Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Fakta Anjing German Shepherd, Joe di Film 'Balada Si Roy'

Salah satu hewan paling cerdas dan setia

Zikra Mulia Irawati

Film produksi IDN Pictures, Balada Si Roy, sudah tayang di bioskop mulai 19 Januari kemarin. Menariknya, film yang diangkat dari novel karya Gol A Gong ini melibatkan seekor anjing sebagai salah satu pemeran. Ia adalah Joe, peliharaan Roy (Abidzar Al-Ghifari) yang setia menemaninya di tempat tinggal barunya.

Joe merupakan anjing dengan jenis German Shepherd atau Herder. Mau tahu fakta menarik tentang hewan yang satu ini? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

1. Punya penciuman yang kuat

britannica.com

Keunggulan anjing German Shepherd yang paling menonjol adalah indra penciumannya. Dibandingkan manusia, hewan ini punya ketajaman indra yang lebih baik 10 ribu hingga 100 ribu kali lipat. Oleh karena itu, kepolisian sering melibatkannya dalam menyelidiki kasus, seperti bom, narkoba, hingga pencarian korban bencana.

2. Hewan yang cerdas

be.chewy.com

Anjing German Shepherd merupakan salah satu hewan yang cerdas karena bisa mempelajari perilaku baru hanya dengan beberapa kali pengulangan. Jika ingin lebih cerdas, sang pemilik harus melatihnya dengan berbagai metode secara konsisten.

3. Jadi pelindung

rspcapetinsurance.org.au

Anjing German Shepherd punya kemampuan yang mumpuni sebagai pelindung karena sifatnya yang tidak kenal takut, percaya diri, dan tegas dengan pendiriannya. Untuk lebih mengasah sifat-sifat tersebut, sang pemilik juga harus meluangkan waktunya untuk bermain bersama dan melatih anjing agar nyaman dengan situasi di sekitarnya.

4. Gigitannya kuat

lovetoknowpets.com

Karakteristik lain yang menjadikan anjing German Shepherd cocok sebagai pelindung adalah gigitannya yang kuat. Tail and Fur melaporkan, kekuatan gigitan jenis anjing ini adalah 238 PSI (Pound Per Square Inch). Angka ini cukup tinggi karena hampir mendekati kekuatan gigitan hiu macan (325 PSI) dan serigala abu-abu (406 PSI).

5. Sempat ganti nama saat Perang Dunia

a-z-animals.com

Saat Perang Dunia I dan II meletus, kata Jerman pada German Shepherd dihilangkan oleh negara-negara Sekutu. Kala itu jenis ini kerap dipanggil sebagai Alsatian. Nama asli anjing ini baru kembali saat perang usai.

6. Punya banyak jenis warna

petmd.com

German Shepherd hadir dengan banyak jenis warna. Warna yang paling umum adalah hitam, abu-abu, krem, tan, sable, perak, atau kombinasi dua atau lebih warna tersebut. Ada pula anjing German Shepherd dengan variasi warna cokelat hati, biru, atau pola panda. Namun, anjing jenis ini dengan warna cokelat kekuningan, putih polos, biru solid, merah polos dengan titik hitam, serta titik hitam dan putih tidak diakui oleh banyak organisasi anjing. 

7. Anjing German Shepherd yang pertama terdaftar

en.wikipedia.org

Hektor Linksrhein alias Horand von Grafath merupakan anjing German Shepherd yang pertama terdaftar di dunia. Hewan tersebut merupakan milik Kapten Max von Stephanitz yang ditemukan di pertunjukan anjing di Karlshruhe, Jerman. Ia digambarkan sebagai anjing berukuran sedang yang mirip serigala dengan warna kuning dan abu-abu.

Horand kemudian didaftarkan menjadi anjing German Shepherd pertama pada 1889. Saat itu, Stephanitz memang tengah menginisialisasi standarisasi ras anjing. 

Sudahkah kamu berjumpa dengan anjing ini di Balada Si Roy, Bela? Mumpung baru tayang di bioskop, yuk, ajak orang tersayang untuk menyaksikan kebersamaan Joe dan Roy yang menghangatkan hati.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration