Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Fakta Serial Netflix 'Komedi Kacau' Garapan Raditya Dika

Tayang mulai 16 Februari dengan total 10 episode

Zikra Mulia Irawati

Raditya Dika akan kembali meramaikan tontonan komedi Indonesia melalui serial Netflix Komedi Kacau. Sosok ini sebelumnya telah terkenal dengan deretan karya filmnya seperti Marmut Merah Jambu, Malam Minggu Miko, Single, hingga Hangout. Kembalinya dengan format serial ini sontak disambut antusias oleh penggemar yang telah mengikuti perjalanannya sejak lama.

Seperti karya-karya sebelumnya, Raditya Dika kali ini berperan di depan dan di balik layar sekaligus, nih. Intip sederet fakta menarik serial Komedi Kacau di bawah ini sebelum tayang di Netflix 16 Februari nanti, yuk!

1. Sinopsis dan daftar pemeran Komedi Kacau

Panca (Raditya Dika) baru saja dipecat dari pekerjaannya. Dengan tabungannya yang pas-pasan, ia malah nekat membeli sebuah kafe stand-up comedy yang kemudian diberi nama Komedi Kacau. Namun, usaha ini tak berjalan selancar harapannya. Di sisi lain, istrinya Loli (Susan Sameh) terbiasa hidup glamor dan belum siap jatuh miskin. Apa yang akan terjadi pada Panca selanjutnya?

Dengan gambaran cerita tersebut, Raditya Dika kemudian menggandeng sejumlah sosok sebagai pemeran. Sebagian sudah pernah bekerja sama dengannya. Berikut daftar pemeran Komedi Kacau:

  • Raditya Dika sebagai Panca
  • Susan Sameh sebagai Loli
  • Mo Sidik sebagai Marlo
  • Yono Bakrie
  • Anca Blanca
  • Dion Wiyoko
  • Josua Suherman
  • Dodit Mulyanto
  • Pamela Bowie
  • Ibrahim Risyad
  • Mentari De Marelle
  • Soraya Rasyid
  • Temi Diya

2. Raditya Dika jalani tiga peran

Dok. thePUBLICIST

Melalui Komedi Kacau, Raditya Dika kembali menunjukkan talentanya yang beragam. Kali ini ia menjalani tiga peran, yaitu sebagai penulis skenario, sutradara, dan aktor sekaligus. Menengok rekam jejaknya, kesempatan ini bukan pertama kalinya mengambil tiga peran penting sekaligus dalam sebuah produksi tontonan. Ia sebelumnya pernah melakukan hal yang sama untuk serial Webseriesnya Radit (2021) serta film Marmut Merah Jambu (2014), Malam Minggu Miko Movie (2014), Single (2015), Koala Kumal (2016), Hangout (2016), The Guys (2017), Target (2018), hingga Single Part 2 (2019).

3. Pertama kali buat cerita kehidupan menikah

Dok. Netflix

Menilik catatan filmografi Raditya Dika, Komedi Kacau akan menjadi karya pertamanya yang berkisah soal kehidupan menikah. Sebagai aktor sekaligus penulis skenario, ia merasakan hal baru yang ia anggap seru selama memerankannya. Ditambah, Panca dan Loli dikisahkan sebagai pasangan muda yang penuh dinamika dan belum dikaruniai buah hati.

"Ini pertama kalinya gue bikin cerita tentang kehidupan berkeluarga, ya. Selama ini kan gue bikinnya kalau nggak tentang single, ya cari pacar, segala macem. Jadi gue merasakan sebuah kesegaran yang amat seru ketika bikin Komedi Kacau ini. Gue dengan dinamika gue bersama istri. Kebetulan belum punya anak," ungkap Raditya Dika.

4. Syuting selama pandemi

Dok. Netflix

Raditya Dika membeberkan bahwa Komedi Kacau sudah melakukan proses produksi dua tahun sebelumnya. Serial ini merupakan bagian dari proyek Waktu Netflix Indonesia yang diumumkan akhir 2022 lalu. Sebagian proyek ini sudah tayang, seperti The Big 4 (Timo Tjahjanto), Dear David (Lucky Kuswandi & Muhammad Zaidy), Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti (Angga Sasongko), Klub Kecanduan Mantan (Kuntz Agus & Bambang Kuntara Mukti), dan Gadis Kretek (Kamila Andini & Ifa Isfansyah). Sementara itu, Nightmares and Daydreams karya Joko Anwar juga tengah menantikan tanggal penayangannya.

5. Puaskan rasa ingin tahu Raditya Dika untuk mengurus klub komedi

Dok. Netflix

Jauh di lubuk hati Raditya Dika, terbersit keinginan untuk memiliki sebuah klub komedi. Hal ini berangkat dari cerita Mo Sidik–yang juga terlibat di dalam serial ini–menceritakan pengalamannya mengurus Ketawa Comedy Club. Lagi-lagi sebagai seorang penulis skenario sekaligus sutradara, sosok kelahiran 28 Desember 1984 ini kemudian menjadikannya sebagai inspirasi cerita Komedi Kacau.

"Terus terang aja, waktu itu Mo Sidik ikut gue tur Cerita Cintaku. Itu kita baca soal pengalaman-pengalaman dia mengurus comedy club dan gue tertarik. 'Mo, kayaknya seru juga, ya, ngurus comedy club. Dalam hati kecil gue sebetulnya pengen ngurus comedy club. Cuma karena kita penulis dan nge-direct juga, ya gue pura-pura aja jadi pengurus," ungkap Raditya Dika.

Sayangnya, Ketawa Comedy Club diumumkan bubar pada 16 Oktober 2023 lalu. Akankah Komedi Kacau juga akan bernasib sama? Nantikan kisahnya yang dikemas ke dalam 10 episode mulai 16 Februari hanya di Netflix, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration