyakini banyak terjadi selama pandemi Covid-19 karena tubuh yang tidak fit. Jika mimpi tersebut diikuti dengan sesak pada dada atau kesulitan bernafas, kamu perlu segera menyadari bahwa tubuhmu sedang tidak baik-baik saja dan perlu beristirahat.

5. Arti mimpi tenggelam di tsunami atau angin topan

pexels.com/Ray Bilcliff

Dua peristiwa alam ini mungkin tidak terjadi di semua daerah. Namun, hanya dengan melihatnya di televisi atau media sosial, dapat kamu bayangkan betapa dahsyatnya kedua gelombang ini menyapu benda-benda sekitarnya hingga hancur berkeping-keping.

Saat kamu bermimpi tenggelam di salah satunya, itu adalah simbol dari dinamika pribadi, seperti perubahan yang tak terhindarkan dan mendasar. Kamu tidak akan tenggelam lebih jauh saat memiliki kesiapan emosi yang baik. Hal ini perlu dilatih dalam kehidupan sehari-hari agar mimpi ini tak mengganggu tidur lagi.

Dapat disimpulkan, mimpi tenggelam sebagian besar memang menggambarkan keadaan emosional kita. Jika tak ingin terganggu akan hal ini, melatih emosi dengan melatih ritme napas dapat menjadi langkah awal. Semoga kita selalu bisa memiliki tidur yang berkualitas, ya, Bela. 


Disclaimer: artikel ini pernah tayang di laman idntimes.com dengan judul “5 Mimpi tentang Tenggelam beserta Artinya, Gambarkan Kondisi Emosi?” yang ditulis oleh Eka ami

IDN Media Channels

Latest from Inspiration